Halo sobat, pernahkah kamu merasa jika membersihkan rumah itu adalah pekerjaan yang membosankan dan sangat merepotkan ? Pasti pernah iya.

Karena, kita tahu merapikan rumah itu adalah suatu pekerjaan yang tidaklah mudah dan memerlukan effort yang lebih. Karena kadang Rumah malah menjadi kotor karena cara yang kurang efisien.

Tapi tenang, kamu hanya perlu tips membersihkan rumah yang efektif dan tentu saja kami jamin tidak ribet !

Tak percaya ? mari kita lihat penjelasannya.

10 Tips Membersihkan Rumah yang Efektif dan Tidak Ribet!!

Cobalah Membersihkan Seluruh Rumah Sekaligus Bukan Hanya Satu Ruangan Setiap Hari.

Tips membersihkan rumah yang efektif
sumber : hidrosystemseurope.com

Tips membersihkan rumah yang efektif yang pertama adalah dengan membersihkan seluruh ruangan rumah sekalian, dibandingkan satu ruangan setiap harinya.

Dari pada kamu capek – capek tiap hari membersihkan ruangan – ruangan yang berbeda setiap harinya, Akan lebih efektif untuk membersihkan satu rumah sekaligus.

Kamu tak perlu melakukannya setiap hari, cukup luangkan waktu satu atau dua hari dalam seminggu. Hingga kamu tak perlu repot menyapu lantai setiap harinya.

Langkah ini, dilakukan agar kamu tidak merasa repot dan capek harus melakukannya setiap hari.

Selalu Membuang Barang – Barang yang tak Lagi Berguna

images 10 copy 1280x728 min
sumber : nia.nih.gov

Memang sih kadang mengumpulkan barang atau perabot di rumah itu adalah sebuah kesenangan (apalagi untuk kolektor) tapi kadang barang – barang yang dibiarkan tak terpakai itu akan menjadi tempat debu.

Jadi agar rumahmu tetap terlihat rapi selalu sortir, barang – barang apa saja yang masih kamu perlukan dan buang atau donasikan barang yang tidak lagi kamu pakai.

Tapi jika bagi kamu yang memang suka mengoleksi barang, kamu bisa mensortir juga barang – barang itu dan di tempatkan di sebuah ruangan khusus agar kamu tahu ruangan mana yang menjadi prioritas untuk kamu bersihkan.

Baca juga : cara menghilangkan kutu rambut

Tempatkan Alat – Alat Pembersih di Satu Tempat

images 6 copy 1280x805 min
sumber : nbcnews.com

Kadang, meski kita rajin membersihkan rumah, ada saja kejadian ataupun peristiwa yang membuat rumah menjadi berantakan. Apalagi bagi kamu yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak.

Jadi ada baiknya kamu sudah menyiapkan alat perang mu (maksudnya alat – alat pembersih) di satu tempat. Hingga jika sewaktu – waktu ada yang perlu kamu bersihkan. Kamu tak lagi repot mencari peralatan yang dibutuhkan.

Tidak lucu kan jika tiba – tiba lantai kamu basah, tapi kamu malah sibuk mencari keberadaan kain pel.

Keluarkan Sampah Saat Kamu Mau Berpergian, Jangan Biarkan Sampah Menumpuk

images 12 copy 1280x860 min
sumber : nytimes.com

Jangan biarkan ada sampai menumpuk, karena semakin lama akan semakin susah dan malas pula kamu untuk membuangnya.

Kamu bisa membuang sampah setiap pagi, atau malam. Atau saat kamu akan berpergian. Hingga nanti kamu menjadi lebih terbiasa dalam membuang sampah.

Fokus Pada Hal – Hal Kecil

Agar rumah kamu senantiasa terasa bersih. Kamu bisa untuk lebih fokus pada hal – hal kecil. Seperti merapikan majalah, mengatur ruangan dan perabotan, hingga berbagai benda yang terlihat berserakan dilantai.

Dengan melakukan ini di jamin deh, rumah kamu akan terkesan nyaman dan rapih setiap saat.

Fokus Pada Satu Pekerjaan Terlebih Dahulu

Pada saat bebersih, kita memerlukan fokus yang baik. Hingga sangat tidak dianjurkan untuk mencoba berbagai pekerjaan sekaligus.

Misalnya, jika pertama kamu menyapu lantai kamar tamu, jangan langsung mengepel, karena akan menyebabkan lantai malah jadi lebih kotor. Selesaikan dulu menyapunya, sampai semua debu hilang, baru deh pindah ke pekerjaan lainnya.

Bersihkan Toilet dan Kamar Mandi dengan Cairan Pembersih Kuman

images 7 copy 1280x1280 min 1
sumber : merrymaids.com

Toilet dan Kamar adalah tempat yang paling mungkin untuk menjadi sarang kuman. Jadi perlu perawatan yang khusus agar kamar mandi dan toilet tetap bersih dan sehat.

Bersihkan pegangan pintu, keran, dan semua permukaan yang ada di kamar mandi menggunakan cairan pembasmi kuman. Ingat, dalam membersihkan toilet dan kamar mandi kamu harus ekstra teliti.

Selain itu, untuk menjaga ruangan lain tetap bersih setelah keluar dari toilet dan kamar mandi. Selalu sediakan keset untuk mengeringkan kaki kami yang basah setelah keluar dari kamar mandi.

Baca juga : Cara mengusir tikus di rumah

Gunakan Kain Mikrofibre untuk Membersihkan Kaca

Gunakan kain Microfibre untuk membersihkan kaca dan jendela agar lebih bersih. Kamu dapat melakukannya dengan kain basah dan sabun dengan cara horizontal ataupun vertikal, lalu kamu lap kembali dengan kain yang kering.

Jangan lakukan gerakan memutar, karena akan meninggalkan goresan pada kaca dan jendela. Dan hindari mengeringkan kaca dengan kertas karena akan meninggalkan bekas pada kaca.

Bersihkan Bekas Minyak di Dapur dengan Lemon ataupun Deterjen.

images 8 copy 1280x853 min
sumber: cleaningspace.net

Kita tahu benar jika Membersihkan dapur adalah pekerjaan yang menyulitkan. Selain akan akan selalu berantakan sehabis kita masak (dan kita masak hampir setiap hari) juga karena noda dan bekas minyak yang kadang sulit di bersihkan.

Makanya kamu dapat menggunakan deterjen pembersih minyak biasa ataupun dengan menggunakan cairan lemon atau cuka (yang sudah di tambahkan pada larutan pembersih)

Jika noda masih membandel kamu bisa menggunakan baking soda pada larutan Pembersih.

Jadikan Bebersih sebagai kegiatan Kelompok

images 11 copy 1280x855 min
Sumber : pinterest.com

Tips membersihkan rumah yang efektif yang terakhir adalah jadikan membersihkan rumah sebagai kegiatan dan tanggung jawab kelompok.

Karena akan sangat sulit, jika membersihkan rumah hanya dilakukan seorang diri (apalagi untuk para ibu).

Jadi akan lebih baik dan menyenangkan untuk menjadikan kegiatan membersihkan rumah sebagai kegiatan rutin bersama anggota keluarga yang kamu sayangi.

Tapi tentu saja jika kamu merasa malas untuk membersihkan rumahmu kamu bisa menyewa orang untuk bersih – bersih, tapi jika ada cara yang murah dan gratis kenapa memilih untuk mengeluarkan uang ?

Dan itulah kawan tips membersihkan rumah yang efektif, semoga bermanfaat dan bisa kamu praktek di rumah.

Sampai jumpa di informasi yang menarik dan bermanfaat lainnya, hanya di Ilmusaku.com

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks