15 Dewa Mitologi Nordik, Dewa Para Viking

Halo sobat, kali kita akan membahas tentang 15 Dewa Mitologi Nordik, Dewa Para Viking yang telah menjadi salah satu legenda paling populer saat ini, Setelah Disney Marvel Studios meluncurkan film berjudul Thor dan Series berjudul Loki.

Nordik (Norse) sendiri adalah kawasan yang berada di Utara Eropa yang terdiri dari negara – negara Skandinavia seperti Swedia, Denmark, Finlandia, Norwegia dan Islandia.

Dalam kepercayaan Nordik sering dikisahkan mengenai penciptaan dunia hingga akhir dunia yang disebut Ragnarok, semua ditulis dalam bentuk puisi maupun prosa yang diturunkan turun menurun dalam tradisi lisan dan tulisan di kawasan tersebut.

Dalam mitologi Nordik dikenal adanya golongan Æsir dan Vanir. Golongan Æsir adalah Dewa-Dewi utama, seperti yang dipaparkan di atas. Golongan Dewa-Dewi yang kedua disebut Vanir, yang juga muncul dalam kisah-kisah Skandinavia kuno.

Dalam mitologi Nordik ini terdapat 15 Dewa Utama dalam kepercayaannya. Yang akan kami bahas dalam artikel menarik yang dilansir dari realmofhistory.com berikut ini :

15 Dewa Mitologi Nordik, Dewa Para Viking

Odin – Raja dewa Æsir

Odin, Dewa Mitologi Nordik
Sumber : worldhistory.org

Odin ( atau inn dalam pelafalan Old Norse), adalah Dewa yang paling dihormati dari semua dewa Nordik, karena dia adalah raja dari dewa Æsir (Dewa Utama Nordik).

Secara historis, Nama Odin sudah sering muncul dalam jajaran mitologi Jermanik, seperti yang terlihat dari sebuah karya puisi buatan Tacitus pada akhir abad ke-1 M, Di mana Odin digambarkan memiliki kekuatan setara Jupiter (Zeus) dewa bangsa Romawi.

Sama seperti Zeus yang harus mengalahkan Kronos, untuk menjadi Raja Para Dewa. Untuk menjadi Raja Dewa Para Viking, Odin mengalahkan Ymir (Raksasa Es) yang juga kakeknya sendiri.

Dalam setiap Cerita tentangnya, Odin digambarkan sebagai pria tua misterius dan bijaksana yang memiliki rasa haus atas pengetahuan hingga tanpa henti mencari ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.

Bahkan dalam salah satu cerita, Odin rela mencongkel matanya untuk ditukarkan dengan Draught (beer) dari sumur yang berasal dari akar pohon Yggdrasil (pohon kosmik yang mengikat alam semesta) kepada Mimir makhluk berbentuk bayangan yang memiliki pengetahuan yang tak tertandingi dalam Mitologi bangsa Skandinavia.

Di sisi lain, Odin juga digambarkan sebagai seorang Dewa perang yang juga lambang kekacauan, Provokasi dan huru-hara pertempuran. Dia selalu selalu membawa burung gagak di pundaknya yang bernama Huginn dan Muninn dan mengendarai Sleipnir (kuda berkaki 8) yang juga anak dari Loki.

Dalam konteks manusia modern, nama Odin sering dikaitkan dengan hari Wednesday (rabu), karena kata tersebut berasal dari wodnesdæg (“Woden’s Day”), Woden sendiri adalah sebutan untuk Odin dalam bahasa Inggris dan Jermanik Kuno.

Baca : 13 Dewa Olympus

Frigg – Ratu Para Æsir

Frigg
sumber : vikingbrand.co

Ratu para dewa dan permaisuri Odin, Frigg adalah dewi langit dan memiliki kekuatan ramalan khusus. Sebagai ibu dari banyak dewa, dia juga sering dikaitkan dengan kesuburan, keibuan, pernikahan, dan urusan rumah tangga.

Intinya, dari semua dewa Nordik, aspek mistis Frigg terkait dengan kebahagiaan dalam rumah tangga. Queen Frigg juga dikaitkan dengan dewa Freya, meski masih diperdebatkan keasliannya secara akademis seperti yang ditulis dalam The Concept of the Goddess – Karya Stephan Gundy.

Thor – Pelindung Asgard

Thor, Dewa Petir
sumber : fandom.com

Thor (atau Þunor : dalam bahasa Inggris lama), sang dewa petir merupakan anak dari Dewa Odin dan seorang Raksasa bernama Jord. Dia digambarkan sebagai dewa terkuat yang mempunyai tugas untuk melindungi Asgard serta Midgard dari ancaman kekuatan jahat.

Menurut legenda, dia memiliki rambut emas dan janggut berwarna merah. Dia membawa Palu Godam Sakti yang disebut Mjolnir, sarung tangan besi dan ikat pinggang Megingjard yang memberinya kekuatan super.

Meski terlihat menyeramkan Thor juga dianggap sebagai dewa pertanian, kesuburan, dan kesucian. Sebagai dewa Langit dia juga yang bertanggung jawab terhadap hujan.

Adapun dalam kalender, ‘Thursday” atau Kamis berasal dari bahasa Inggris Kuno “urresdæg” yang secara harfiah berarti “hari Thor”.

Dalam Ramalan mengenai Ragnarok (Gambaran Kiamat Bangsa Nordik, dimana terjadi Pertempuran Terakhir antara Dewa dan Manusia dan Raksasa melibatkan semua alam semesta) Thor ditakdirkan untuk bertempur sampai mati dengan Jörmungandr (Monster Laut Raksasa, anak dari Loki)

Loki – Dewa Tipu Muslihat

Loki dewa tipu daya
Sumber : Wikipedia.com

Loki adalah Dewa tipu muslihat yang merupakan Ras Raksasa Jötunn bernama Farbauti dan Dewi Laufey, berbeda dengan cerita versi Marvel dimana Loki adalah putra angkat dari Odin dan Saudara dari Thor, dalam cerita aslinya Loki adalah Saudara Angkat dari Odin.

Dalam cerita mitologinya hubungan Loki dengan Dewa – dewa lain (terutama Thor) sangatlah Kompleks. Dimana Loki pernah menghina Thor hingga dia marah, dan Loki harus bersembunyi karena takut terhadap Mjolnir.

Tapi mereka juga pernah bekerjasama dan bersahabat saat bersama – sama mengalahkan Jotun bernama rymr yang telah mencuri Mjolnir.

Sebagai ahli tipu daya, Loki mempunyai kemampuan untuk berubah wujud, hingga dia bisa memiliki anak dengan berbagai jenis hewan sebut saja Jörmungandr (Monster laut), Sleipnir (Kuda milik Odin) dan Hel (Dewi Neraka)

Bahkan salah satu anaknya yang berwujud Serigala Raksasa bernama Fenrir, menjadi pemicu terjadinya Ragnarok (Pertempuran Terakhir Jagat Raya).

Baca juga : 5 Hukuman Mati Paling Sadis di Dunia.

Baldur – Dewa Cahaya

Baldur
Sumber : mythopedia.com

Baldur atau Balder adalah Dewa Cahaya dan Kemurnian bagi Dewa Para Viking. putra bungsu dari Odin dan Frigg ini melambangkan sinar matahari musim panas.

Dia digambarkan sebagai makhluk yang adil, bijaksana, dan memiliki ketampanan yang anggun dalam puisi, dia dituliskan seperti bunga – bunga bermekaran sama persis seperti tempat tinggalnya, Breidablik yang disebut sebagai tempat terindah di Asgard.

Baldur juga memiliki sebuah kapal terbesar yang pernah dibuat bernama Hringhorni , yang kemudian digunakan sebagai tempat pemakaman setelah kematian tragis sang dewa.

Baldur harus meninggal saat terkena anak panah menuju jantungnya oleh saudaranya kembarnya sendiri Hodr. Setelah Loki menukar anak panah milik Hodr dengan Anak panah yang terbuat dari pohon Mistletoe. satu – satunya benda yang bisa melukainya di Asgard maupun Midgard (dunia manusia) .

Cerita kematiannya di tangan saudara kembarnya yang buta, Hodr ini terjadi karena lelucon dan tipu daya jahat dari Loki yang saat itu sedang bosan. Bahkan karena lelucon jahat itu usaha para dewa untuk menghidupkan kembali Baldur dari Neraka pun gagal.

Vidar – Dewa Pembalasan

Vidar
Sumber : pinterest.com

Vidar ditakdirkan untuk membalaskan kematian ayahnya, Odin yang dibunuh oleh seekor serigala raksasa ganas, Fenrir. Dia juga adalah salah satu dewa yang ditakdirkan untuk selamat setelah Ragnarok.

Dalam Gylfaginning (Puisi Edda) Vidar digambarkan sebagai seorang dewa yang pendiam dan selalu memperbaiki sepatunya, hingga dia akan aman saat melawan Fenrir.

Untuk itu, ada tradisi di antara pembuat sepatu Skandinavia untuk menyimpan potongan-potongan kecil dari sepatu mereka untuk membantu Dewa Pembalasan dendam.

Tyr – Dewa Perang

Tyr dewa perang
Sumber : amazon.co

Tyr adalah Dewa perang dan kematian yang mulia, Tyr dianggap sebagai dewa yang paling berani oleh orang-orang Jerman. Berbeda dengan Odin (dewa perang juga) Tyr adalah Dewa Perang yang lebih terhormat, keadilan dan sumpah.

Menurut para peneliti, asal usul dari Dewa Tyr bahkan lebih tua dari kisah Odin dan dewa – dewa Nordik lainnya. Sebelum akhirnya perannya, digantikan oleh Odin oleh Bangsa Viking.

Dalam Mitologi, Tyr harus kehilangan tangannya saat bertarung melawan Fenrir. Tapi dia berhasil balas dendam dengan mengalahkan Germ, hewan penjaga Neraka.

Dalam kalender modern, Hari Tuesday atau hari Selasa adalah sebutan dari bahasa Inggris lama untuk Tyr yaitu Tew varian dari Tyr.

Freya – Dewi Takdir

Freya
Sumber : researchgate.com

Freya atau Freyja adalah Dewi Takdir, Kesetiaan dan Kehormatan dalam mitologi Nordik. Bersama kembarannya Frey, dia adalah anak dari dewa laut Njord dan raksasa beku, Skadi.

Selain Takdir, dia juga adalah Dewi yang berwenang dalam kesenangan, barang mewah dan keindahan.

Freya juga dianggap sebagai penguasa alam akhirat Folkvang , yang memimpin para Valkyrie untuk memilih setengah dari pahlawan yang terbunuh dalam pertempuran menuju ke Valhalla (Surga para Viking).

Freyr – Dewa Kesuburan

Freyr
Sumber : pinterest.com

Salah satu dewa Norse yang paling dihormati dan dicintai, Freyr adalah saudara kembar dari Dewi Freya. Biasanya digambarkan sebagai pria berotot dengan rambutnya yang tergerai.

Dia banyak dipuja karena dia adalah lambang kesuburan dalam hubungan suami-isteri dan seksualitas yang dilambangkan oleh babi hutan.

Hingga wajar jika sering di lakukan persembahan babi hutan dalam upacara keagamaan ataupun dalam perayaan pernikahan di bangsa Viking, karena untuk menghormati dewa Freyr.

Yang cukup menarik, Freyr juga disebut sebagai Raja para elf, karena dia tinggal di Alfheim alam bangsa elf dalam mitologi Viking.

Baca juga : Tempat paling seram di dunia.

Njord – Dewa Laut dan Kekayaan

Njord
Sumber : blog.vkngjewelry.com

Njord awalnya adalah dewa dari suku Vanir tetapi kemudian diterima sebagai anggota kehormatan Aesir setelah berakhirnya perang antara Vanir dan Æsir.

Njord (atau Nyord) adalah dewa laut, seperti kedua anaknya Freya dan Freyr, Njord juga dikaitkan dengan kekayaan dan kesuburan.

Orang-orang Jerman mungkin juga menganggapnya sebagai Dewa ‘terkaya’ di antara semua dewa dan dewi di Nordik.

Ada kisah menarik tentang Njord, dimana dia bertemu dan menikah dengan istrinya sang Raksasa Es, Skadi, setelah istrinya itu terpesona dengan kaki indah dari sang Raja Lautan.

Tapi pernikahan mereka tak berlangsung mulus karena Skadi memilih untuk tetap tinggal di Pegunungan Es, sementara Njord menghabiskan hidupnya di Nóatún.

Heimdall – Penjaga Gerbang Asgard

Heimdall
Sumber : wikipedia.com

Heimdall sering digambarkan sebagai penjaga pintu Asgard yang selalu waspada akan segala situasi. Ia memiliki kemampuan yang luar biasa meliputi penglihatan yang dapat melihat sampai ke ujung dunia.

Pendengaran miliknya dapat mendengar hal-hal kecil sampai ke Midgard (Dunia Manusia) dan juga pengetahuan yang dimilikinya menjadikannya sebagai pelindung pertama di Asgard.

Yang cukup menarik, ada kemungkinan bahwa Heimdallr pernah dianggap sebagai bapak umat manusia, sebagaimana disebutkan secara samar dalam puisi Skandinavia Kuno berjudul, Völuspá.

Saat Ragnarok, ia bertugas untuk membunyikan Terompet besar bernama Gjallarhorn untuk menandakan kedatangan para raksasa dan monster yang akan menyerang Asgard.

Idun – Dewi Awet Muda

Dewi Idun
Sumber : norse-mythology.net

Idun adalah Dewi dari golongan bangsa Aesir yang dianggap sebagai dewi awet muda. ini diwakili oleh rambut emas panjangnya yang mencolok. Menurut mitos, dia juga adalah sebagai istri dari Bragi, Dewa penyair Asgard.

Idun juga dianggap memiliki buah yang mampu memberikan keabadian. Hingga buahnya adalah ‘bahan bakar’ yang menopang keabadian penghuni Asgard, membuatnya menjadi anggota penting di antara para dewa Nordik.

Bragi – Dewa Penyair Asgard

Bragi
sumber : Muthia.fandom.com

Bragi adalah dewa penyair dan seni dalam mitologi Viking. dewa Bragi dianggap sebagai Penghibur di Valhalla tepatnya di aula megah milik Odin. tempat semua pahlawan bersiap untuk ‘pertarungan’ terakhir di Ragnarok.

Hel – Penguasa Dunia Bawah

Hel
Sumber : fandom.com

Hel (atau Hela) adalah Dewi Penguasa Helheim (Dunia bawah atau Neraka). Berbeda dari Cerita di Film Thor Ragnarok, Hela bukanlah anak dari Odin melainkan anak dari Loki dan raksasa Angrboda.

Ia adalah saudari dari Sleipnir, Fenrir the Wolf, Jörmungandr the Serpent. Menurut Mitos dia bertugas untuk untuk menilai dan memutuskan nasib jiwa-jiwa yang masuk ke Helheim.

Namun, di antara semua dewi-dewi Nordik, Hel dianggap sebagai Dewi paling kuat, bahkan lebih dari Odin sendiri di dalam wilayahnya sendiri, Hel.

Itu juga alasan kenapa para dewa gagal saat ingin membangkitkan Baldur dari Neraka.

Dalam literatur modern, kata neraka dalam bahasa Inggris atau Hell berasal dari Helheim, Tempat tinggal Dewi Hel atau Hela.

Ymir – Leluhur Para Dewa

Ymir
Sumber : evjen.com

Seperti kebanyakan mitologi, termasuk Mesopotamia, Mesir dan Yunani. Di dalam mitologi Nordik dan Viking, terdapat juga Entitas Kuno yang berukuran Raksasa yang dianggap sebagai awal dari segalanya.

Dalam Mitologi Nordik, Entitas itu bernama Ymir. Sebuah ‘makhluk pertama’ yang tercipta karena kombinasi antara es Niflheim dan panas Muspelheim.

Ymir, digambarkan memiliki tubuh hermafrodit (memiliki dua kelamin) hingga bertanggung jawab untuk melahirkan pria, wanita, dan makhluk mitos lainnya, yang menjadi awal dari segalanya.

Bernasib sama dengan Kronos, Ymir dikalahkan oleh Odin, cucunya sendiri. Odin kemudian menciptakan seluruh bumi, sedangkan Ymir terjatuh dan darahnya menjadi Samudera dan sedangkan tulangnya menjadi Pegunungan.

Selanjutnya, rambutnya berubah menjadi pepohonan, tengkoraknya diubah menjadi langit dan surga, dan otaknya menjadi awan. Dan akhirnya, alisnya terbentuk menjadi Midgard, alam umat manusia.

Dalam Budaya Populer nama Ymir sering kita temui dalam anime terkenal Attack On Titan.

Baca juga : 7 Pahlawan Super masa lampau.

Dan itulah kawan ke 15 Dewa Mitologi Nordik, Dewa Para Viking. semoga informasi ini menarik dan bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com