12 Malaikat dalam Agama Samawi

Halo sobat kali ini saya akan membahas tentang 12 Malaikat dalam Agama Samawi. Pengertian agama Samawi adalah agama yang turun dari langit berlandaskan wahyu Tuhan. Agama samawi diwahyukan pada para rasul yang mengajarkannya pada manusia

Malaikat – Malaikat ini biasanya disebut sebagai Archangel adalah malaikat – malaikat yang diwakili dalam agama Samawi atau agama Kristen, Yahudi, dan Islam sebagai malaikat-malaikat yang dekat dengan Tuhan dan memiliki peran-peran khusus dalam menjalankan kehendak Tuhan.

Selain 12 Malaikat dalam Agama Samawi ini terdapat Juga malaikat Cerubim dan Seraphim yang dianggap berada di tingkatan lebih tinggi.

12 Malaikat dalam Agama Samawi.

Di agama Samawi (Islam, Kristen dan Yahudi) para Archangel atau malaikat penghulu merupakan makhluk langit yang diciptakan oleh Tuhan untuk melayani dan menyampaikan pesan-pesan kepada manusia. Ada beberapa Archangel yang sering disebutkan dalam kitab suci Kristen, di antaranya adalah:

Berikut ini adalah 12 Malaikat dalam Agama Samawi :

Michael

12 Malaikat dalam Agama Samawi
Gambaran Malaikat Michael

Michael: Archangel pertama yang termasuk malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai pemimpin para Malaikat yang memimpin tentara malaikat dalam perang melawan Iblis (Lucifer) dan tentara iblis-iblis lainnya.

Dalam Islam Michael disebut juga sebagai malaikat Mikail. Malaikat Mikail adalah malaikat yang diberi tugas untuk mengatur urusan makhluk Allah SWT sekaligus mengatur rezeki terutama kepada manusia. Ia bertugas mengatur air, menurunkan hujan atau petir, membagikan rezeki kepada manusia termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Gabriel.

images 1 min
Sumber : Logos.com

Gabriel: Archangel kedua yang termasuk dalam malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai Arcangel yang memberikan wahyu Tuhan kepada nabi-nabi dan orang-orang yang dipilih oleh Tuhan.

Dalam Islam, Gabriel disebut dengan Malaikat Jibril. Sama seperti Dalam dua agama Samawi lainnya tugas Jibril adalah untuk memberikan Wahyu kepada para nabi, hanya saja dalam Islam Jibril dianggap sebagai pemimpin para Malaikatnya.

Raphael.

images 2

Raphael: Archangel ketiga yang termasuk malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai Archangel yang menyembuhkan dan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang sakit atau terluka.

Uriel.

download

Uriel: adalah Archangel keempat dalam malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai Archangel yang menyalakan api pada hari kiamat dan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang terluka di dalamnya.

Dalam tradisi Kristen, Dia sering digambarkan membawa buku atau gulungan papirus yang melambangkan kebijaksanaan. Uriel adalah pelindung seni.

Selaphiel.

260px 09473jfPlaridel Bulacan Welcome Roads Church Landmarksfvf 35 min
Patung Malaikat Selaphiel

Selaphiel: Archangel kelima yang termasuk kedalam malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai Archangel yang mengelola dan menjaga langit-langit.

Selaphiel sering dipandang sebagai Santa Pelindung doa bagi anggota Gereja Ortodoks Timur dan beberapa tradisi Katolik. Dalam beberapa tradisi Ortodoks, dia membantu orang menafsirkan mimpi, mematahkan kecanduan, melindungi anak-anak, memimpin pengusiran setan, dan menguasai musik di surga.

Jegudiel.

download 1
sumber : wikia.com

Jegudiel: Archangel keenam yang termasuk malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai Arcangel yang ditugasi untuk menjadi penasihat dan pembela semua orang yang bekerja dalam posisi tanggung jawab untuk kemuliaan Tuhan, seperti raja, hakim, dan lainnya.

Dia sering digambarkan dalam ikonografi memegang mahkota dan cambuk berjari tiga di tangannya, yang melambangkan pahala dari Tuhan bagi orang benar dan hukuman bagi orang berdosa.

Menurut gereja Ortodoks Timu biasanya dia digambarkan dengan memegang mahkota di tangan kanannya, dan tongkat atau tongkat di tangan kirinya.

Barachiel.

download 2
Sumber : fandom.com

Barachiel: Archangel ketujuh yang termasuk malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai Archangel yang ditugaskan oleh Tuhan untuk mengawasi para petobat (juga disebut “anak angkat Tuhan”) untuk membantu mereka dalam kehidupan mereka.

Barachiel terkadang digambarkan dengan memegang mawar putih di dada, atau dengan kelopak mawar tersebar di pakaian terutama jubah

Raziel.

download 3

Raziel: Archangel kedelapan yang malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai Arcangel yang mengelola dan menjaga ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan dia juga Malaikat Rahasia dan Misteri.

Dia juga disebut “Penjaga Semua Ilmu Sihir.” Dia adalah salah satu malaikat yang terkait dengan sephirah Chokhmah dari Kabbalah, bersama Malaikat Jophiel.

Remiel.

Remiel: Archangel kesembilan yang termasuk malaikat dalam agama samawi. Ia dianggap sebagai Archangel yang mengelola dan menjaga alam baka. Remiel juga dikenal sebagai Jeremiel dalam terjemahan tertentu buku Esdras.

Zadkiel.

download 4
ilustrasi malaikat Zadkiel (sumber : fandom.com)

Zadkiel – dianggap sebagai pelindung kemurahan hati, serta dianggap sebagai malaikat yang bertugas membantu seseorang memahami dan menghargai kemurahan hati. Dalam Tradisi Kristen Malaikat Zadkiel lah yang menghentikan Abraham atau nabi Ibrahim ketika akan menyembelih anaknya Ismail.

Metatron.

images 4 min

Metatron – dianggap sebagai pelindung kebenaran, serta dianggap sebagai malaikat yang bertugas menyampaikan kebenaran kepada manusia. Metatron sendiri muncul sebanyak 3 kali dalam Talmud. Dalam tradisi Islam , ia juga dikenal sebagai Mitratrun atau Malaikat Tabir. Dalam tradisi Yahudi Metatron adalah Malaikat yang tertinggi.

Baca juga : 7 Iblis Lambang Dosa besar .

Dan itulah kawan penjelasan mengenai 12 malaikat dalam agama samawi, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock