11 Struktur Proposal Skripsi, Mahasiswa Wajib Tahu!

Halo sobat, hari ini kita akan membahas tentang 10 Struktur Proposal Skripsi dan Pengertian skripsi adalah, untuk membantu kamu saat menyiapkan proposal penelitian untuk menyelesaikan skripsi dan tugas akhir mu.

Proposal adalah rencana kegiatan dan penelitian yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan kamu kerjakan.

Skripsi sendiri adalah suatu karya tulis ilmiah berupa paparan hasil penelitian seorang mahasiswa tingkat akhir di jenjang S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku

Rencana tersebut harus dituliskan agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik, memberikan izin, dan menyumbangkan dana supaya kegiatan tersebut bisa terlaksana.

Untuk dapat menulis proposal skripsi yang baik mari kita cari tahu sama – sama.

Bentuk Proposal Skripsi.

Proposal skripsi dan struktur proposal skripsi

Menurut bentuknya proposal skripsi dapat kita lagi bagi menjadi dua bagian yakni proposal skripsi mini dan proposal skripsi penuh.

Proposal skripsi mini

Proposal skripsi mini merupakan bentuk proposal yang hanya memiliki satu bab yang telah mencakup tiga bab skripsi.

Proposal skripsi penuh

Proposal skripsi penuh merupakan bentuk proposal skripsi dengan susunan dalam bentuk bab, dengan susunan penulisan yang sistematis.

Baca juga : Contoh surat pengantar

Struktur penulisan proposal

secara umum berikut bagian-bagian yang sebaiknya ada di dalam proposal :

Lembar Pengesahan.

Lembar pengesahan adalah halaman pengesahan skripsi yang akan dibuat. Di halaman ini, biasanya ketika ujian proposal, dibuat hanya saja tidak dibubuhi tanda tangan dosen pembimbing.

Judul.

Judul penelitian harus spesifik, singkat dan menggambarkan masalah yang diteliti. Judul maksimal 20 kata, jelas dan tidak membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam atau dapat menggunakan sub judul jika terlalu panjang.

Latar Belakang

Dalam bagian ini dikemukakan tentang kejadian, keadaan, atau hal yang melatarbelakangi suatu penelitian skripsi.

Apabila judul skripsi yang diusulkan itu berupa kesehatan penduduk desa, yang kita kemukakan dalam latar belakang adalah hal yang menjadi masalah di desa tersebut.

Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian.

Secara rinci dan spesifik kita perlu menyebutkan masalah dan tujuan-tujuan kegiatan. Rumuskanlah tujuan-tujuan itu dengan rasional dan persuasif sehingga yang membacanya tertarik pada tujuan-tujuan tersebut.

Ruang Lingkup Penelitian

Penelitian yang diusulkan harus dijelaskan batas-batasnya. Membatasi ruang lingkup persoalan kegiatan, sekurang-kurangnya memberikan dua manfaat.

Dapat lebih terlihat oleh pengusul duduk persoalan dari penelitian yang akan dilakukannya. Bagi penerima usul, suatu deskripsi yang konkret dan jelas akan lebih mudah pula dilihat kebaikan dan kelemahannya.

Baik pengusul maupun penerima usulan masing-masing akan menguji masalah itu dari ruang lingkup itu dengan bahan-bahan literatur yang ada.

Manfaat Penelitian.

Menjelaskan manfaat penelitian secara teoretis dan praktis serta menjelaskan pihak-pihak yang akan memperoleh manfaat dari hasil penelitian tersebut.

Kajian Pustaka.

Kajian pustaka didasarkan pada sumber kepustakaan primer, yaitu bahan pustaka yang isinya bersumber pada temuan penelitian. Sumber kepustakaan sekunder dapat dipergunakan sebagai penunjang. Pemilihan bahan pustaka yang akan dikaji didasarkan pada dua kriteria, yaitu mutakhir (sepuluh tahun terakhir) dan relevan.

Beberapa bagian dalam kajian pustaka

  • Landasan Teori, Bagian ini membahas tentang teori-teori dan pendapat orang yang digunakan menelaah dan menganalisis masalah yang diteliti. Teori dan pendapat orang disintesis, sehingga berguna untuk menjawab masalah secara teoretis dalam bentuk kerangka pikir dan sebagai dasar menyusun hipotesis.
  • Kajian Penelitian yang Relevan, Bagian ini membahas hasil-hasil penelitian yang termuat dalam buku teks, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, prosiding, dan karya ilmiah lain.

Kerangka Teoretis dan Hipotesis (Jika Perlu)

Dalam hal ini dikemukakan telaah terhadap teori atau hasilhasil penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan. Telaah itu bisa berupa perbandingan, pengontrasan, dan peletakan teori-teori itu pada masalah yang akan diteliti.

Teori-teori itu merupakan dasar argumentasi bagi pengusul dalam meneliti persoalanpersoalannya sehingga diperoleh jawaban yang dapat diandalkan.

Dari teori-teori yang dikemukakan itu, penerima usul bisa memahami bobot usulan itu di samping dapat mengetahui pula penguasaan pengusul terhadap kegiatan yang diusulkannya.

Metode Penelitian

Pada bagian ini, dikemukakan metode penelitian yang akan dilaksanakan, termasuk teknik-teknik pengumpulan data. Dalam hubungan ini dapat disebutkan metode historis, deskriptif, ataupun eksperimental.

Sementara itu, dalam hal teknik pengumpulan data dapat disebutkan teknik angket (kuesioner), wawancara, observasi, studi pustaka, atau tes. Dalam bagian ini harus juga dikemukakan rencana pengolahan data yang diperlukan.

Melalui metode-metode yang digunakan, kegiatan penelitian yang direncanakan itu dapat dinilai oleh penerima usul, yakni apakah rencana itu akan diperoleh hasil yang memuaskan atau tidak.

Hal yang harus ada di metode penelitian :

  • Pendekatan dan Jenis Penelitian
  • Tempat dan Waktu
  • Sumber Data
  • Teknik Pengumpulan Data
  • Teknik Analisis Data

Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi atau literature yang telah digunakan untuk penelitian. Referensi tersebut bisa diambil dari buku, jurnal, maupun sumber elektronik maka harus disertakan dalam halaman daftar pustaka

Lampiran

Lampiran merupakan halaman yang berisi scanan atau potokopi lampiran berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melengkapi data-data penelitian dalam tugas akhir. Baik berupa surat penelitian ataupun berkas-berkas dari tempat penelitian.

Baca juga : Penulisan Penelitian Sosial.

Tips Menemukan Ide untuk Proposal

  • Usahakan dalam mencari ide skripsi sudah dilakukan sebelum semester akhir menjelang
  • Cermat mengamati berita terbaru. Hingga kita akan menemukan permasalahan-permasalahan yang perlu dibahas dan di teliti.
  • Banyak membaca buku dan memahami teori-teori. Untuk Mencari referensi atau literatur yang banyak untuk mendukung penelitian kamu
  • Banyak berdiskusi dengan teman-teman sejurusan, dosen, maupun orang-orang profesional di bidang tertentu.
  • Membuat tahapan-tahapan dalam penelitian kamu.
  • Buat judul skripsi yang bagus untuk skripsimu.

Baca juga : Penulisan Essai.

Dan itulah kawan struktur penulisan proposal untuk skripsimu, semoga ini dapat membantumu untuk menghadapi tugas akhir.

Kami doakan, kamu lulus dengan baik ya kawan, sampai jumpa di Informasi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com