10 Fakta Menarik Korea Utara, yang Kamu Belum Tahu!

Halo sobat, Hari kita akan membahas tentang fakta menarik Korea Utara, sebuah negara yang kontroversial dan tindak tanduknya menjadi buah bibir dan perhatian dunia.

Sejak Perang Korea pada tahun 1950, Ketegangan di semenanjung Korea tak pernah berhenti. Sampai sekarang hubungan antara dua negara bersaudara Korea Selatan dan Utara belum mengalami perubahan yang berarti.

Tapi dibandingkan saudaranya Korea Selatan, yang sekarang menjadi Tren Senter dunia dalam masalah KPop dan dunia hiburan, Korea Utara tetap menjadi sebuah negara yang penuh misteri dan menarik untuk di gali informasinya lebih jauh.

Kami telah menyiapkan dan mengumpulkan informasi dan fakta tentang negara satu ini, penasaran ?

Mari simak Penjelasannya sama – sama.

10 Fakta Menarik Korea Utara, yang Kamu Belum Tahu

Di Korea Utara Warga hanya menggunakan Internet Lokal Bernama “KwangMyong”

Fakta menarik Korea Utara
sumber : techcruch.com

Kita mulai dengan fakta paling umum tentang negara ini, yaitu akses internet di sana dibatasi penggunaannya oleh negara atau lebih tepatnya oleh PRK (Partai buruh Korea), Partai berkuasa di sana.

Hanya para pemimpin partai berkuasa, mahasiswa di universitas elite, dan beberapa orang penting, seperti Duta Besar negara sahabat dan Pejabat saja yang mendapat akses internet.

Tapi bukan berarti di sana tidak ada Internet untuk rakyat loh!, Karena di sana terdapat intranet (internet private) yang bernama “KwangMyong” yang khusus diakses untuk 28 situs milik pemerintah.

Jadi jika kamu jadi warga negara Korea Utara, ucapkan selamat tinggal pada YouTube dan Tiktok.

Hanya Terdapat 28 Gaya Rambut yang Boleh Digunakan oleh Warga

Kim Jong Un
Sumber : Wikipedia.com

Menurut Majalah Times, orang Korea Utara hanya boleh memilih 28 gaya Rambut yang telah disetujui oleh Pemerintah dan 14 diantaranya adalah gaya Rambut khusus perempuan.

Untuk pria bahkan pilihannya menjadi lebih sedikit dengan aturan yang lebih ketat, seperti rambut tidak boleh lebih dari 5 cm untuk anak – anak dan 7 cm untuk pria dewasa.

Dan coba tebak, gaya Rambut pria yang paling populer di Korea Utara ? Yap, gaya rambut paling populer adalah gaya Rambut Pemimpin besar mereka, Kim Jong Un.

Meski Korea Utara Agnostik, Rakyatnya Banyak Animisme

images 13 min
Sumber : dailymail.com

Sebagai negara yang menganut Marxisme, Agama mungkin bukan menjadi pembahasan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Korea Utara.

Meski dalam konstitusi negara Korea Utara, kebebasan beragama di jamin dan Korea Utara memiliki Tempat ibadah yang Lengkap mulai dari Mesjid, Geraja dan Vihara biasanya lebih banyak digunakan oleh utusan dari negara sahabat, bukan untuk warganya.

Hampir sebagian warga Korea Utara adalah agnostik dan kebanyakan dari mereka lebih percaya Paranormal (Shamanisme) dari pada Agama.Sumber disini.

Baca Juga : Info Unik Fenomena alam di dunia.

Korea Utara Menggunakan Kalender Mereka Sendiri

Kalender Juche
Sumber : Wikipedia.com

Berbeda dari seluruh negara di dunia, Korea Utara tidak menggunakan Kalender Masehi, melainkan mereka menggunakan penanggalan Juche yang di buat berdasarkan tanggal lahirnya pemimpin besar mereka Kim Ill Sung.

Kim ill Sung sendiri lahir pada 15 April 1912 dan menurut Kalender Juche sekarang kita masih berada di tahun ke 107.

Televisi di Korea Utara hanya terdiri dari 3 Channel

images 6 min 2
abcnews.go.com

Warga Korea Utara memiliki 3 buah Channel di Televisi mereka dan semuanya di kontrol oleh pemerintah dan Masyarakat di sana wajib menonton televisi atau menonton langsung jika ada acara kenegaraan yang berlangsung.

Seperti contohnya saat Korea Utara ikut piala Dunia dan ketika Kim Jong Un naik Tahta.

Warga Korea Utara Lebih Pendek dari Saudaranya Korea Selatan.

images 10 min
Sumber : BBC.com

Perbedaan Tinggi badan ini terjadi dikarenakan perbedaan asupan gizi dan banyaknya warga Korea Utara yang kesulitan mendapatkan asupan makanan.

Dan FYI, jika terjadi pertemuan dengan Korea Selatan di Zona Netral, Pasukan Korea Utara akan mengirimkan Orang paling tinggi yang bisa mereka punya.

Mati Lampu Hampir Setiap Malam

images 9 min 1
Sumber : independent.co.uk

Kawan, kalian pasti pernah merasakan betapa menyebalkan jika mati lampu saat malam hari itu, apa lagi jika kita memiliki pekerjaan rumah ataupun tugas yang mesti kita selesaikan malam itu juga.

Sekarang bayangkan apa yang dirasakan warga Korea Utara yang setiap malamnya harus merasakan mati lampu, dari foto jangkauan satelit hanya ibukota Pyongyang saja yang lampunya menyala saat malam hari.

Jika kamu dianggap bersalah melawan Pemerintah, kamu akan di Hukum Selama 3 Generasi

images 12 min
Sumber : dw.com

Jika seseorang warga dianggap melakukan kejahatan melawan pemerintah, maka seluruh garis keturunannya, termasuk kakek-nenek, orang tua dan anak-anaknya akan menerima hukuman dalam sebuah kamp konsentrasi.

Apalagi bagi orang yang terbukti berkhianat pada negara dengan kabur ke negara lain.

Baca Juga : Fakta Sejarah Wali Songo

Korea Utara Punya aturan Basket Sendiri

images 1 min
Sumber : kompas.com

Bukan rahasia umum lagi jika Kim Jong Un, sangat menyukai olahraga Basket. Saat dia masih kuliah di luar Korea, beliau sering ikut bermain Basket dan menyukai tim Chicago Bulls.

Maka tak salah jika legenda Bulls, Dennis Rodman sering berkunjung dan menjadi teman akrab pemimpin Korea itu.

Tapi tahukah kamu, jika Korea Utara memiliki aturan permainan basket sendiri.

Di permainan basket Korea Utara, slam dunks bernilai tiga poin dan gol lapangan di tiga menit terakhir pertandingan (clutch Shot) bernilai delapan poin.

Indonesia Salah Satu Negara Sahabat Korea Utara

images 7
Sumber : bisnis.com

Fakta terakhir dari Korea Utara yang mungkin belum kamu ketahui adalah hubungan mesra Korea Utara dan Indonesia yang berawal sejak jaman Bung Karno.

Bukti hubungan akrab antara Korea Utara dibuktikan dengan menyimpan berbagai benda bersejarah cinderamata dari Ir Soekarno yaitu Bunga Anggrek Kimillsungia di Mausoleum Kumsusan Palace Korea Utara.

Selain itu, Indonesia juga menjadi negara satu-satunya yang pernah mendapatkan kunjungan dari 2 pemimpin besar Korea Utara secara bersamaan, yakni Kim Il Sung dan Kim Jong Il.

Bahkan Korea Utara juga mendirikan sekolah persahabatan Indonesia-Korea Utara atau Ryulgok yang didirikan dan diurus bersama – sama dengan KBRI Korea Utara.

Baca juga : Hewan Pengerat Terbesar di Dunia.

Dan itulah kawan fakta tentang Korea Utara, semoga informasi ini menarik dan menambahkan wawasan kamu. Sampai jumpa di berbagai informasi menarik lainnya, hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com