10 Tips Merawat T-shirt dan Kaos Kesayanganmu agar tetap Awet

Halo sobat, siapa diantara kalian yang mengganggap dirinya sebagai pencinta t-shirt atau kaos? Pasti hampir semua orang suka iya. Selain nyaman merawat t-shirt dan kaos tidak terlalu sulit loh.

Walau gampang tak semua orang tahu cara merawat t-shirt kesayangan mereka. Jujur deh, kalian meski sering memakai t-shirt cenderung cuek dan tidak tahu cara merawat t-shirt dan kaos yang baik.

Tapi tenang kami telah menyiapkan untuk kamu :

Tips Merawat T-shirt dan kaos Kesayanganmu agar tetap Awet.
Merawat t-shirt dan kaos
Sumber : titatee.com

Balikan Bagian dalam Kaos saat Mencuci.

Mencuci kaos dan t-shirt
Sumber : guardian.com

Tips merawat kaos yang pertama adalah membalikan bagian kaos saat di cuci.

Kamu tahukan banyak sekali kaos atau t-shirt yang memiliki cetakan sablon di bagian depan kaos. Jadi agar tampilan kaos kamu tidak rusak saat di cuci, pastikan untuk membalik bagian depan kaos kamu agar sablonan tidak langsung terkena sabun.

Sayangkan jika gambar depan kaosmu yang keren itu, luntur atau hilang dan memudar saat di cuci. Jadi mulai sekarang balikan kaos sebelum mencuci.

Jangan lupa untuk Membaca Panduan di Label Kaos

images 40 1 copy 1200x1015 min
Sumber : placeit.net

Saat membeli Kaos atau T-shirt. Selalu perhatikan petunjuk pemakaian dan perawatan pada label T-shirt kamu. Karena setiap pakaian pasti memiliki material dan cara perawatan yang berbeda-beda agar T-shirt kamu senantiasa awet.

Biasanya ada pada bagian dalam leher. Label tersebut pun akan diisi oleh instruksi berupa logo dan gambar yang mudah untuk kamu pahami.

Pisahkan Kaos Berdasarkan Warna dan Kotornya

Packing kaos
sumber : indiamart.com

Oke, meski terdengar sangat sederhana hal ini sebenarnya sangatlah penting loh. karena untuk menghindari warna kaosmu jadi cepat luntur dan bahkan bercampur.

Begitu juga dengan T-shirt yang kotor, pisahkan antara yang paling kotor, sedikit noda, dan tidak ada noda. Hal ini juga berfungsi untuk menghindari noda jadi bercampur.

Meski saya tahu sih, Kebanyakan dari kita pasti menyatukan semua pakaian kotor kita dalam satu tempat. Tapi gak salah bukan untuk berubah menjadi lebih baik.

Baca juga : Tips Merawat Anggrek.

Jangan terlalu lama merendam kaosmu dalam larutan detergen!

Cuci deterjen
Sumber : freepik.com

Meski kaos kita terdapat noda membandel, jangan pernah tinggalkan kaos favoritmu dalam rendaman larutan deterjen terlalu lama, karena akan merusak seluruh bagiannya.

Cukup lakukan perendaman paling lama selama 20-30 menit dan jangan lebih. Hal penting yang harus kamu ingat, jangan menggunakan banyak deterjen, karena kandungan kimianya akan membuat tekstur pada kaos kamu jadi rusak dan kasar.

Baca Juga : Tips Menghilangkan noda pakaian

Hindari Menyikat T-shirtmu jika dirasa tidak perlu

images 42 1 copy 1200x1200 min
Sumber : tinkleo.com

Selalu menghindari menyikat T-shirt dan kaos kamu jika tidak ada noda yang membandel. Hal ini hanya akan membuat tekstur dari pakaian kamu jadi rusak, kasar dan longgar.

Sekiranya kamu masih bisa dengan menggunakan tangan untuk mengucek dengan tangan.

Hindari Menggunakan Larutan Pemutih Pakaian

images 43 copy 1200x800 min
Sumber : cleanipedia.com

Meskipun larutan pemutih pakaian biasa digunakan pada pakaian berwarna putih, akan tetapi beberapa orang juga menggunakannya untuk menghilangkan bekas noda yang dianggap membandel dan susah di bersihkan.

Kami tidak merekomendasikan itu loh, karena zat kimia yang ada di sana akan dengan mudah membuat warna kaos memudar, sablon terkelupas, dan menipiskan kain hingga akan terasa belel.

Segera Cuci T-shirt atau kaos yang Terkena Noda.

20210127 161808 0000 min copy 1200x1200 min

Kaos memang sangat nyaman digunakan untuk beraktivitas di luar ruangan. Tapi karena itu, membuat kaos kita jadi sering terkena noda.

Tapi jangan biarkan kaos yang bernoda menumpuk, karena akan sangat sulit dibersihkan.

Jangan gunakan Gantungan saat Menjemur Kaos Basah

images 45 1 copy 1280x849 1 min
Sumber : grid.com

Penggunaan Hanger atau Gantungan untuk kaos favoritmu saat menjemur dapat menyebabkan kerah t-shirt milikmu longgar, apalagi kamu menjemurnya saat keadaan basah.

Ketika kamu memakai gantungan, kamu akan memasukan gantungan tersebut lewat kerah secara paksa hingga akan melebar. Apalagi saat dalam posisi basah, beban air yang turun ke bawah akan membuat kaos kamu longgar dan tertarik.

Tapi saat kaos dalam keadaan kering, kamu bisa menggantungnya, itupun jika gantungan itu dimasukkan dari bagian bawah.

Jangan terlalu sering menjemur dengan sinar Matahari langsung

images 44 1 copy 1200x800 min
Sumber : dekoruma.com

Terkena Sinar Matahari yang terik dan panas akan dengan mudah merusak warna pada kaos favorit kamu lho!.

Jadi ada baiknya letakkan kaos yang sudah kamu cuci di tempat yang sejuk dan tidak langsung terpapar dengan sinar matahari.

Hindari penggunaan mesin pengering

images 46 1 copy 1200x1563 min
sumber : Wikipedia.com

Oke, saya tahu kalau mesin pengering itu memang membuat kaos atau t-shirt kita lebih cepat kering. Tapi ternyata penggunaan mesin pengering dapat merusak kaosmu loh!

Penggunaan Mesin pengering yang berlebihan dapat merusak gambar di kaosmu.

Dan itulah kawan tips merawat t-shirt dan kaosmu, semoga bermanfaat.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com