Halo sobat, pernahkah kamu mengalami sakit batuk yang berkepanjangan. Pernahkah kamu juga mencari cara menghilangkan batuk secara alami untuk membantu obat dari dokter tapi tidak berbahaya ?

Jika pernah kamu datang di tempat yang tepat, karena kami ilmusaku.com, telah mengumpulkan untuk kamu informasi tentang cara alami untuk meredakan penyakit batuk dan flu dengan bahan – bahan yang mudah di dapat. Dan di jamin aman obat – obat pabrik.

Untuk tahu lebih banyak mari kita simak sama – sama materinya :

10 Cara Menghilangkan Batuk Secara Alami.

Meminum Banyak Air Putih

Meminum air putih
Sumber : jing.fm

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat mengalami gejala batuk adalah dengan meminum banyak air putih karena dapat membantu bagi anda yang mengalami batuk yang bertipe kering.

Dengan meminum air sebanyak 8 sampai 12 kali sehari dijamin dapat meringankan dan mempercepat pemulihan sakit anda karena batuk.

Meminum Larutan Jahe

Jahe
Sumber : thejakartapost.com

Sejak jaman dahulu kala, Jahe banyak sekali di gunakan untuk meredakan penyakit dan menghangatkan badan karena mempunyai formula anti peradangan dan rasanya yang hangat saat di makan.

Menurut penelitian dilansir kompas, senyawa dalam jahe dapat meredakan intensitas batuk dengan cara melemaskan membran di saluran udara.

Untuk meredakan batuk, kamu dapat menyajikan wedang jahe dengan cara merebus 20 gram potongan jahe dengan gila merah, lalu kamu dapat menambahkan madu dan perasan jeruk lemon.

Baca juga : cara menghilangkan bau ketiak.

Dengan Madu Asli

Madu
Sumber : alibaba.com

Kamu juga dapat meredakan batuk yang kamu alami dengan membuat seduhan dari madu asli. Cara mudah yaitu dengan menyeduh dua sendok madu asli dengan secangkir air panas.

Madu selain memiliki banyak nutrisi juga memiliki efek anti mikroba yang dapat meredakan efek infeksi virus dan bakteri juga Madu memiliki efek anti radang alami yang bagus untuk tenggorokan.

Membuat Teh Peppermint

Teh Peppermint
sumber : medicalnewstoday.com

Kalian juga dapat membuat teh dari daun Peppermint untuk cara alami meredakan batuk. Karena Peppermint mengandung mentol yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena batuk.

Selain itu Peppermint juga dapat membantu mengurangi hidung mampet dikarenakan gangguan batuk karena memiliki kandungan zat anti bakteri dan virus.

Meminum teh Peppermint sebelum tidur, juga dapat membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak.

Baca juga : Cara memelihara Kucing

Membuat Teh Kunyit

Teh kunyit
sumber : thespruceeats.com

Kunyit adalah bahan alami yang sudah sering digunakan dalam pengobatan tradisional termasuk untuk meredakan sakit batuk dan bahkan untuk mengobati gangguan pernapasan.

Karena Kunyit memiliki kandungan senyawa bernama Curcumin yang memiliki sifat anti bakteri, virus dan anti peradangan dapat digunakan untuk meredakan batuk.

Cara membuat teh kunyit adalah dengan mencampurkan larutan kunyit bubuk atau serutan bubuk pada air mendidih lalu saring dan sajikan selagi hangat. Kamu dapat menambahkan kayu manis dan madu untuk menambah rasa.

Ramuan Jeruk nipis dan Kecap

Lemon dan kecap
sumber : Klikdokter.com

Ramuan satu ini telah menjadi salah satu ramuan tradisional yang di percaya dapat meredakan batuk di masyarakat. Menurut penelitian Universitas Brawijaya yang dilansir dari laman Klikdokter.

Perlu 50 % kandungan jeruk nipis agar ramuan ini menjadi berkhasiat karena kandungan fitokimia, anti bakteri, serta fenolik dan beberapa kandungan senyawa dalam jus jeruk nipis ini yang dianggap memiliki kemampuan untuk meredakan batuk.

Bagaimana dengan kecap ? Kecap sendiri berguna untuk menambahkan rasa manis dalam ramuan agar lebih enak saat di gunakan.

Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih
sumber : Alibaba.com

Dengan mengkonsumsi bawang putih kamu dapat meringankan kadar batuk yang kamu alami dengan cara mengkonsumsi bawang putih secara rutin. Hingga bawang putih dapat menjadi cara menghilangkan batuk Secara alami.

Karena bawang putih memiliki sifat antivirus, anti bakteri dan peradangan yang bagus untuk meredakan sakit batuk dan bahkan untuk mengobati berbagai macam penyakit lainnya seperti darah tinggi dan kolesterol.

Kamu dapat menyajikan bawang putih dalam campuran sip dan makanan lainnya.

Buah Nanas

Jus nanas
Sumber : alibaba.com

Nanas memiliki sebuah enzim yang disebut Bromelain yang memiliki sifat anti inflamasi dan sifat mukolotik yang dapat memecahkan lendir di tenggorokan yang dapat menyebabkan anda batuk.

Dengan mengkonsumsi buah dan jus nanas tiap hari kamu dapat mengurangi lendir di tenggorokan yang dapat menyebabkan batuk.

Air dan Makanan Hangat.

Sup hangat
sumber : Wikipedia.com

Batuk berdahak yang disertai dengan lendir bisa kita atasi dengan menggunakan uap dari air dan makanan hangat. Kamu juga dapat berendam dan mandi menggunakan air panas untuk beberapa hari sampai batuk mereda.

Makanan hangat juga dapat membantu kamu tetap nyaman dan olesan minyak kayu putih di leher dapat membantu mengatasi batuk yang kamu alami.

Makanan yang Mengandung Probiotik.

Yoghurt
Sumber : alibaba.com

Mungkin makanan – makanan yang mengandung probiotik ini tidak langsung menyembuhkan batuk mu secara cepat. Tapi makanan yang tinggi kadar Probiotik dapat menyeimbangkan kadar glastrointestinal dalam usus kamu

Hal dapat menyeimbangkan fungsi kekebalan tubuhmu yang penting dalam melawan penyakit termasuk batuk. Selain itu dalam probiotik terdapat bakteri lactobacillus yang baik untuk mencegah flu.

Makanan tinggi probiotik seperti yogurt dan miso dan kimchi juga enak dibuat sebagai makanan sehari hari.

Dan terakhir, jika sudah mengikuti cara menghilangkan batuk secara alami ini, tapi batuk yang kamu alami tidak kunjung membaik. Silahkan untuk menghubungi dokter untuk mengetahui apakah kamu memiliki gangguan kesehatan lainnya.

Dan itulah sobat ke sepuluh cara menghilangkan batuk secara alami semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Dan pesan kami untuk tetap menjaga kesehatan karena menjaga kesehatan lebih mudah dari pada mengobati. Jadi tetap semangat dan terus selalu menjaga cara hidup sehat.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks