10 Monster Laut dalam Mitologi Dunia

Halo sobat, Saat kamu berlayar di atas lautan yang luat, pernahkah kamu berpikir jika ada makhluk lain yang tinggal di bawahnya? 10 Monster Laut dalam Mitologi Dunia ini mungkin yang menjadi bagian dalam mimpi buruk kamu.

Di berbagai cerita mitologi dunia, terdapat berbagai macam monster – monster penjaga lautan luas, mereka dikenal sebagai para penguasa lautan dan menjadi momok bagi para penjelajah lautan untuk mengarungi dunia yang luas.

Beberapa Mitos tersebut, mungkin kamu sudah ketahui tapi ada pula yang menunggu untuk diketahui seperti Monster Laut dalam Mitologi Dunia berikut ini.

10 Monster Laut dalam Mitologi Dunia.

Baca juga : 18 Dewa Mitologi Jepang.

Jörmungand (Serpent of The World)

Jörmungand

Jika kamu menyukai cerita mitologi – mitologi bangsa Viking atau mitologi Nordik (atau penggemar game God Of War) kalian pasti sudah mengenal tentang monster yang dikenal sebagai Serpent of The World Jörmungand.

Jörmungandr adalah makhluk laut terkenal dari mitologi Nordik yang dikenal sebagai Ular Midgard dan anak dari Loki dan Putri Bangsa raksasa Angrboða dan juga saudara dari Dewi Neraka Hellel dan Serigala Pelahap dunia, Fenrir.

Ular itu sangat besar sehingga katanya tubuhnya membungkus dunia dan menurut legenda jika ekor dari mahluk ini patah menjadi tanda dari Ragnarok atau Peperangan besar antara Dewa, Manusia dan Para Monster.

Leviathan (The Sea Demon of Envy).

Leviathan
Sumber : https://the-demonic-paradise.fandom.com/wiki/Leviathan

Leviathan adalah sesosok mahluk mitologi dalam kepercayaan Judeo-Christiani, yang namanya beberapa kali muncul dalam referensi dalam buku berbahasa Ibrani yaitu Psalm, Book of Job, Book of Isiah and Book Of Amos.

Leviathan sering digambarkan sebagai perwujudan dari kekacauan memakan orang-orang berdosa setelah mereka mati. Menurut para teologi Kristen Leviathan adalah salah satu dari 7 Dosa besar atau Demon or Envy atau iblis kecemburuan.

Bahkan dalam keyakinan Satanisme, Anton Lavey (Pendiri Gereja Setan) dalam bukunya The Satanic Bible, Leviathan adalah salah satu dari 4 Princes of Hel bersama Orient, Ponymon dan Amaymon.

Kraken (Legendary colossal octopus)

Kraken
sumber : wikiimage

Monster Laut dalam Mitologi selanjutnya adalah monster yang menjadi momok menakutkan para penjelajah lautan pada masa awal penjeljahan Samudra yaitu Kraken.

Kraken memiliki bentuk Gurita raksasa di sebagian besar legenda. Ia diduga hidup di lepas pantai Norwegia dan Greenland dan meneror pelaut yang melewati daerah itu. Selain itu Kraken juga muncul dalam film Box Office Pirates Of Caribbean.

Sirens (Sinister Mermaid)

Siren

Ssiren adalah makhluk setengah manusia yang berwujud wanita cantik yang hidup di dekat lautan. Mereka sangat menyukai lagu hingga sering sekali bernyanyi, memesona pelaut yang lewat dengan musik mereka yang indah, dan menarik kapal ke pantai, di mana mereka pasti akan menabrak.

Siren biasanya merupakan kombinasi dari seorang wanita dan berbagai burung, Dalam mitologi Yunani kemudian, lebih umum melihat siren digambarkan sebagai sosok putri duyung yang jahat yang sering menenggelamkan kapal para nelayan.

Umibōzu (Sea Priest).

Umibōzu

Umibōzu adalah sesosok monster laut besar menurut kepercayaan masyarakat Jepang. Umibōzu ini dipercaya sebagai spirit laut yang sering muncul dalam cerita rakyat nelayan – nelayan Jepang.

Saat kemunculannya Mereka akan menghancurkan kapal atau menuntut ember atau tong (biasanya berisi makanan atau Sake) dari para pelaut. Satu-satunya cara aman untuk melarikan diri dari umibōzu adalah dengan memberinya tong isi dan berlayar saat dia kebingungan.

Tiamat (Primordial Chaos).

Monster laut dalam mitologi

Tiamat, juga dikenal sebagai Ummu-Hubur, adalah Dewa dalam Mitologi Babilonia dan Mesopotamia dan disebut sebagai Primordial Chaos atau Kekacauan yang Kuno atau Sumber Kekacauan. Dalam mitos penciptaan Babilonia, Enuma Elish, dia digambarkan sebagai ibu dari semua monster yang ada dalam mitologi Mesopotamia dan Babilonia, dimana dia menjadi musuh bebuyutan dari Dewa Kebaikan Marduk.

Meski tak ada penggambaran yang pasti tentang sosok Tiamat, tapi para peneliti dan ilmuwan yang meneliti tentang sejarah peradaban kuno Mesopotamia menggambarkan sosok ini sebagai sosok Perempuan ataupun Naga Air Raksasa.

Flying Dutchman (Legendary Ghost Ship)

Flying Dutchman

The Flying Dutchman adalah kapal hantu legendaris yang diduga dikutuk tidak pernah bisa berlabuh kedaratan dan ditakdirkan untuk mengarungi tujuh lautan untuk selamanya sampai hari kiamat.

mitos The Flying Dutchman ini bermula pada saat masa keemasan VOC pada abad ke-17. Selama masa Kolonial ini banyak pelaut – pelaut barat yang menceritakan Penampakan dari kapal hantu ini. Merekamengklaim bahwa kapal itu bersinar dengan cahaya yang sangat menakutkan.

Sampai saat ini kapal hantu legendaris ini sering muncul ke dalam berbagai macam media mulai dari Kartun hingga film dan yang terkenal dalam dilm kartun Spongebob Squarepants.

Aspidochelone (Giant Turtle With Island on Its Back)

Aspidochelone

Aspidochelone adalah monster laut yang terkenal pada abad pertengahan di digambarkan memiliki sebuah pulau raksasa di punggungnya. Monster satu ini sering digambarkan sebagai Penyu Raksasa ataupun Ikan Paus Raksasa.

Sesuai catatan legenda menyebutkan aspidochelone ini sering dikira pulau pada umumnya sehingga banyak para pelaut yang menepikan kapal mereka untuk sekedar istirahat dan setelahnya dia kan memakan para pelaut – pelaut yang malang tersebut.

Makara (Vahanna Of Goddess)

ezgif.com gif maker 31

Makkara adalah monster laut yang kuncul dalam mitologi Hindu. Dimana dikatakan sebagai ikan yang menjadi kendaraan dari Dewi Gangga dan juga dewa Laut Varuna. Makara dianggap sebagai penjaga gerbang, melindungi ruang singgasana serta pintu masuk ke kuil dewi Gangga dan Dewa Varuna.

Makara sendiri dalam bahasa Sansekerta yang berarti “binatang laut, buaya. Makara biasanya digambarkan sebagai setengah mamalia dan setengah ikan. Di banyak pura, penggambarannya berbentuk setengah ikan atau anjing laut berkepala gajah.

Cthulhu (The Great Old One)

Cthulhu

Monster Laut dalam Mitologi yang terakhir mungkin bukan berasal dari mitologi kuno, tapi bukan berarti Cthulhu adalah Monster Laut dalam Mitologi Dunia yang sembarangan.

Cthulhu adalah entitas kosmik fiksi yang dibuat oleh penulis HP Lovecraft yang pertama kali muncul dalam cerita pendek berjudul ” The Call of Cthulhu”. Sejak kemunculannya itu sosoknya menjadi legenda tersendiri yang dikagumi hingga sekarang.

Baca juga : 7 Monster bawah Laut

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang 10 Monster Laut dalam Mitologi Dunia, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu dan pertanyaan terakhir dari kami, Setelah mengetahui, para monster laut dalam mitologi ini, apakah kalian masih berani pergi kelaut ?

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock