10 Cara Alami Mengusir Nyamuk Pengganggu di Rumah

Halo sobat, pernahkah kamu mengalami hal yang tidak menyenangkan dengan nyamuk ? Berarti kamu datang di tempat yang tempat karena kami akan membahas tentang cara alami mengusir nyamuk yang mengganggu.

Nyamuk (Mosquito) sendiri adalah bagian dari anggota kelompok yang terdiri dari sekitar 3.500 spesies lalat kecil dalam famili Culicidae yang memiliki mulut seperti tabung dan dapat menembus kulit.

Mereka bertahan hidup dengan menghisap darah mangsanya, serem bukan. Hal itu dilakukan karena darah mengandung protein dan zat besi yang dibutuhkan untuk menghasilkan telur untuk mereka dapat berkembang biak.

sumber : Wikipedia.com

Tapi tahukah kamu jika nyamuk adalah salah satu hewan yang banyak menyebarkan bibit penyakit pada manusia, sebut saja Cikungunya, Malaria hingga yang paling berbahaya yaitu Demam Berdarah.

Jadi perlu dilakukan cara mengusir nyamuk yang tepat untuk dapat terhindar dari bibit penyakit, tapi kadang obat nyamuk biasa tak disukai boleh orang, jika kamu adalah salah satunya, tenang. Kami telah menyiapkan cara menghindari nyamuk yang alami seperti berikut ini.

10 Cara Alami Mengusir Nyamuk dari Rumah.

Daun Serai

Sumber : liputan6.com

Daun serah adalah salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk obat pengusir nyamuk dan juga lilin pengusir serangga. Aromanya yang kuat dapat menutupi bau karbondioksida dan bau atraktan (bau yang memanggil serangga) lainnya.

Kamu bisa menyimpan Daun sereh di pojokan rumah, atau dengan membuat semprotan dari air dan daun sereh untuk mengusir nyamuk. atau kamu juga dapat menggunakan minyak sereh untuk menjadi minyak anti nyamuk yang alami.

Minyak kayu putih

Oke ini, mungkin sedikit curang tapi minyak kayu putih atau minyak daun eucalyptus sudah sejak lama digunakan boleh para ibu pada mereka untuk mengusir nyamuk yang menggangu tidur anak mereka.

Bahkan Menurut Penelitian dari CDC (pusat penelitian penyakit menular) minyak kayu putih dianggap sangat efektif dan berhasil untuk menanggulangi nyamuk.

Mau minyak kayu putih milikmu menjadi lebih efektif untuk mengusir nyamuk ? Gunakan lemon sebagai tambahannya atau lebih mudah gunakan minyak kayu putih beraroma lemon.

Baca juga : Cara pertolongan pertama yang efektif.

Lavender

Bunga lavender dapat kamu gunakan sebagai pengusir nyamuk, karena bau dari bunga lavender ini sangat tidak disukai oleh nyamuk – nyamuk itu.

Kamu dapat membeli bunga lavender segar, menumbuk dan kamu tambahkan air untuk dijadikan semprotan pengusir nyamuk, atau kamu dapat membeli lilin dengan aroma lavender atau kamu juga dapat menggunakan minyak bunga lavender.

Bawang Putih

Sumber : tipsclear.in

Ternyata dengan memakan bawang putih dapat membuat nyamuk menghindari kita loh, Hancurkan atau cincang beberapa siung bawang putih lalu rebus dalam air selama beberapa saat.

Tuang larutan tersebut ke dalam botol semprot dan semprotkan di sekitar rumah untuk obat pengusir nyamuk yang sangat efektif atau ingin lebih simpel kamu tinggal geprek bawang lalu simpan di sudut rumah.

apalagi jika kamu menggunakan bawang putih halus sebagai minyak anti nyamuk dan mengoleskan di tubuh kamu. dijamin deh nyamuk pergi.

Tapi harus di ingat sobat, bau Bawang putih sangat menyengat hingga kamu perlu usaha ekstra untuk menghilangkannya.

Minyak Kayu Manis

Ternyata kayu manis, selain dapat digunakan sebagai bahan untuk makanan dan kue juga dapat kamu gunakan sebagai cara alami mengusir Nyamuk.

Caranya simple, dengan membuat larutan campuran 1/4 sendok teh minyak kayu manis untuk setiap 2 sendok makan air.

Kamu dapat menyemprotkan cairan ini ke kulit atau pakaian kamu. Tapi hati – hati sobat saat mengoleskan minyak kayu manis, karena dalam dosis besar dapat mengiritasi kulit kamu.

Baca Juga : Cara Ampuh Mengusir Tikus

Kemangi

Jadi, daun kemangi ini selain enak untuk digunakan bahan lalaban di rumah juga efektif untuk mengusir nyamuk loh.

Cara mengusir nyamuk pun mudah banget, kamu hanya perlu meletakkan daun kemangi yang telah dicuci pada tempat-tempat yang kamu rasa menjadi sarang nyamuk, seperti tempat gantungan baju, sudut-sudut rumah, dan lain sebagainya.

Menggunakan Alkohol

Bau alkohol itu sangat menyengat, bukan hanya nyamuk yang tidak suka bahkan kita manusia pun akan sulit menghindari bau alkohol.

Nah, ternyata alkohol pun bisa kamu jadikan sebagai alat pengusir nyamuk, tinggal semprot di tempat yang dianggap sebagai sarang nyamuk, atau simpan alkohol dengan tutup terbuka di tempat yang banyak nyamuk niscaya nyamuk pun pergi entah kemana.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kutu.

Menggunakan Kelambu

Sumber : shopee.com

Ini mungkin sebuah cara yang banyak digunakan oleh orang – orang pada jaman dahulu, tapi cara ini masih tetap efektif kok untuk menghindari dari serangan nyamuk, apalagi di malam hari.

Jika kamu belum tahu, Kelambu merupakan kain yang memiliki lubang-lubang kecil rapat serta memiliki sifat jatuh yang tak mudah terbuka pada bagian bawahnya dan biasa di pasang di kasur.

Dan juga jangan takut ketinggalan jaman jika pakai kelambu, karena sekarang banyak sekali kelambu yang mengikuti tren dan mode loh.

Minyak Thyme

Dalam hal mengusir nyamuk, daun thyme atau minyak thyme adalah salah satu yang terbaik dan paling mujarab untuk cara mengusir nyamuk.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, Minyak thyme yang dioleskan pada kulit seekor tikus tak berbulu dapat memberikan tingkat perlindungan 91 persen dari serangan nyamuk.

Ampas Kopi

Kopi selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata ampasnya pun dapat kita gunakan untuk mengusir nyamuk penganggu.

Caranya pun cukup mudah. Cukup Tuang ampas kopi pada daerah yang rawan menjadi sarang nyamuk dan berbagai serangga lainnya. Dijamin nyamuk minggat deh.

Kesimpulan.

Ternyata banyak sekali cara yang dapat kita gunakan untuk menghindari serangan nyamuk. Namun, yang paling utama, tetap jaga kebersihan lingkungan rumah karena nyamuk lebih sering datang pada rumah yang kotor.

Baca juga : Khasiat kopi hitam.

Dan itulah kawan pembahasan tentang cara alami mengusir nyamuk semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.

Dan Sampai jumpa di postingan menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version