10 Jenis Karbohidrat yang Tumbuh di Indonesia

8 Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 10 Jenis Karbohidrat yang Tumbuh di Indonesia, Tanaman – tanaman ini sudah biasa kita jadikan sebagai makanan pokok sehari-hari masyarakat kita.

Indonesia sebagai negara kepulauan dan pegunungan yang subur memiliki berbagai jenis tanaman pangan sumber karbohidrat. Keberagaman jenis tanaman pangan yang kita miliki merupakan anugerah dari Yang Mahakuasa sehingga kita harus bersyukur kepada-Nya.

Tanaman pangan adalah sumber kehidupan bagi manusia. Jadi, keberadaannya akan selalu dibutuhkan selagi manusia masih hidup. Jenis Karbohidrat yang Tumbuh di Indonesia dapat dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu serealia, kacang- kacangan dan umbi-umbian. Dan jenis ada di bawah ini.

10 Jenis Karbohidrat yang Tumbuh di Indonesia

Padi (Oryza sativa L.)

Sumber : kompas.com

Siapa yang tidak kenal tanaman pangan satu ini. Padi bisa dibilang sebagai makanan pokok orang Indonesia. Padi yang memiliki lama latin Oryza sativa L. adalah tanaman yang menghasilkan beras sumber karbohidrat utama Negara – negara Asia terutama Indonesia.

Padi yang memiliki akar serabut ini memiliki bentuk batang yang berbuku dan berongga. Dia memiliki daun dan anakan yang tumbuh dari buku yang ada pada batang. Bunga atau malai muncul dari buku yang terakhir.

Bulir padi yang sering kita jadikan beras terdapat letaknya pada malai yang dimiliki oleh anakan. Budi daya padi dikelompokkan menjadi padi sawah, padi gogo, dan padi rawa.

Dari Beras yang dihasilkan padi, kita dapat menghasilkan berbagai macam panganan yang lezat, mengenyangkan dan memiliki nilai ekonomis seperti Nasi Goreng, Buras, Ketupat dan masih banyak lagi lainnya.

Jagung (Zea mays L.).

Sumber : allrecipe.com

Zea mays ssp atau lebih kita kenal dengan sebutan Jagung ini adalah salah satu bahan dari Jenis Karbohidrat yang Tumbuh di Indonesia dan juga salah satu sumber karbohidrat utama di dunia selain Nasi dan Gandum.

Memiliki batang tunggal yang terdiri atas buku dan ruas. Daun jagung terdapat pada setiap buku pada batang. Jagung memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terpisah, tetapi masih pada pohon yang sama. Bunga jantan terletak di ujung batang, sedangkan bunga betina (tongkol) berada di bagian tengah batang jagung.

Yang membuat Jagung banyak digemari adalah karena dapat ditanam di lahan kering maupun di lahan sawah sesudah panen padi, hingga tidak menunggu lama untuk mencari lahan saat akan proses penanaman.

Singkong (Manihot utilissima).

Sumber : https://www.gardeningknowhow.com/

Ubi Kayu atau lebih kita kenal dengan sebutan Singkong adalah salah satu sumber karbohidrat pengganti Nasi yang dapat kamu gunakan untuk menambahkan kebutuhan kalori tubuhmu.

Selain akar tanaman ini bisa kita makan. Daun tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Singkong dapat menghasilkan biji, tapi untuk Budi dayanya biasanya menggunakan stek batang.

Untuk dibudidayakan, Tanaman Singkong mempunyai daya adaptasi yang luas, tetapi umumnya, ubi kayu ditanam di lahan kering.

Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.)

Sumber : sehatq.com

Jenis Karbohidrat yang Tumbuh di Indonesia yang selanjutnya masih dalam keluarga umbi – umbian yaitu Ubi Jalar atau Ipomoea batatas L. Berbeda dengan Singkong adalah tanaman pangan yang memiliki batang panjang menjalar.

Perbedaan lainnya dengan Singkong, Umbi dari Ubi Jalar memiliki warna yang bervariasi, mulai dari warna putih, kuning, orange, krem hingga Ungu. Biasanya dapat dipanen berkisar 4 – 4’5 bulan. Ubi jalar dapat dibudidayakan menggunakan bagian ubi, pucuk batang dan setek batang.

Talas, keladi, atau seratah (Colocasia esculenta L.)

Sumber : youtube @Cooking With Sreypov

Talas, keladi, atau seratah (Colocasia esculenta L.) adalah tumbuhan penghasil umbi. Sama seperti ubi jalar dan singkong, Talas memiliki Umbi dalam akar. Selain itu Talas juga sering disebut sebagai Taro.

Talas dapat kita gunakan sebagai pengganti Asupan Karbohidrat, tapi kita harus hati – hati karena Tanaman Talas memiliki getah yang gatal, yang berbeda-beda ketajamannya menurut jenisnya.

Rumbia (Metroxylon sagu)

Sumber : beritapapua.id

Rumbia (Metroxylon sagu) adalah sejenis Pohon Palma (Palem) yang dapat dioleh menjadi Tepung Sagu. Di Indonesia bagian Timur, Tepung dari Pohon sagu ini adalah sumber karbohidrat utama selain nasi.

Berbagai macam makanan pokok dan kue-kue diperbuat orang dari tepung sagu ini. Contohnya Papeda, Bubur sagu Ambon, Kue rangi dan lain sebagainya.

Kacang Tanah (Arachis hipogeae L.)

Sumber : wiktionary.com

Mungkin kalian kaget melihat Kacang Tanah yang biasa kita gunakan untuk saus dan makanan ringan masuk ke dalam list jenis karbohidrat yang tumbuh di Indonesia, tapi sebenarnya Kacang tanah memiliki kadar Karbohidrat yang tinggi dan juga dibarengi oleh protein dan serat.

Kacang tanah dapat ditanam di lahan kering dan di sawah ketika sudah panen padi. Kacang tanah memiliki batang yang bercabang dengan tinggi tanaman antara 38- 68 cm dan dapat dipanen setelah umur 90-95 setelah di tanam.

Kacang Hijau (Vigna radiata L.).

sumber : republika.com

Kacang Hijau atau bernama latin Vigna radiata L. Ini sering kita jumpai dalam hidangan lokal bernama bubur kacang hijau yang sejak dulu kala menjadi salah satu panganan pengganti Nasi, apalagi saat waktu sarapan.

mempunyai umur panen antara 55-65 hari setelah tanam. Kacang hijau memiliki tinggi tanaman antara 53-80 cm, batang bercabang serta daun dan polong yang berbulu. Selain itu sama dengan kacang tanah, kacang hijau dapat ditanam di lahan kering maupun di lahan sawah sesudah panen.

Kedelai (Glycine max L.)

Jika penggemar makanan Tempe dan Tahu, pasti tahu jika dua makanan favorit masyarakat Indonesia itu berasal dari Kedelai. Kedelai merupakan tanaman semusim dengan tinggi tanaman antara 40-90 cm, memiliki daun tunggal dan daun bertiga (trifoliate). Daun dan polong kedelai memilliki bulu.

Selain itu kita dapat membedakan Kedelai Berdasarkan warna bijinya, yaitu kedelai kuning, hijau kekuningan, cokelat, dan hitam. Kedelai dapat ditanam di lahan kering atau di sawah sesudah panen padi.

Sorgum (Sorghum bicolor L.)

Sumber : lidea-seeds.com

Selanjutnya Jenis Karbohidrat yang Tumbuh di Indonesia yang terakhir adalah Sorgum (Sorghum bicolor L.). Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.

Sorgum memilik batang yang berbuku-buku. Kadang-kadang sorgum juga dapat memiliki anakan. Sorgum memiliki bunga yang tersusun dalam malai yang terdapat di ujung batang.

Sorgum dapat ditanam pada berbagai kondisi lahan, baik lahan subur maupun lahan kurang subur atau lahan marjinal karena sorgum memiliki daya adaptasi yang luas.

Baca juga : Teknik Pembenihan Tanaman Secara Vegetatif.

Meski sebenarnya bangsa kita juga mengkonsumsi olahan dari Gandum, tapi gandum sendiri tak bisa ditanam di Indonesia, hingga kita memerlukan impor dari negara lain.

Dan itulah kawan 10 Jenis karbohidrat yang tumbuh di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version