Halo sobat, Dalam dunia teknologi, gadget serta teknologi saat ini memiliki usia yang pendek dan langsung terlupakan; Padahal beberapa teknologi terlupakan ini sudah merubah dunia meski sesaat. Terkadang ini terjadi karena kecelakaan dan kebetulan, kerap kali karena di sengaja.

200 tahun semenjak revolusi industri melanda dunia, arus teknologi seakan berjalan maju tanpa henti. Namun banyak teknologi sebenarnya memiliki andil dalam mengubah dunia memiliki usia yang lumayan pendek, mencerminkan kenyataan sosial masyarakat, serta obsesi manusia terhadap kemajuan.

8 Teknologi Terlupakan yang Mengubah Dunia

Mesin telegram listrik.

Mesin telegram
sumber : wikipedia.com

Pada tanggal 24 Mei 1844, seorang penemu bernama Samuel F. B. Morse mengantarkan pesan yang disandikan di hadapan kerumunan anggota parlemen di Washington DC yang berkumpul untuk melihat demonstrasi tersebut.

4 puluh mil jauhnya dari tempat Morse mengirimkan pesan, asistennya di Baltimore menerima pesan sebuah bacaan Alkitab yang berbunyi:

“ Hendak dikatakan tentang Yakub serta Israel, Apa yang Tuhan buat!”

Alkitab

Morse menciptakan teknologi komunikasi jarak jauh pertama yang berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi kereta api di Amerika Serikat.

Sayangnya, teknologi luar biasa pada jamannya ini harus tergantikan oleh datangnya Telepon.

Kapal Uap Hidrogen

Balon Zepellin
sumber : dw.com

Lupakan pesawat terbang. Buat sebagian besar abad ke- 20, balon udara merupakan masa depan penerbangan; atau lebih tepatnya, kapal balon bertenaga uap( yang bisa dikemudikan), diisi dengan elemen sangat ringan serta sangat melimpah di Bumi. Hidrogen. Cuma terdapat satu permasalahan: senyawa hidrogen itu mudah terbakar.

Kala kapal Zeppelin Hindenburg yang mengudara setinggi 800 kaki jatuh di dan meledak di langit New Jersey, membunuh 36 orang di dalamnya.

Walaupun gas helium merupakan alternatif yang lebih nyaman, gas helium sangat sangat jarang serta mahal buat membuat ekspedisi pesawat senantiasa bertahan.

Kamera Tipe Daguerreo

Kamera Tipe Daguerreo
sumber : wikia.com

Baru tidak senantiasa lebih baik dalam hal teknologi. Salah satu contohnya adalah kamera tipe Daguerreo, yang diciptakan oleh Prancis Louis Daguerre pada tahun 1839. Karena sampai sekarang Kamera ini dianggap sebagai jenis kamera yang memiliki kualitas pengambilan gambar terbaik sampai sekarang.

Tapi karena biaya yang mahal dan terbakarnya laboratorium milik Louis Daguerre, teknologi ini akhirnya di tinggalkan setelah di temukan kamera digital, meski kualitas jauh lebih buruk.

Jam Kalkulator

Jam Kalkulator
sumber : Tokopedia.com

Jika kita kembali ke tahun 80-an, tidak ada yang lebih keren daripada mempunyai jam tangan kalkulator. Gadget ini mulai dibuat semenjak tahun 1970- an, menjadi sangat populer bersama dengan kehadiran di televisi dan video game.

Namun lini milik perusahaan jam Casio yang diluncurkan pada tahun 1983 membuat mereka naik ke tingkatan yang lebih besar. Status ikonik milik mereka terjamin 2 tahun setelah itu, kala Marty McFly memakai Casio Databank CA53W Twincept dalam film Back to the Future( 1985).

Lini Databank Casio ini masih ada sampai hari ini, untuk menghibur Generasi X. Tapi pemakaian Jam tangan kalkulator saat ini hanya menjadi sebuah statement fashion retro daripada sebuah jam masa depan.

Apalagi dengan kemunculan Google Smartwatches, serta teknologi jam tangan canggih lainnya.

Baca juga : 5 Penemuan penting abad 21

Kaset dan Perekam VHS

Perekam vhs
sumber : Wikipedia.com

Teknologi terlupakan yang selanjutnya adalah teknologi Perekam VHS.

Untuk generasi 80 – 90an, Cuma sedikit teknologi yang memiliki nilai nostalgia semacam kaset VHS, yang ditemukan di Jepang tahun 1970- an. Seperti fonograf buatan Edison, VHS multiguna: dijual eceran dalam format pra- rekam ataupun kaset kosong yang sesuai untuk merekam pesta wisuda saudaramu.

Sampai saat ini, VHS masih banyak dicari oleh para peminat, serta masa kemundurannya juga tidak terjadi tiba – tiba. Meski meski Amerika sudah menciptakan format DVD yang lebih ramping pada tahun 1997, namun kedua format tersebut hidup berdampingan sepanjang sebagian tahun hingga penciptaan massal VHS dihentikan.

Washington Post yang terbit bulan Agustus 2005 melaporkan bahwa VHS “ wafat di usia 29”. mereka juga mencatat kalau 94, 7 juta rumah tangga AS masih mempunyai pemutar VCR. Belum lama ditahun yang sama itu, Revenge of the Sith jadi film Star Wars awal yang dirilis secara eksklusif dalam format DVD.

Ironisnya, 2005 pula menghadirkan film horor berjudul The Ring Two, mengulang premis dasar The Ring original tahun 2003, yang bercerita tentang rekaman VHS yang dikutuk.

ICQ (I Seek You)

Pada saat peluncurannya aplikasi ICQ menjadi primadona dan merajai aplikasi penyampaian pesan singkat dunia. Dengan teknologi ini orang – orang dapat mengirimkan pesan secara singkat melalui channel yang mereka masuki.

Tapi karena perkembangan dunia peran singkat ICQ, harus rela kehilangan para penggunanya pada kompetitor yang lebih mapan dan Hips.

Senapan Maxim.

Senapan mesin
sumber : Wikipedia.com

Senapan mesin pertama di dunia yang dioperasikan dengan rekoil ini di temukan oleh orang Amerika bernama Hiram Maxim pada tahun 1884, tapi di awal kemunculannya langsung merubah jalannya peperangan.

Perdana Menteri masa depan Inggris, Winston Churchill menjadi salah satu tokoh yang merasakan bagaimana mematikannya senjata ini pada Pertempuran Omdurman tahun 1894.

Saat Pasukan Inggris yang dipimpinnya berhasil mengalahkan 40. 000 prajurit Sudan yang jauh lebih banyak. Hanya Dalam waktu 5 jam, sekitar 10 ribu pasukan Sudan tewas, dengan hanya sekitar 20 orang Inggris saja yang tewas.

Walaupun rentan macet serta kehebatannya sudah kalah oleh persenjataan yang lebih efektif, Senapan Maxim telah menjadi saksi sejarah di Perang Dunia pertama, konflik besar di mana pasukan lawan silih berganti menembaki musuhnya dengan senapan otomatis.

Baca juga : Teknologi masyarakat kuno

OS/2.

Teknologi Terlupakan selanjutnya adalah OS/2 adalah sistem operasi hasil kerja sama antara Perusahaan Raksasa IBM dan Microsoft yang dipimpin oleh seorang programmer IBM bernama Ed Lacobucci. Salahnya proyek ini adalah proyek yang dibuat untuk menggantikan MS-Dos.

Tapi karena banyak costumer yang tak mau beralih ke OS/2 ini, terpaksa pada tahun 2006 Produksi di hentikan oleh IBM. Tapi pada tahun 2017 Sistem operasi ini berganti nama menjadi ArcaOs setelah dibeli oleh Arca Nose.

Real Player.

Real player
sumber : standaloneinstaller.com

Real player adalah aplikasi pemutar video pertama yang bisa melakukan Streaming video dan musik di dunia dan diciptakan pada tahun 1995 oleh perusahaan Real Network.

Setelah diperkenalkan Aplikasi ini langsung laris di pasaran, tapi setelah mulai terjadi banyak persaingan dalam servis streaming video dan musik seperti Spotify dan YouTube, aplikasi ini pun mulai di tinggalkan.

Bom Atom

Bom atom
Sumber : Wikipedia.com

I am become death, the destroyer of worlds

Joseph R. Oppenheimer

Quote diatas adalah cuplikan dari perkataan dari seorang ahli fisika asal Amerika Serikat, J Robert Oppenheimer setelah melihat Jatuhnya Bom Atom di kota Hiroshima dan Nagasaki. Saking dahsyatnya para sejarawan masih memperdebatkan apakah kehancuran Hiroshima serta Nagasaki tahun 1945 pada akhir Perang Dunia Kedua itu dibenarkan.

Mengingat 200 ribu jiwa orang Jepang kehilangan nyawa karena peristiwa Bom Atom. Wajar jika Bom atom menjadi teknologi terlupakan.

Bahkan fisikawan Arthur Compton berkata jika ia lebih kalah dalam perang daripada kemenangan yang diperoleh dengan menjatuhkan bom yang dapat mengakibatkan musibah besar kepada umat manusia.

Dan itulah kawan ke 10 Teknologi Terlupakan yang Mengubah Dunia. Sampai disini perjumpaan kita dan sampai bertemu dalam materi menarik lainnya.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks