14 Asas Organisasi yang Wajib diketahui

Halo Sobat kali ini kita akan membahas tentang 14 Asas Organisasi, Asas sendiri merupakan prinsip atau aturan dasar yang menjadi acuan berpikir seseorang dalam mengambil keputusan yang penting di dalam hidupnya. Hingga bisa disebut Asas Organisasi adalah sebuah Aturan dasar yang wajib diketahui oleh Organisasi.

Agar organisasi dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien sesuai dengan harapan para anggotanya, organisasi tersebut harus memiliki asas organisasi yang dijadikan sebagai dasar pemikiran demi terciptanya sesuatu yang diharapkan oleh anggota – anggotanya.

Asas ini merupakan suatu pernyataan yang fundamental untuk dijadikan sebagai pedoman untuk berpikir dan bertindak dalam suatu organisasi. Adapun asas-asas dalam organisasi tersebut adalah sebagai berikut :

14 Asas Organisasi yang Wajib diketahui.

14 Asas Organisasi

Asas Tujuan Organisasi (Principle of Organizational Objective).

Asas Tujuan Organisasi atau Principle of Organizational Objective adalah asas Organisasi yang mengatur dan menetapkan tujuan tertentu untuk pencapaian di mana berbagai departemen harus bekerja.

Apakah kedepannya organisasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan laba (business organization) ataukah hanya untuk memberikan pelayanan (public organization). Hal ini perlu dipastikan untuk menentukan sebuah bentuk struktur organisasi. Asas ini disebut juga sebagai Tujuan Organisasi.

Asas Kesatuan Tujuan (Principle of Unity of Objective)

Asas Kesatuan Tujuan (Principle of Unity of Objective) berarti dalam sebuah organisasi memerlukan satu tujuan atau objektif yang sama.

Dalam sebuah organisasi, semua organ yang merupakan bagian dari organisasi semuanya harus berusaha untuk mencapai tujuan organisasi. Apabila ada organ dalam organisasi tersebut yang tidak berusaha untuk mencapai tujuan organisasi, maka organisasi tersebut tidak akan dapat mencapai tujuannya.

Asas Spesialisasi (Principle of Specialisation)

Asas Organisasi berikut ini menjelaskan bahwa Sebuah Organisasi yang baik dibentuk sedemikian rupa sehingga setiap individu harus diberi tugas sesuai dengan keahlian dan kualifikasinya. Orang tersebut harus melanjutkan pekerjaan yang sama sehingga dia mengkhususkan diri dalam pekerjaannya. Ini membantu dalam meningkatkan produksi dan mencapai tujuan organisasi.

Asas Kesatuan Perintah (Principle of Unity of Command)

Berdasarkan prinsip atau Asas Organisasi ini, sebuah Organisasi diharuskan untuk memberikan keputusan jepada setiap bawahan agar mau menerima perintah ataupun memberikan pertanggungjawaban hanya kepada satu orang atasan, namun sebaliknya seorang atasan dapat memerintah beberapa orang bawahan.

Asas Rentang Kendali (Principel of The Span of Management)

Pengetahuan dan keahlian seorang pemimpin atau manajer sangat menentukan kemampuannya. Hingga seorang manajer hanya dapat memimpin secara efektif sejumlah bawahan tertentu. Tapi itupun dapat dibedakan berdasarkan kemampuan manajer tersebut sehingga antara manajer yang satu dengan yang lainnya kemungkinan berbeda kemampuannya dalam memimpin.

Asas Pendelegasian Wewenang (Principle of Delegation of Authority)

Melihat ke efektivitasan manager dan karyawan dalam bekerja pendelegasian wewenang harus dilakukan. Pendelegasian wewenang dari seorang atau sekelompok orang kepada orang lain harus bisa terukur sehingga seorang manajer mengetahui apa yang menjadi wewenangnya.

Asas Keseimbangan Wewenang Dan Tanggung Jawab (Principle of Parity of Authority and Responsibility atau Principle of Balance).

Asas Keseimbangan berarti bahwa penugasan pekerjaan harus sedemikian rupa sehingga setiap orang hanya diberi pekerjaan sebanyak itu yang dapat dia lakukan dengan baik.

Beberapa orang terlalu banyak bekerja dan yang lain kurang bekerja, maka pekerjaan itu akan menderita dalam kedua situasi tersebut. Pekerjaan harus dibagi sedemikian rupa sehingga setiap orang harus bisa memberikan yang maksimal.

Asas Tanggung Jawab (Principle of Responsibility)

Asas Tanggung Jawab mengatur Dalam hal pertanggungjawaban bawahan terhadap atasannya haruslah sesuai dengan garis wewenang (line authority) dan pelimpahan wewenang. Sebagai contoh seorang bawahan hanya bertanggung jawab kepada atasan yang melimpahkan wewenang tersebut.

Baca Juga : 5 Arah Komunikasi Organisasi.

Asas Pembagian Kerja (Principle of Departmentation / Principle of Devision of Work)

Didalam pengelompokan sebuah tugas, pekerjaan atau kegiatan yang sama ke dalam satu unit kerja tertentu hendaknya didasarkan atas eratnya hubungan pekerjaan tersebut.

Asas Kesederhanaan (Principle of Simplicity)

Menurut Asas Kesederhanaan ini dimaksudkan dalam membuat Struktur Organisasi harus lebih sederhana sehingga mudah dipahami oleh setiap orang. Kewenangan, tanggung jawab, dan kedudukan setiap orang harus diperjelas agar tidak terjadi kerancuan dalam hal-hal tersebut.

Struktur organisasi yang kompleks akan menimbulkan keraguan dan konflik antar individu. Mungkin juga ada tumpang tindih dan duplikasi upaya yang seharusnya dapat dihindari. Membantu kelancaran organisasi.

Asas Jenjang Berangkai (Principle of Scalar Chain)

Dasar organisasi yang paling fundamental adalah rangkaian wewenang dari atas ke bawah secara jelas. Suatu perintah atau wewenang dari atasan terhadap bawahan merupakan mata rantai vertical yang jelas dan tidak terputus serta menempuh jarak terpendek.

Demikian pula pertanggungjawaban bawahan terhadap tugas yang diberikan oleh atasannya merupakan mata rantai vertical yang jelas dan menempuh jarak terpendeknya.

Asas Kesinambungan (Principle of Continuity)

Suatu organisasi yang sudah terbentuk harus mengusahakan cara yang efektif dalam menjamin kelangsungan hidupnya secara terus menerus tidak terhenti disebabkan seseorang berhalangan hadir seperti sakit, izin, cuti, dan lain-lain.

Agar dapat secara terus menerus melanjutkan aktivitas operasionalnya, maka para pembentuk organisasi tersebut harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.

Asas Efisiensi (Principle of Efficiency)

Menurut Asas Organisasi ini, Organisasi harus dapat mencapai tujuan perusahaan dengan biaya minimum. Standar biaya dan pendapatan telah ditentukan sebelumnya dan kinerja harus sesuai dengan tujuan ini. Organisasi juga harus memungkinkan pencapaian kepuasan kerja untuk berbagai karyawan.

Asas Koordinasi (Principle of Coordination)

Setelah asas organisasi yang lainnya berjalan sesuai dengan harapan, maka asas koordinasi merupakan rangkaian dari asas-asas organisasi lainnya. Maksud dari koordinasi disini berarti untuk mensinkronkan dan mengintegrasikan segala tindakan, supaya terarah pada sasaran yang ingin dicapai.

Baca juga : Struktur Organisasi Televisi.

Dan itulah ke 14 Asas Organisasi yang Wajib diketahui oleh orang- orang yang ingin membuat atau sedang berada dalam sebuah organisasi. Semoga informasi tentang 14 Asas Organisasi ini bermanfaat untuk kita. Sampai jumpa lagi di Pembahasan materi lainnya.

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock