15 Dewa dan Dewi dalam Agama Hindu

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang 15 Dewa dan Dewi dalam Agama Hindu, sebagai salah satu agama tertua di dunia, Hinduisme yang pertama kali muncul dari peradaban di Sungai Indus di India ini sangat berpengaruh dalam peradaban dunia. Salah satu kebudayaan yang dipengaruhi oleh Hinduisme adalah peradaban Asia Tenggara terutama Nusantara.

Beberapa kerajaan – kerajaan kuno di Indonesia sangat terpengaruh oleh kebudayaan Hindu – Buddha sebut saja Majapahit, Singasari dll, dan sampai sekarang di beberapa daerah khususnya Bali, Hindu menjadi agama Mayoritas hingga sekarang Bali tetap dikenal sebagai Pulau Dewata.

Dalam kebudayaan dan agama Hindu yang unik karena meski memiliki berbagai macam dewa dan dewi dalam agama Hindu (polytheism), tapi umat hindu juga percaya jika dewa – dewa tersebut adalah berbagai sifat dari satu Tuhan atau Brahman.

Berikut ini adalah 15 Dewa dan Dewi dalam Agama Hindu.

13 Dewa dan Dewi dalam Agama Hindu.
Trimurti

BRAHMA

ezgif.com gif maker 59

BRAHMA adalah Dewa pencipta seluruh alam semesta dalam Mitologi agama Hindu. Dia bukan hanya pencipta makhluk hidup di bumi, tetapi juga pencipta para dewa Hindu lainnya. Brahma digambarkan memiliki empat wajah, empat lengan, dan pakaian merah. Dalam sebuah cerita, dia digambarkan memiliki lima kepala, tetapi Dewa Siwa (Shiva) membakar satu kepala dengan mata ketiganya karena dianggap berbicara dengan tidak sopan.

Tidak seperti dewa Hindu lainnya, dia tidak membawa senjata. Dia memegang tongkat atau sendok, tasbih, kendi air, dan buku Veda. Kadang-kadang sebuah tangan ditampilkan memberikan kasih karunia atau membuat tanda ‘jangan takut’. Empat wajahnya menunjukkan empat arah, alasan mengapa dia digambarkan dengan janggut putih; Itu dimaksudkan untuk melambangkan keberadaan abadi di digambarkan menunggangi angsa Putih. Dia memiliki Istri bernama Sarasvati yaitu dewi ilmu pengetahuan

WISNU (Visnhu)

Dewa Wisnu

WISNU adalah Dewa pelindung alam semesta dalam Mitologi Hindu. Hingga sebagai pelindung, setiap kali dunia dalam kesulitan, Wisnu datang untuk menyelamatkan dalam berbagai bentuk. Dia digambarkan memiliki empat atau lebih lengan, memegang keong, senjata roda, gada, dan bunga teratai.

Roda; melambangkan pemikiran universal, daya kreatif dan destruktif. kerang laut; Berkaitan dengan landasan keberadaan, suara ‘AUM’ yang dihasilkan oleh kerang mewakili suara primordial yang sangat kuno menjadi simbol kekuasaan dan otoritas. bunga teratai melambangkan hubungan dengan air. Wisnu di gambarkan menunggangi Garuda. Istrinya adalah Lakshmi , dewi keberuntungan dan Tempat tidurnya di surgawi adalah ular bernama Shesha (Ananta).

Sebagai dewa Pelindung, Wisnu kerap datang ke bumi dengan berbagai perwujudan dan dikatakan memiliki 22 avatar (inkarnasi) dan yang paling terkenal adalah :

  • Matsya: Itu adalah dalam bentuk ikan di bagian bawah dan manusia di atas.
  • Pemanasan: Bagian bawah berbentuk kura-kura dan bagian atas berbentuk manusia.
  • Varaha: Kadang-kadang digambarkan sebagai babi, kadang-kadang sebagai tubuh manusia dengan empat tangan, dengan kepala babi.
  • Narasimha: Ia berwujud manusia berkepala singa, berlengan empat.
  • Vamana: Seorang kurcaci memegang mangkuk air di satu tangan dan payung di tangan lainnya.Dengan inkarnasi ini, Wisnu kini telah berpindah ke ras manusia.
  • Parashurama: Berwujud manusia yang memegang kapak di tangannya, makanya avatar ini disebut Rama dengan Kapak.
  • Rama: Dia adalah pahlawan dari epos Ramayana.
  • Krishna: Ini adalah inkarnasi Wisnu yang paling penting. Dia adalah pahlawan dari epos Mahabharata.
  • Buddha: Ini adalah inkarnasi buatan yang diciptakan untuk menghancurkan kekuatan para pengikut Buddha.
  • Bangkit: Dia belum menjelma. Waktu Kaliyuga akan muncul. Ketika moralitas runtuh, bumi jatuh ke dalam kegelapan, dia akan datang dengan kuda putih, menyelamatkan umat manusia dan menegakkan kembali agama. Dia akan memulai zaman keemasan dan kembali ke surga.

SHIWA (SHIVA)

Dewa SHiwa

SHIWA adalah Dewa Pelebur dan Penghancur. Dia memiliki mata ketiga di antara kedua alisnya. Ketika dia menghancurkan sesuatu, dia membuka mata ketiganya dan menghancurkannya. Dia memiliki dua, terkadang empat lengan . Di satu tangan dia memegang camara , trisula. Di tangan lainnya , dia memegang kapak, rusa, dan drum yang disebut Damaru.

Mengenakan hiasan kepala berbentuk ardha chandra (bulan sabit) memakai Ikat pinggang dari kulit harimau, Hiasan di leher dari ular kobra, Kendaraan atau vahana-nya lembu Nandini. Ia disebut Kala (Waktu) karena ia diidentikkan dengan waktu sebagai dewa perusak. Istrinya adalah Parvati dan putranya adalah Ganesha (Dewa Kebijaksanaan) dan Skanda (Dewa Perang).

ezgif.com gif maker 3
Shakti/ Tridevi

Parwati

Dewi Parwati

Dewi Parwati adalah salah satu dewi utama dalam agama Hindu. Menurut mitologi Hindu, Parwati merupakan puteri dari raja gunung dari Himalaya bernama Himawan, dan seorang apsari bernama Mena. Parwati adalah pasangan dari Shiwa, Dewa pelebur dan penghancur dalam agama Hindu. Dewi Parwati sering digambarkan memegang Bunga Teratai dan Koin Emas dan juga sering digambarkan memegang Kapak kecil dan ditemani 2 gajah dan duduk bersama Shiwa dan Ganesha. Parwati juga perwujudan dari Durga, yang bersenjatakan Trisula, Cakra, dan Sangkakala, serta menaiki wahana Singa atau Macan

Saraswati

Saraswati min

Dewi Saraswati adalah pasangan dari Dewa Brahmana dan salah satu dari tiga dewi utama dalam agama Hindu. Dalam Regweda V.75.3, Saraswati juga disebut sebagai Dewi Sungai, disamping Gangga, Yamuna, dan lainnya. tapi iya lebih dikenal sebagai dewi Pengetahuan dan Seni. Saraswati juga dipuja sebagai Dewi Kebijaksanaan dalam kitab Weda.

Laksmi

Dewi Laksmi

Laksmi adalah dewi utama dalam agama hindu dan pasangan dari Dewa Wisnu, dia merupakan Dewi kekayaan, kesuburan, kemakmuran, keberuntungan, kecantikan, keadilan, dan kebijaksanaan. Dewi Laksmi juga dianggap sebagai dari Ibu dari alam semesta, sakti dari Dewa Wisnu. Hingga Dalam beberapa inkarnasi Wisnu, Dewi Laksmi ikut serta menjelma menjadi beberapa Avatar seperti Sita (saat Wisnu menjelma menjadi Rama), Rukmini (ketika Wisnu menjelma menjadi Sri Krisna), dan Alamelu (ketika Wisnu menjelma menjadi Wenkateswara).

KRESNA (Krishna)

Dewa Krishna

Kresna atau Krishna adalah Dewa Hindu yang paling di puja oleh Umat Hindu. berwujud pria berkulit gelap atau biru, memakai dhoti kuning dan mahkota yang dihiasi bulu merak. Dalam berbagai lukisan dan arca, umumnya ia digambarkan sedang bermain seruling sambil berdiri dengan kaki yang ditekuk ke samping

Dia juga dikenal sebagai salah satu Avatar dari Dewa Wisnu yang paling Penting dan juga tampil dalam kisah Mahabarata. Dalam beberapa tradisi perguruan Hindu, ia dianggap sebagai manifestasi dari kebenaran mutlak, atau perwujudan Tuhan itu sendiri aliran ini disebut sebagai Kresnaisme.

GANESHA

Ganesha

GANESHA adalah putra Dewa Siwa dan Parwati . Dia dikenal karena memiliki kepala Ghana (Gajah), karenanya juga dikenal sebagai Ganapati. Dia adalah dewa pengetahuan dan kebijaksanaan, penghapus rintangan dan penjaga Dharma. dalam sebuah cerita Ibunya Parvati sangat bangga dengan kecantikan anaknya.

Dia meminta Shani untuk merawat anaknya. Tapi dia lupa seberapa kuat mata Shani. Begitu Shani menatap Ganesha, kepalanya terbakar menjadi abu. Dewa Brahma memberi tahu Parvati untuk tidak kecewa, jika dia menemukan kepala dan segera menggantinya, putranya akan hidup. Kemudian Parvati menemukan kepala gajah.

Menurut mitologi, dia menulis epos terpanjang di dunia, Mahabharata, menggunakan satu gigi yang digunakan sebagai pena. Dia memegang cangkang, cakram, tongkat, bunga teratai , tali, kapak, dan sepiring penuh bola manis di tangannya. Selalu ada tikus bersamanya. Tikus yang ditungganginya melambangkan ketidaktahuan dan ego.

 Indra

Dewa Indra

Indra adalah dewa tertua dan terbesar dalam mitologi India. Seperempat dari himne Rigveda dari Veda, sumber agama paling penting dari India, ditujukan kepadanya. Indra adalah dewa badai petir. Itu selalu berjuang dan bertarung dengan kekeringan dan kegelapan. Dia juga dewa prajurit bangsa Arya. Dia memiliki vacra (petir) yang dia pukul ke tanah di tangannya. Senjata ini dibuat oleh Dewa Tvashtri. Dia memegang panah, busur, kail yang disebut ankusha, kerang, dan jaring.

Dia memiliki seribu mata di seluruh tubuhnya. Itulah mengapa disebut Sahasrasha (Seribu mata). Dia dikenal karena peperangannya melawan Ular Vritra (kekeringan) yang menelan 7 sungai utama dan memenjarakanya di sebuah gunung. Menggunakan sambaran petirnya, Indra menghancurkan Vritra dan melepaskan air ke dunia.

Agni

Agni

Dewa Agni adalah putra Dyaus (Langit) dan Prithivi (Bumi); Dia adalah Dewa Api. Ada 200 himne atas namanya di Rgveda. Dia digambarkan sebagai seorang pria dengan tiga kaki, dua atau tujuh lengan, mata merah, rambut menyala, janggut merah, dagu lancip, dan gigi emas. Dia membawa barang-barang seperti tombak, kipas, panci, sendok, tongkat api di tangannya. Dia adalah mediator bagi manusia dan dewa, pelindung rumah orang dan pengawas tindakan mereka.

Dewa Agni juga bertanggung jawab sebagai pemimpin upacara, karena ia berbakat menggelar upacara keagamaan. Ia merupakan sosok yang diharapkan selalu hadir dalam setiap upacara sebagai duta para Dewa, karena diharuskan mempersembahkan sebuah persembahan kepada Tuhan.

SURYA

Dewa Surya


Surya adalah dewa matahari. Dia adalah putra Aditi dan Dyaus. Dia memiliki empat lengan. Dia memegang cakram, kerang, dan bunga teratai di tangannya. Dia membuat tanda ketakutan dengan satu tangan. Sekitar 10 himne dibawakan kepada Surya dalam Rigweda. Dia adalah penjaga segala sesuatu dan di mana-mana. Ini mengusir kegelapan, penyakit, delusi dan mimpi buruk.
     Dia memiliki kereta yang ditarik oleh seekor kuda yang disebut Etasha atau oleh tujuh kuda cepat yang disebut Mapah. Kusirnya adalah Aruna. Dia tinggal di negara yang disebut Vivasvati atau Bhasvati. Dia memiliki banyak istri; Savarna, Swati, Mahaviria dll.

VARUNA

Dewa Varuna

VARUNA adalah dewa Hindu untuk lautan dan penguasa air. Dia juga pengatur hukum alam dan musim. Atas perintahnya, bulan dan bintang bersinar di malam hari dan menghilang di siang hari. Dialah yang membuat sungai-sungai mengalir dan mengisi lautan dengan air. Mereka membentuk duo dewa dengan Mitra.

Ia memiliki dua atau empat lengan. Di salah satu tangannya ada seutas tali yang dengannya dia menarik orang berdosa pergi. Benang ini disebut Nagapaa, Pulakga atau Vişvacit. Varuna dikenal karena bertugas untuk melindungi dan mengamati dunia dan hukum moral. Dia juga dikenal karena memiliki seribu mata.

BAYU (Vayu)

Dewa Bayu

Bayu adalah dewa hindu untuk Angin. Nama lainnya adalah Vayu-Vata. Dia memiliki kereta yang ditarik oleh kuda merah, ungu atau merah muda. Dia membawa bendera putih. Bayu membawa kekayaan, anak-anak, dan ketenaran bagi orang-orang yang menyembanya. Dia secepat pikiran dan memiliki seribu mata. Dia adalah ayah dari Dewa Kera yang terkenal dalam epos Ramayana yaitu Hanuman.

Chandra

images 2022 11 13T152315.454 min

Dewa Chandra merupakan Dewa Hindu untuk Bulan yang digambarkan memiliki paras muda dan tampan, berlengan dua dan memiliki gada dan tera. Dewa Chandra juga berperan sebagai penguasa dan penjaga tanaman dan tumbuhan.

Dewa Chandra digambarkan mengendarai keretanya melintasi langit, dimana keretanya ditarik oleh sejumlah kuda putih atau antilop. Selain kuda putih dan antilop yang berada di bawah penguasaannya, kelinci juga merupakan hewan yang dilindunginya.

YAMA

Dewa Yama

YAMA adalah dewa Hindu kematian. Ada tiga himne yang disajikan atas namanya. Di satu tangan dia membawa gada, di tangan lain dia memegang tali untuk membawa korbannya. Di sebelahnya ada dua anjing rakus. Selain itu dia juga sering digambarkan bersama burung hantu bernama Uluka dan Merpati bernama Kapota. dia sering digambarkan juga mengendarai sapi hitam.

Dalam mitologi dia diangga sebagai manusia pertama dan yang pertama mati. Dia lalu dipanggil untuk mendapatkan umur panjang dan pencapaian kepada para dewa. Ayahnya adalah Vivasvat dan ibunya adalah Saranyu. Saudara kembarnya adalah Yami dan Yamuna, Yama memiliki banyak istri. Dia tinggal di istananya di kota bernama Yamapura.

Baca juga : Dewa – dewi Mitologi Yunani

Dan itulah kawan penjelasan mengenai 15 Dewa dan Dewi dalam agama Hindu, semoga dengan mempelajari ini kita dapat memahami lebih banyak tentang dewa Hindu untuk yang beragama hindu dan menumbuhkan toleransi untuk orang yang berbeda agama. sampai jumpa di pembahasan lainnya.

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock