11 Pertanda Akhir Jaman Menurut Islam, Yang Wajib Kamu Tahu!

Halo sobat, Kali ini kita akan membahas tentang 7 Pertanda Akhir Jaman Menurut Islam. Karena kita tahu dan sadar jika bagi orang yang beragama islam beriman pada hari akhir adalah salah satu keharusan.

Menurut Islam sendiri di akhir jaman akan terdapat 2 kiamat. Yaitu kiamat Sugra dan Kiamat Kubro. Kiamat Sugra berarti Kiamat Kecil. Sederhananya, kiamat sugra dapat kita artikan sebagai kematian seseorang ataupun sebagian makhluk di muka bumi.

Sedangkan Kiamat Kubro, adalah Kiamat Besar. Kiamat yang sebenarnya. Yang kedatangannya meski umat Islam imani berdasarkan Al-Qur’an surat Al-Qari’ah ayat (1-11) dan Surat Al-Hajj: (7) dan Surat An-Naml (87) dan juga hadis dari Rasulullah.

Dalam islam, ada beberapa Pertanda datangnya hari akhir yang pasti akan terjadi. Menurut Imam Al-Qurthubi dalam kitabnya “At-Tadzkiratu fi ahwal al-mawta wa ahwal al-akhirah” terdapat beberapa tanda kiamat yang akan datang. Seperti tanda – tanda berikut ini.

11 Pertanda Akhir Jaman Menurut Islam yang wajib Kamu Tahu !
Ilustrasi (Sumber : zeenews.com)

Meninggalnya Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan Rasul terakhir. Yang dijanjikan untuk menjadi nabi akhir zaman. Menurut HR Bukhari dan Muslim, Nabi bersabda jika :

قَالَ صلى الله عليه وسلم: “بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ”، وَضَمَّ السَّبَّابَةَ وَالوُسْطَى.

Artinya :

  • “Masa Aku telah diutus dan kiamat seperti posisi dua jari ini (jari tengah dan ibu jari).” (HR Bukhari dan Muslim).

Munculnya Berbagai Macam Fitnah.

Jika kita melihat media sosial, televisi ataupun berbagai tempat saat ini. Banyak sekali kita temukan berbagai macam gosip, hoax – hoax ataupun konspirasi yang tak terbukti benar hingga menimbulkan fitnah.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan tak akan terjadi Kiamat jika belum terjadi atau belum bermunculan fitnah yang bercampur di dalamnya kebenaran dan kemungkaran.

Baca juga : 7 Iblis Lambang Dosa Besar.

Munculnya Api Besar di Yaman

Menurut HR. Bukhari & Muslim ” Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz (daerah Yaman), yang akan menerangi leher onta daerah Bushra.”

Lalu kita api itu muncul, manusia dari timur dan barat akan berbondong-bondong untuk berkumpul di tempat dimana api itu berada. FYI, saat ini kota Aden, Yaman berada di atas gunung api yang aktif.

Di sana terdapat sebuah lembah bernama Lembah Barhut, yang terletak di lereng kota Aden. Masyarakat sekitar menyebutnya Wadi an-Nar (Lembah Api).

Kembali Suburnya Jazirah Arab.

Sumber : detik.com

Tanda akhir jaman Menurut islam yang ke-empat adalah ketika tanah Arab yang telah berabad-abad dikenal sebagai tanah gurun pasir atau tanah yang gersang kembali menjadi tempat yang subur dan sejuk.

Dikutip dari Republika.co.id (2021) dalam hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: Tidak akan terjadi hari kiamat, sebelum harta kekayaan melimpah ruah dan tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai.”

Munculnya Kabut (dukhan)

Dukhan atau bencana kabut besar mematikan yang menjadi pertanda Akhir Jaman Menurut Islam. Dukhan sendiri muncul dalam surat Ad dukhan ayat 10 sampai 15, yaitu ketika munculnya asap atau kabut yang menyelimuti Bumi selama 40 hari dan 40 malam.

Dikatakan munculnya Dukhan ini akan terjadi pada Fase ke-empat Akhir Jaman menurut Islam. Dimana seluruh umat Islam dipimpin oleh penguasa yang Zalim dan Diktaktor (Dajjal)

Munculnya Dabbah (Binatang) dari dalam Bumi.

Dalam Al-Quran Surat An-Naml ayat 82 : ALLAH SWT berfirman.

“Apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan seekor dabbah dari dalam bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami,” (Qs. An Naml : 82)

Rasulullah SAW bersabda bahwa Dabbah ini akan menjadi salah satu pengingat Umat Islam untuk selalu bertaubat kepada ALLAH SWT. Karena dikatakan jika setelah 3 perkara besar kiamat sudah terjadi. (Dabbah, Dajjal dan Matahari Terbit di Barat) maka amal dan taubat manusia akan sia – sia.

Baca juga : 13 Dewa dan Dewi Yunani Kuno

Munculnya Al-Masih Ad-Dajjal

Ilustrasi (sumber : pinterest.com)

Al-Masih Ad-Dajjal (Anti Christ dalam Agama Kristen) adalah sosok yang menjadi salah satu tanda akhir zaman dan kiamat. Dajjal diceritakan hanya memiliki satu mata dengan mata sebelah kanan yang buta dan tanda Kafir yang hanya dapat dilihat oleh orang beriman.

Dia Dajjal akan menyebarkan Fitnah besar, karena dan menjadi Penyelamat Palsu (Al-Masih) karena dapat menyembuhkan orang sakit, menghidupkan orang mati dan merubah keimanan manusia untuk melupakan ALLAH SWT.

Munculnya Yajuj dan Majuj.

Ya’juj dan Ma’juj atau Gog dan Magog (dalam Ibrani) adalah dua suku yang akan muncul pada akhir zaman menurut Islam. Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi.

Sifat mereka dikatakan sangat keras, kasar, biadab, sombong, gigih, senang berperang, merampok, membunuh, merusak, memperkosa korbannya dan mereka tidak menyukai umat lain selain mereka sendiri.

Mereka ditakdirkan untuk bertempur dengan Nabi Isa AS di bukit Bukit Thursina.

Lahirnya Imam Al Mahdi

Dikatakan Imam Al-Mahdi adalah seorang muslim yang masih keturunan dari Nabi Muhammad SAW dan ditakdirkan untuk oleh ALLAH SWT untuk menjadi Pemimpin yang Jujur dan Adil dan menghancurkan kemungkaran sebelum hari Kiamat datang.

Menurut Hadist Rasulullah, dikatakan jika Imam Mahdi berasal dari umat Muhammad, memiliki kening lebar, berhidung panjang dan mancung, dan umur kekhalifahannya berumur tujuh tahun.

Kemunculan Imam Mahdi akan didahului oleh beberapa tanda-tanda, sebagai berikut :

  • banyaknya perselisihan antara manusia
  • Banyak terjadi gempa bumi
  • Penyerangan Baitullah (Kota Mekah dan Madinah)
  • Seseorang akan dibaiat di antara makam Ibrahim dengan sudut Kabah.

Kepemimpinan Imam Mahdi sangat dibenci oleh Dajjal hingga akan terjadi Pertempuran dan saat itulah ALLAH SWT menurunkan Nabinya yaitu Isa bin Maryam.

Turunnya Isa bin Maryam

Bagi umat Islam seperti dalam surat Ali Imran Ayat 55 yang mengatakan jika Nabi Isa tidaklah dibunuh oleh orang-orang Yahudi dan Romawi melainkan Allah mengangkat Nabi Isa ke langit. 

Hingga pada hari akhir nanti Beliau akan turun ke bumi untuk meluruskan kembali umat manusia ke jalan ALLAH SWT dan menghancurkan Yajuj dan Majuj dan juga memberi hukuman pada Dajjal.

Terbitnya Matahari dari Arah Barat

Sumber : all-free-download.com

Tanda Akhir zaman menurut Islam yang terakhir adalah terbitnya matahari dari arah barat. Seperti yang kita tahu jika setiap harinya matahari selalu terbit dari timur dan terbenam dari barat. Tapi di hari akhir nanti Matahari akan terbit dari arah barat.

Dan disaat itu, semua pintu taubat manusia yang dimiliki oleh manusia akan di tutup dan menjadi awal dari penghancuran besar dan awal dari penghakiman.

Baca juga : 7 Hantu terseram dari Jepang

Dan itulah kawan ke 11 Pertanda Akhir Jaman menurut Islam. Semoga informasi ini menjadi pengingat bagi kita untuk selalu berusaha menjadi lebih baik dan untuk selalu bertobat di jalan ALLAH SWT.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version