14 Dewa Mitologi Mesir, Dewa Para Firaun

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 14 Dewa Mitologi Mesir, yang menjadi masyarakat Mesir dan para Pharaoh atau Firaun. Di masa lalu untuk mengukuhkan kekuasaan mereka para Firaun ini menganggap diri mereka adalah penjelasan dewa Mitologi Mesir tersebut.

Sebagai salah satu dari kebudayaan tertua di Dunia, Mesir memang menyimpan banyak sekali kisah ataupun cerita Mitologi yang sangat kompleks termasuk dewa – dewa mereka.

Karakter dewa mereka cukup kompleks dibanding kepercayaan pagan lain seperti Mitologi Yunani ataupun Skandinavia. Sehingga Karakteristik dewa individu sulit dijabarkan.

Meski seperti kepercayaan masyarakat pagan kuno lainnya, Sebagian besar memiliki asosiasi prinsip (misalnya, dengan matahari atau dunia bawah) dan bentuk.

Berikut adalah beberapa dewa yang paling penting untuk diketahui, bagi pencinta cerita Mitologi.

14 Dewa Mitologi Mesir, Dewa Para Firaun.

Osiris

Dewa Mitologi Mesir Osiris
Sumber : wikia.com

Osiris, salah satu dewa terpenting Mesir, dan menjadi penjaga dunia bawah. Namanya berarti “Kuat” atau “Perkasa”. salah satu dari Lima dewa Pertama yang lahir dari Nut dan Geb.

Dia melambangkan kematian, kebangkitan, dan siklus Sungai Nil yang diandalkan oleh masyarakat Mesir kuno untuk kesuburan pertanian.

Dalam Mitologi, Saudaranya Set cemburu padanya dan membunuh Osiris, lalu tubuhnya disebarkan dipenjuru Mesir. Lalu dia dihidupkan kembali oleh istrinya Isis dan turun ke dunia bawah hingga menjadi hakim orang – orang mati di dunia bawah.

Isis

images 4 min
Sumber : 123rf.com

Isis dikenal sebagai salah satu dari dewi paling penting dalam Mitologi Mesir dan menjadi istri setia dari Osiris dan ibu dari dewa Horus. Meski begitu asal usul cerita Isis banyak diperdebatkan oleh para peneliti karena tidak ada penyebutan pasti tentang dia dalam literatur awal Mesir.

Isis juga merupakan salah satu dewa utama yang peduli dengan upacara untuk orang mati. Bersama dengan saudara perempuannya Nephthys, Isis bertindak sebagai penjaga ritual untuk orang mati.

Isis adalah salah satu dewa Mesir kuno terakhir yang masih disembah bahkan ketika Mesir dijajah oleh Yunani-Romawi, dimana dia diidentifikasikan dengan dewi kecantikan Yunani Aphrodite.

Horus

Horus
Sumber : wikia.com

Dewa burung yang menjadi salah satu dewa terpenting di Mesir kuno. Dia melambangkan Dewa matahari, langit, dan kekuasaan, Horus juga terkait dengan Firaun pada Dinasti Pertama (c. 3150-2890 SM).

Selain itu terdapat dua Horus yaitu Horus the Elder (anak dari Geb dan Nut) dan Horus the younger yang paling terkenal anak dari Isis dan Osiris.

Menurut mitos Osiris, Horus adalah putra Isis dan Osiris, yang dikandung secara ajaib setelah pembunuhan Osiris oleh saudaranya Seth.

Dalam cerita, setelah Osiris dibunuh oleh saudaranya Set, Horus dibesarkan oleh ibunya di rawa Delta. Ketika dia dewasa, dia melawan pamannya untuk kerajaan dan menang, memulihkan ketertiban di negeri Mesir.

Para Firaun dianggap sebagai inkarnasi hidup Horus dan, melalui dia, dewa memberikan semua hal yang baik kepada rakyatnya. Dia digambarkan sebagai pria dengan kepala elang dan memiliki simbol yang terkenal yaitu adalah Mata Horus yang juga diidentifikasikan lambang Free Mason.

Seth

Seth
Sumber : https://www.badassoftheweek.com/set

Set (Seth)- Dewa perang, kekacauan, badai, dan wabah penyakit. Namanya diterjemahkan sebagai “Penghasut Kebingungan” dan “Penghancur”. Dia digambarkan sebagai binatang merah yang memiliki kemiripan dengan Iblis.

Tapi dalam kisah Dewa Mitologi Mesir, dulunya Set adalah dewa pahlawan yang mengusir ular Apep (Apophis) dari tongkang dewa matahari dan membunuhnya setiap malam.

Dia adalah dewa gurun yang membawa angin jahat dari tanah kering ke Lembah Nil yang subur dan dikaitkan dengan tanah dan orang asing.

Tapi saat kisah Osiris Populer. Dimana dia membunuh saudaranya sendiri dan bertempur melawan keponakannya Horus, selama 80 tahun.

Seth atau Set selalu diidentifikasikan dengan kejahatan dan kehancuran.

Ra (Atum)

Ra Atum
Sumber : wikia.com

Dewa matahari, penguasa tertinggi para dewa, dewa pertama Ennead (pengadilan sembilan dewa), pencipta alam semesta dan manusia.

Ra adalah penguasa tertinggi dan dewa pencipta yang memerintah atas tanah orang hidup dan orang mati. Dia mengendarai tongkang matahari melintasi langit pada siang hari, dan kemudian menyelam ke dunia bawah pada malam hari di mana tongkang terancam oleh ular purba Apep (Apophis).

Piramida Giza diasosiasikan dengan Dewa Ra.

Baca juga : Dewa Mitologi Yunani

Ptah

Ptah
Sumber : freepik.com

Ptah adalah kepala dari tiga serangkai dewa yang disembah di Memphis (salah satu kota di Mesir) . Dua anggota triad lainnya adalah istri Ptah, dewi berkepala singa Sekhmet, dan dewa Nefertem, yang mungkin adalah putra pasangan itu.

Ptah dalam Dewa Mitologi Mesir diasosiasikan sebagai dewa pengrajin dan pembangunan. Salah satu Arsitek terkenal pada dinasti ke-4 bernama Imhotep didewakan sebagai putra Ptah.

Hathor

images 9 min
Sumber : fandom.com

Hathor adalah Salah satu dewa Mesir kuno yang paling terkenal, paling populer, dan paling penting. Dia adalah putri Ra dan, dalam beberapa cerita dia adalah istri dari Horus the Elder (Horus yang satunya).

Hathor adalah perlambangan dalam Dewa Mitologi Mesir adalah Dewa keibuan dan kesuburan, dan diyakini bahwa dia melindungi para ibu dan wanita pada saat proses kelahiran.

Anubis

Anubis
Sumber : bigbadstore.com

Anubis diidentikan dengan praktik pemakaman dan perawatan orang mati. Dia biasanya digambarkan dengan serigala atau sebagai pria dengan kepala serigala.

Sebelum Osiris dikenal sebagai penguasa dunia bawah, Anubis dianggap sebagai dewa utama orang mati. Dia bertugas jiwa-jiwa orang mati ke Aula Kebenaran dan merupakan bagian dari ritual Penimbangan Hati Jiwa di akhirat.

Tapi setelah cerita Osiris diangkat menjadi penguasa Bawah, Anubis menjadi dewa pembalseman saat proses mumifikasi (pembuatan Mumi) dan juga Penimbangan kebenaran.

Thoth

Thoth
Sumber : fandom.com

Thoth adalah Dewa penulisan dan kebijaksanaan, kebenaran dan integritas, salah satu dewa terpenting dalam panteon Dewa Mitologi Mesir.

Thoth digambarkan dalam beberapa teks sebagai babon tetapi sebagian besar sebagai pria dengan kepala ibis memegang alat tulis. Dia dikreditkan dengan menciptakan tulisan dan merupakan pemegang catatan (sekretaris) untuk para dewa.

Selain itu Dia juga dikenal sebagai “Penguasa Waktu” dan “Penghitung Tahun” karena dia menandai berlalunya waktu dan, juga sihir yang kuat dari kata-kata.

Dalam adegan dunia bawah yang menunjukkan penghakiman yang dialami oleh orang yang meninggal setelah kematian mereka, Thoth digambarkan sedang menimbang hati orang yang meninggal dan melaporkan keputusan tersebut kepada Osiris.

Baca jjuga : Dewa Mitologi Nordik.

Amon (Amon Ra)

Amon Ra
Sumber : Wikipedia.com

Dewa Amon disembah secara lokal di kota selatan Thebes. Dia adalah dewa udara, dan namanya memiliki arti “Yang Tersembunyi”.

Dia biasanya digambarkan sebagai seorang pria yang mengenakan mahkota dengan dua bulu vertikal. Simbol binatangnya adalah domba jantan dan angsa.

Tapi saat Mesir masuk dalam peradaban baru pada tahun 16 Masehi. Amon dan Ra bergabung menjadi Entitas Baru yang disebut Amon Ra dan menjadi salah satu Dewa paling kuat.

Khonsu

Khonsu
Sumber : marvel. Fandom.com

Khonsu (Kons, Chonsu, Khensu, atau Chons) adalah Dewa Bulan dalam Dewa Mitologi Mesir yang kisahnya diangkat dalam serial terkenal dalam Marvel universe yaitu serial moon Knight.

Dia digambarkan sebagai mumi yang memegang penjahat dan menghukumnya dengan piringan uraeus dan bulan di kepalanya.

Khonsu menggantikan dewa sebelumnya Montu sebagai putra Mut dan juga mengambil berbagai macam kekuatan pelindungnya.

Pada saat Mesir masuk Peradaban Baru pada Era New Kingdom pada Abad 16 Masehi, Khonsu menjadi salam satu dewa paling populer karena dikaitkan sebagai dewa penyembuhan.

Taweret ( Tauret )

Tawaret

Taweret ( Tauret ) adalah Dewi pelindung dalam bentuk kuda nil, dewa kuda nil paling terkenal dari Mesir kuno, terkait dengan Isis dan Hathor.

Taweret adalah dewi kelahiran dan kesuburan yang sangat populer sepanjang sejarah Mesir. Banyak ritual Mesir digunakan untuk memanggil namanya agar mendapat perlindungan anak-anak dan bantuan selama kehamilan dan kelahiran.

Bastet

Bastet
Sumber : freepik.com

Bastet adalah Dewi Kucing Mesir yang direpresentasikan sebagai seorang wanita dengan kepala singa atau kucing liar. Dia mengambil bentuk kucing domestik yang tidak terlalu ganas di milenium pertama Sebelum Masehi.

Pada periode Ptolemeus dia dikaitkan dengan dewi Yunani Artemis, pemburu ilahi dan dewi bulan. Dia juga menjadi alasan kenapa kucing dianggap keramat dalam Mitologi Mesir.

Ammit (Ammut)

images 14 min

Ammit (Ammut) adalah Dewi Mitologi Mesir yang dengan kepala buaya, batang tubuh macan tutul, dan bagian belakang kuda nil. Dia duduk di bawah timbangan keadilan di Aula Kebenaran di akhirat dan melahap hati jiwa-jiwa yang dianggap jahat oleh Osiris.

Baca juga : Dewa Mitologi Jepang

Dan itulah kawan penjelasan tentang Dewa Mitologi Mesir semoga info ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa lagi di informasi bermanfaat lainnya hanya di ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock