10 Hukum Paling Aneh dari Seluruh Dunia – Dari Salmon hingga Permen Karet.

Halo sobat, kita semua tahu jika umat manusia sejak masa Babilonia kuno yang tercatat dalam Code of Hamurabbi (Kode Hamurabbi) sudah terikat oleh hukum dan peraturan yang berlaku.

Kita tahu jika hampir di setiap tempat memiliki hukum yang berbeda dengan konsekuensi hukum yang berbeda pula. Tapi ternyata di beberapa sisi dunia ini, ada hukum yang dianggap sebagai hukum paling aneh di dunia.

Beberapa peraturan dan hukum paling aneh ini bahkan masih masih valid dan beberapa masih digunakan di negara tersebut sampai sekarang loh!.

Apa sajakah hukum dan peraturan dianggap aneh tersebut ? Untuk itu Mari kita cari tahu sama – sama.

10 Hukum Paling Aneh dari Pelosok Dunia

1. Dilarang membawa Salmon Secara Sembunyi – sembunyi ( Berlaku di Inggris Raya)

Sumber : gov.uk

Seperti namanya Salmon Act Law atau Hukum atau peraturan di negara ratu Elizabeth yang mengatur bagaimana cara orang memancing dan membawa diam – diam dan secara mencurigakan seekor ikan Salmon. Yep, kamu akan di hukum jika secara sembunyi – sembunyi membawa Ikan Salmon. Bukan pistol tapi ikan salmon.

Hukum ini di tulis dan disahkan oleh Parlemen inggris pada tahun 1986, hukum ini adalah kepanjangan dan pembaruan dari hukum lama yang sudah ada sejak tahun 1868.

Hukum Salmon Act ini mengatur segala urusan mengenai ikan Salmon di Inggris Raya memancing, penangkaran hingga penjualan. tapi yang membuatnya menjadi terdengar aneh adalah satu pasal bernomor 32 di hukum tersebut yang berbunyi :

“Handling Salmon in Suspicious Circumstances” atau jika diartikan adalah kamu akan di hukum jika tertangkap membawa ikan salmon dengan cara sembunyi – sembunyi dan mencurigakan.

Sumbernya : disini

2. Jangan mengunyah Permen Karet di Jalanan Singapura (berlaku di Singapura)

Sumber : pinterest

Negera tetangga kita, Singapura memang terkenal sebagai negara yang ketat dan tertib, juga dikenal karena memiliki warga yang sadar dan taat dengan hukum yang berlaku di negara itu.

Saking ketatnya dengan hukum di negara yang menjunjung kebersihan ini akan mendenda orang yang membuang sampah sembarangan bahkan kamu juga akan di denda jika ketahuan mengunyah permen karet.

Sebenarnya sih hukum yang disahkan pada tahun 1992 ini memiliki alasan yang sangat kuat untuk di buat. Karena pada tahun saat hukuman ini disahkan beberapa fasilitas MRT milik Singapura rusak oleh sejumlah orang yang membuang sampah bekas permen mereka sembarangan.

Baca juga : Hukuman mati terkejam.

3. Dilarang Kehabisan Bensin di Jalan Tol (Jerman)

sumber : nytimes.com

Jerman terkenal dengan kemampuan engineering mereka, mobil – mobil mereka yang cepat juga jalan – jalan tol atau di Jerman sendiri disebut sebagai Autobahn mereka yang sangat aman meski dilalui oleh mobil – mobil berkecepatan tinggi.

Maka tidak heran, jika ada sebuah peraturan atau hukum yang melarang atau ilegal untum orang kehabisan bensin mobil mereka di tengah Autobahn atau jalan tol. Kamu akan di denda cukup besar.

Bahkan semakin apes jika kami memutuskan keluar dari mobil untuk memeriksa mobil atau bahkan mengisi bensin, maka denda yang kamu dapatkan akan menjadi dua kali lipat. Karena dianggap kamu membahayakan untuk diri sendiri dan juga pengendara mobil lain.

4. Kamu akan di Hukum jika Naik Gunung Tanpa Busana (Berlaku di Swiss)

Sumber : lonelyplanet.com

Yap, kamu mungkin mengira jika tak ada orang waras yang berani naik pengunungan Alpen yang sangat dingin tanpa sehelai benangpun di tubuh mereka. Tapi nyatanya itu terjadi di Swiss saat dua orang pendaki asal Jerman dan tentu saja Swiss yang menaiki pengunungan tanpa pakaian.

Peraturan ini disahkan pada tahun 2011, dan siapapun yang melanggar akan mendapatkan denda sebesar 100 Swiss Franc atau 90 Euro yang jika di rupiahkan berarti buat kamu yang usil akan di denda sebesar 1.5 juta.

Sumber : disini

5. Dilarang menidurkan Keledai di Bathtub lewat Pukul 7 Malam (Berlaku di Arizona, Amerika Serikat)

Di negara bagian Arizona, Amerika Serikat terdapat sebuah hukum yang mungkin terdengar aneh bagimu. (Bagi saya sebenarnya) yaitu kamu tidak boleh menidurkan seekor keledai di bathtub setelah pukul 7 malam.

Mungkin timbul banyak pertanyaan di benakmu, kenapa menidurkan Keledai di bathtub dan kenapa harus sebelum pukul 7 malam.

hukum ini dibuat pada tahun 1928, setelah terjadi protes penduduk. saat seseorang pedagang menidurkan Keledai peliharaannya di bathtub kamar mandi rumahnya saat terjadi banjir hingga membawa keledai terbawa banjir.

Keledai itu selamat tapi publik yang kasian pada keledai tersebut mengamuk.

Sumbernya di sini

6. Dilarang Menjual Semangka (Berlaku di Rio Claro, Brazil)

sumber : mostphoto.com

Oke, siapa disini yang tak menyukai makan semangka ? Buah dengan isi berwarna merah yang manis dan berair ini sangat segar dan memiliki banyak protein dan vitamin. Tapi di kota Rio Claro, Brazil. Kamu akan di hukum jika menjual semangka!

Kok Bisa ? Karena pada tahun 1894, hukum ini dibuat banyak orang di Rio Claro menganggap jika Semangka adalah penyebab dari penyakit Tipes dan penyakit kuning.

Baca juga : Pengertian Hukum

7. Dilarang Menari di Tempat Gelap Setelah Tengah Malam (Berlaku di Jepang)

sumber : businnesinsider.com

Jadi setelah Jepang menyerah kalah pada Perang dunia ke-2 pada Amerika Serikat dan Sekutu, Jepang harus merelakan jika Amerika Serikat membangun pangkalan militer di Jepang. Hingga wajar jika banyak budaya Amerika seperti Pesta masuk ke Jepang termasuk menari setelah tengah malam.

Meski mereka kalah, Jepang yang tak ingin budaya Jepang hilang begitu saja. Hingga pada 1948, mereka membuat sebuah peraturan untuk melarang orang Jepang untuk menari setelah malam. Peraturan ini berakhir sampai tahun 2015 lalu,sehingga orang Jepang boleh menari setelah tengah malam.

Tapi kamu tidak boleh menari dalam gelap dan harus di tempat terang seperti kelab malam.

Sumber disini

8. Tidak Boleh Meninggal Sebelum Punya Tanah Makam (Berlaku di kota Sarpourenx, Perancis)

Di sebuah kota di negara Perancis bernama Sarpounex, kamu akan didenda Jika ketahuan meninggal tanpa memiliki tempat untuk kamu dimakamkan di pekuburan setempat.

Ini terjadi karena tanah makam di kota tersebut sudah sangat langka, hingga orang – orang sudah menyiapkan tempat mereka bersemayam jauh sebelum mereka meninggal.

9. Kamu di Denda jika Tidak Membawa Peliharaan jalan – jalan (Berlaku di Roma, Italia)

Hukum paling aneh nomor 9, adalah hukum yang berlaku di kota Roma, Italia. Di kota ini memiliki hewan peliharaan adalah sebuah tanggung jawab yang besar.

Bagaimana tidak, karena kamu diharuskan untuk membawa hewanmu berjalan – jalan minimal sehari sekali atau kamu harus membayar denda sebesar $625 atau sekitar 8 juta rupiah!

Peraturan ini juga berlaku pada ikan peliharaan loh, bukan berarti kamu harus membawa ikanmu jalan -jalan. Tapi melainkan kamu akan dihukum jika tak menyediakan akuarium yang cukup untuk ikan itu bisa “berjalan – jalan”.

Jadi bagi yang menyimpan cupang kalian di botol, siap – siap di hukum deh di Roma, Italia.

Dilarang Melupakan Hari Ulang Tahun Istri (Berlaku di Samoa)

Hukum paling aneh yang terakhir terdapat di Samoa, Kepulauan Pasifik. Dimana kamu akan akan dihukum penjara jika kamu ketahuan melupakan ulang tahun istrimu sendiri.

Tidak diketahui berapa lama kamu di tahan, tapi sepertinya jika kamu memliki istri dari Samoa lebih baik mulai mengingat ulang tahun istrimu sendiri.

Sumber : disini.

Dan itulah ke sepuluh hukum paling aneh di seluruh dunia, semoga informasi menarik dan menghibur harimu. Sampai jumpa di materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version