13 Dewa dan Dewi Yunani Kuno, Terkenal Hingga Kini

Halo Sobat, hari ini kita akan membahas tentang Dewa dan Dewi Yunani kuno yang sampai sekarang tetap populer dikalangan masyarakat luas, hingga sering diangkat ke dalam berbagai bentuk hiburan populer seperti film, musik dan game.

Sebenarnya dalam tradisi agama pagan Yunani, Hanya terkenal 12 Dewa Utama Yunani seperti Zeus, Hera, Poseidon, Demeter, Athena, Apollo, Artemis, Ares, Hephaestus, Aphrodite, Hermes dan Dyonisius. Tapi itu pun karena Hades, salah satu tiga dewa utama Yunani tinggal di dunia bawah, bukan di Olympus.

Dan kadang ke-12 Dewa ini selalu berubah dengan Hestia, Hercules dan Dyonisius selalu berganti-ganti tempat di hati warga Yunani.

Tradisi tentang 12 Dewa dan Dewi Yunani ini dapat kita telusuri ke Athena abad ke-6 SM dan mungkin sudah di mulai pada saat periode Mycenaean.

Nah, Sobat jika penasaran untuk tahu lebih banyak tentang ke 12 + 1 Dewa Yunani mari kita simak materinya sama – sama.

13 Dewa dan Dewi Yunani Kuno, Terkenal Hingga Kini

Zeus (Raja Para Dewa)

Dewa dan Dewi Yunani, Zeus
Sumber : Wikipedia.com

Zeus atau lebih dikenal oleh orang Romawi sebagai Jupiter, ayah dari para dewa dan manusia, penguasa tertinggi di Gunung Olympus, dan penguasa langit, petir, guntur, hukum, ketertiban, keadilan.

Dia adalah Anak bungsu dari Titans Kronos dan Rhea. Saudara dari Poseidon dan Hades. Dia berhasil mengalahkan ayahnya sendiri, Kronos dalam perang panjang antara Dewa dan Titan untuk memperebutkan kekuasaan dunia dalam perang yang disebut Titanomachy menggunakan petir yang di tempa oleh para Cyclops.

Setelah berhasil mengurung Para Titan, Dia dan kedua kakaknya membagi dunia dengan cara undian. Poseidon mendapatkan Lautan, Hades mendapatkan Dunia bawah dan Zeus mendapatkan Langit dan Bumi.

Zeus juga terkenal karena memiliki banyak sekali istri dan kekasih hingga dia memiliki banyak anak mulai dari Dewa hingga Mortal (Manusia, hewan dan lainnya.)

Dia menikahi adiknya sendiri, Hera. Yang sering cemburu buta karena Zeus yang dikenal mata keranjang. Simbolnya termasuk petir, elang, pohon ek, tongkat kerajaan, dan timbangan.

Hera (Ibu Para Dewa)

Hera
Sumber : Wikipedia.com

Hera (nama Romawi: Juno), istri dari Zeus dan ratu para dewa Yunani kuno, di simbol sebagai wanita ideal dan dewi pernikahan dan keluarga.

Namun, dia mungkin lebih terkenal karena sifatnya yang pencemburu dan pendendam. terutama kepada kekasih suaminya dan keturunannya yang tidak sah seperti Herkules.

Karena alasan ini dia pernah melakukan pemberontakan pada Zeus, yang tentunya diketahui oleh suaminya itu, yang lalu menghukumnya dengan menggantungnya di atas langit sampai dia berjanji tak lagi memberontak.

Simbol dari Dewi Hera adalah burung merak, burung kukuk, dan sapi.

Baca Juga : 5 Tempat Seram di Dunia.

Poseidon (Penguasa Lautan)

Poseidon
Sumber : Wikipedia.com

Poseidon (Nama Romawi :Neptunus) adalah saudara dari Zeus dan Hades, putra tengah Kronos dan Rhea. Setelah mengalahkan ayah mereka, dia mendapatkan bagian sebagai Penguasa Lautan.

Poseidon adalah Dewa lautan, gempa bumi, dan gelombang pasang. Dia menikah dengan Ner eid Amphitrite, cucu dari Titan Oceanos, Tapi seperti kebanyakan Dewa Yunani lainnya, dia memiliki banyak sekali kekasih.

Senjatanya adalah trisula, yang katanya memiliki kekuatan dahsyat karena dapat mengguncang bumi, dan menghancurkan benda apapun. Simbol Poseidon termasuk kuda, banteng, dan lumba-lumba.

Demeter (Dewi Kesuburan)

Demeter.
Sumber : wikipedia.com

Demeter (Nama Romawi :Ceres) adalah Dewi kesuburan, pertanian, alam, dan musim. Sejarah Demeter bahkan lebih tua dari Para Dewa Yunani sendiri, karena diperkirakan jika Demeter telah disembah sejak jaman Perunggu di Yunani hingga lebih tua dari ke 12 Dewa lainnya.

Tapi dalam cerita mitologi Yunani, Dia adalah Putri Kronos dan Rhea, saudara perempuan Zeus, Poseidon, Hades, Hera, dan Hestia, Demeter juga adalah ibu dari Persefone (Istri Hades) dan iacchus (keduanya adalah anaknya dengan Zeus) dan Pluto, dewa kekayaan (Anak seorang manusia yang di habisi oleh Zeus dengan petir karena cemburu)

Simbolnya termasuk opium, gandum, obor, tumpah ruah, dan babi.

Baca Juga : Teknologi Terlupakan yang Mengubah Dunia

Athena (Dewi Pelindung Athena)

Athena
Sumber : Britannica.com

Athena (Nama Romawi :Minerva) adalah putri Zeus dan Oceanid Metis (Anak dari Titan Oceanus dan Tethys) . Dia tumbuh dewasa memakai baju besi yang terbuat dari dahi ayahnya Zeus, setelah Zeus menelan ibunya Metis yang berubah menjadi lalat.

Dia sangat kuat dan memiliki kemampuan dalam berperang, meski hanya dalam melindungi dari serangan musuh. Dia adalah pelindung Athena, dewi kerajinan tangan, dan pertanian.

Dia juga dalam mitologi Yunani mengajarkan manusia membuat tali kekang, agar manusia dapat menjinakkan kuda, terompet, seruling, periuk, penggaruk, bajak, kuk, kapal, dan kereta.

Dia adalah anak kesayangan Zeus, hingga dia sering diizinkan untuk menggunakan petir Zeus. Kota favoritnya adalah Athena, yang dinamai berdasarkan namanya, dan dia adalah pelindung kota itu. Simbol dari Athena adalah burung hantu dan pohon zaitun.

Hestia (Dewi Perapian)

Hestia
Sumber : Wikipedia.com

Dewa dan Dewi Yunani selanjutnya adalah Hestia (Nama Romawi : Vestia) anak pertama dari Cronus dan Rhea, kakak perempuan tertua Hades, Demeter, Poseidon, Hera, dan Zeus dan Dia disebut sebagai Dewi Perawan dan Perapian.

Hestia mungkin adalah Dewi paling normal dalam mitologi Yunani, karena berbeda dari saudara – saudaranya yang lain, Hestia tidak memiliki cerita tentang keburukannya.

Untuk menghormatinya, Dulu di setiap kota di Yunani kuno memiliki perapian umum yang disucikan untuk Hestia, di mana api tidak pernah diizinkan untuk padam. Hestia memiliki simbol rumah dan Perapian.

Baca Juga : Perang Terbesar di Dunia.

Apollo (Dewa Cahaya)

Apollo
Sumber : Wikipedia.com

Apollo adalah putra Zeus dan Leto, yang juga saudara kembar dari Artemis (Dewi Berburu) Dia adalah dewa cahaya dan inspirasi. Dia juga disebutkan ahli musik dan selalu digambarkan membawa kecapi emas. Dia juga dewa Peramal yang katanya dapat memberikan manusia kemampuan untuk meramal masa depan.

Salah satu tugas Apollo mengendarai keretadengan empat kudanya untuk mengarahkan Matahari melintasi agar mau melintasi langit. Selain itu dia  Dia juga adalah dewa kebenaran, pengobatan dan penyembuhan

Simbolnya meliputi matahari, kecapi, angsa, tikus, pohon salam. Burung gagak dan lumba-lumba.

Artemis (Dewi Berburu)

Artemis
Sumber : Wikipedia.com

Artemis (Nama Romawi : Diana) adalah putri Zeus dan Leto, dan saudara kembar Apollo. Dia adalah dewi perburuan dan pelindung kaum muda.

Seperti Apollo dia menggunakan panah yang terbuat perak untuk berburu. Berbeda dengan Apollo yang terkait dengan Matahari, Artemis terkait dengan bulan. Sama dengan Hestia dia juga Dewi Perawan. Dia juga bertugas dalam persalinan, yang terdengar aneh mengingat dia adalah perawan.

Dia adalah Penguasa alam liar. Simbol termasuk bulan, rusa, anjing, beruang betina, ular, busur dan anak panah. Cemara adalah pohonnya.

Baca Juga : Hewan Pengerat Terbesar di Dunia.

Aphrodite (Dewi Kecantikan)

Aphrodite
Sumber : wikipedia.com

Aphrodite (Nama Romawi : Venus) adalah Dewi cinta, kecantikan, dan permohonan. Selain kecantikan alaminya, dia juga memiliki benda ajaib berbentuk korset yang dapat membuat siapa pun yang dia inginkan untuk jatuh cinta padanya.

Putri Zeus dan Oceanid Dione, atau menurut legenda, lahir dari buih laut di atas kerang raksasa dan berjalan ke pantai di Siprus. Dia Menikahi sesama Dewa yaitu Hephaestus, meski begitu dia terkenal karena memiliki banyak perselingkuhan, terutama dengan Ares (Dewa Perang)

Simbolnya meliputi burung merpati, burung, angsa, apel, lebah dan mawar.

Hephaestos (Dewa Api dan Bengkel)

Hephaestus
Sumber : Wikipedia.com

Dewa dan Dewi Yunani selanjutnya adalah Hephaestos, atau (Nama Romawi : Vulkan), adalah putra dari Zeus dan Hera. Dia adalah Tukang besi, pembuat senjata dan pengrajin untuk para dewa; dewa api dan bengkel.

Dia adalah satu-satunya dewa yang digambarkan secara fisik sebagai buruk rupa yang membuatnya berbeda dengan istrinya Aphrodite digambarkan sebagai yang Dewi tercantik. Dia juga digambarkan memiliki kaki yang cacat.

Beberapa orang mengatakan jika kecacatannya terjadi karena Hera kesal saat mengetahui jika anaknya jelek, Hingga Hera melemparkan Hephaestos dari Mt. Olympus ke laut hingga kakinya patah. Lainnya bahwa dia memihak Hera dalam pertengkaran dengan Zeus, dan Zeus melemparkannya dari Gunung Olympus.

Dia adalah dewa pelindung para pandai besi dan penenun. Dia dikenal baik hati dan cinta damai. Simbolnya meliputi api, landasan, kapak, keledai, palu, penjepit, dan burung puyuh.

Baca Juga : Hukuman Paling Aneh di dunia.

Ares (Dewa Perang)

Ares
Sumber : fandom.com

Dewa dan Dewi Yunani selanjutnya adalah Ares (Nama Romawi : Mars) adalah anak dari Zeus dan Hera. Semua dewa lainnya, kecuali Aphrodite, membencinya, karena Dia sebagai Dewa Perang dianggap sebagai seorang pembunuh dan tetapi memiliki jiwa pengecut.

Saat dia ketahuan melakukan perselingkuha dengan Aphrodite, suaminya Hephaestus secara terbuka mengejeknya Ares di depan para Dewa.

Simbol Ares diantaranya babi hutan, ular, anjing, burung bangkai, tombak, dan perisai.

Hermes (Dewa Pengantar Pesan)

Hermes
Sumber : Wikipedia.com

Hermes (Nama Romawi : Mercurius) adalah putra Zeus dan peri Maia. Dia adalah Dewa pengantar Pesan; juga dikenal sebagai dewa tercepat. Dia selalu digambarkan mengenakan sandal bersayap, topi bersayap dan membawa caduceus (tongkat dengan dua ular). Hermes adalah Dewa perdagangan dan Dewa Pencuri.

Dia adalah pemandu bagi orang mati dalam perjalanan terakhir mereka ke dunia bawah. Dia juga dikatakan menemukan kecapi, pipa, skala musik, astronomi, bobot dan ukuran, tinju, senam, dan perawatan pohon zaitun.

Dionyssos (Dewa Anggur dan Dewa Pesta Pora)

Dyonisius
Sumber : Wikipedia.com

Dionyssos atau Bacchus, adalah Dewa anggur, perayaan, dan ekstasi. Dia juga dewa yang melindungi pertunjukan teater. Makanya setiap hari perayaannya selalu diadakan pertunjukan Teater.

Putra Zeus dan Seorang manusia bernama Semele dari kota Thebes. Menikah dengan putri Kreta Ariadne. Simbol termasuk anggur , ivy, cangkir, harimau, macan kumbang, macan tutul, lumba-lumba, kambing, dan kerucut pinus.

Dia adalah satu – satunya setengah Dewa di Olimpus.

Hades (Penguasa Neraka)

Hades
Sumber : Wikipedia.com

Dewa dan Dewi Yunani yang terakhir adalah Hades.

Hades adalah Kakak Tertua dari Zeus . Setelah mengalahkan Kronos ayah mereka, dia mendapatkan bagian sebagai penguasa alam bawah atau Neraka dan memerintahkan orang mati.

Sebagai pemimpin dunia bawah dia juga yang mengatur jiwa – jiwa yang sudah tiada dan memerintah Thanatos (Dewa Kematian).

Dia dengan tegas melarang rakyatnya meninggalkan wilayah kekuasaannya dan akan menjadi sangat marah ketika ada orang yang mencoba untuk pergi, atau jika seseorang mencoba untuk mencuri jiwa dari wilayahnya. Hingga dia menempatkan Cerberus (Anjing kepala tiga) sebagai penjaga wilayahnya.

Hades memperoleh istri dan ratunya, Persephone melalui penculikan atas perintah Zeus. Dia dianggap sebagai Dewa paling kaya, karena logam mulia yang ditambang dari bumi dan memiliki Helm yang membuatnya menghilang.

Dan itulah kawan, ke 13 Dewa dan Dewi Yunani, semoga informasi ini menarik dan bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com