17 Jenis Kayu Buatan Dalam Produk Kriya

Halo sobat kali ini, Ilmusaku akan membahas tentang 17 Jenis Kayu Buatan Dalam Produk Kriya. Sebuah bahan pengganti kayu atau yang sejenis dengan kayu yang sering digunakan dalam produk Kriya.

Pengertian Kayu Buatan.

Kayu buatan adalah berupa papan kayu terdiri dari kayu lapis (plywood) dan papan partikel serta campuran bahan lain seperti kertas, gift, mika dan sebagainya. Kayu Buatan ini banyak digunakan dalam pengerjaan produk Kriya.

Kayu buatan berkembang seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi industri kayu dan membuat bahan-bahan kayu lebih terarah dan bermanfaat sesuai dengan kegunaan kayu pada umumnya dan kehidupan manusia khususnya.

Keuntungan Penggunaan Kayu Buatan.

beberapa keuntungan yang diperoleh dalam penggunaa kayu buatan dalam produksi Kriya yaitu:

  1. Menghemat penggunaan kayu Asli.
  2. Harganya yang lebih murah
  3. Kembang susut pada arah yang memanjang dan melebar jauh lebih kecil sehingga memiliki stabilitas dimensi yang lebih baik
  4. Mempunyai ketahanan lebih besar terhadap belahan dan retak.
  5. Memungkinkan penggunaan lembaran-lembaran papan yang lebih besar.
  6. Ringannya kayu buatan (disini contohnya kayu lapis) sehingga memudahkan perlakuan kayu lapis pada pembuatan barang tertentu.
  7. Kayu buatan dianggap memiliki efek nilai dekoratif yang lebih luas.
  8. Kayu buatan dapat menahan paku dan sekrup lebih baik.

baca juga : Jenis benang dalam Produksi Kriya

17 Jenis Kayu Buatan dalam Produk Kriya

Terdapat 17 jenis kayu buatan yang digunakan dalam produk dan produksi kriya yaitu :

Plywood.

Jenis Kayu Buatan Plywood
jenis Plywood atau Triplek

Kayu lapis Plywood adalah papan buatan dengan ukuran tertentu yang terbuat dari beberapa lapisan finir yang jumlahnya ganjil, dipasang dengan arah serat yang bersilangan saling tegak lurus, kemudian direkat menjadi satu pada tekanan yang tinggi dengan menggunakan perekat khusus.

Jenis Plywood yang digunakan adalah tripleks atau three-ply. Selain itu ada juga yang memiliki lebih dari 3 yaitu multipleks atau multiply. Biasanya dilapisi oleh tiga lapis finir dan jenisnya seperti: lapis 5 (5 ply), lapis 7 (7 ply), lapis 9 (9 ply).

Bahan Kayu yang digunakan untuk Plywood

Bahan Kayu yang digunakan untuk Plywood adalah :

  • meranti,
  • keruing,
  • merawan,
  • kapur,
  • kempas,
  • mangir,
  • damar.

Sedangkan untuk finirnya menggunakan jenis kayu :

jati, sonokling, rengas, mahoni, atau maple.

Tegofilm (MDF Film).

ezgif.com gif maker 1
contoh Tegofilm

Tegofilm (MDF Film) umumnya terbuat dari campuran kertas. Ukurannya-pun sangat bervariasi. Tegofilm biasa digunakan untuk meja, almari, buffet (olympic). Adapun ukurannya adalah 4.0 MM 4 x 8, 9.0 MM 4 x 8, 12.0 MM 4 x 8, 15.0 MM 4 x 8, dan 18.0 MM 4 x 8.

Blockboard (papan blok).

Blockboard (papan blok) adalah jenis kayu buatan yang dibuat dengan merekat kayu-kayu lat, sisi lawan sisi dan melapisi kedua permukaannya dengan selembar finir. Lebar kayu-kayu tersebut tidak lebih dari 25 mm.

Blockbord mempunyai dua jenis yaitu lapisan melamin dan biasa. Papan buatan ini biasa digunakan dalam konstruksi pintu, panel – panel dinding, skat kamar dan pelapisan lantai.

Partikel (particle board)

Papan partikel adalah papan buatan yang terbuat dari serpihan kayu dengan bantuan perekat sintetis kemudian di press sehingga memiliki sifat seperti kayu massif, tahan api dan merupakan bahan isolasi serta bahan akustik yang baik.

MDF / Medium Density Fibreboard

Medium Density Fibreboard
Contoh Medium Density Fibreboard

MDF / Medium Density Fibreboard adalah jenis kayu buatan terbuat dari bahan kertas seperti kayu jenis tegofilm. Papan ini juga biasanya digunakan untuk bahan furniture, salon box dan sebagainya.

Terdapat 2 jenis kualitas MDF yaitu AA dan Sumalindo. Ukurannya adalah 3.0 MM 4 x 8 AA, 3.0 MM 4 x 8 sumalindo, 4.0 MM 4 x 8 sumalindo, 6.0 MM 4 x 8 sumalindo, 9.0 MM 4 x 8 sumalindo, 12.0 MM 4 x 8 sumalindo, 15.0 MM 4 x 8 sumalindo, 18.0 MM 4 x 8 sumalindo, dan 25.0 MM 4 x 8 sumalindo.

Softboard.

Softboard adalah jenis kayu buatan yang biasanya dijadikan lapisan untuk peredam suara dalam ruang. Papan buatan ini mempunyai kelemahan yaitu mudah patah. Adapun ukuran papan softboard ini adalah 12.0 MM x 4 x 8.

Milamin (Papan Milamin)

Milamin (Papan Milamin) adalah jenis kayu buatan yang hampi sama dengan plywood, hanya saja pada papan ini salah satu permukaannya memiliki lapisan terluar dari suatu produk.

Polywood.

Polywood adalah jenis kayu buatan yang memiliki kesamaan dengan milamin. Biasanya digunakan untuk pintu-pintu kamar, plafon dan meja. Polywood memiliki ukuran 2.2 MM x 3 x 7. Jenisnya adalah: 181 warna merah maron, 182 warna coklat muda, 184 warna coklat tua.

Poly ukir.

Kenis kayu buatan memiliki kesamaan dengan plywood. Hanya saja pada bagian permukaannya dihiasi dengan motif garis atau motif tradisional. Ukuran dari papan buatan ini adalah 3.0 MM 3 x 7.

Pipe ovely.

Pive ovely adalah jenis kayu buatan yang hampir sama dengan plywood, hanya saja terdapat sedikit campuran kertasnya. Papan buatan ini biasa digunakan untuk pintu, dinding, dan plafon. Ukurannya adalah 3.0 MM 4 x 8.

Aluminium wood.

alumunium wood
Contoh alumunium wood

Aluminium wood adalah jenis kayu buatan yang salah satu bagian permukaannya dilapisi dengan aluminium. Dilapisi aluminium maksudnya agar tahan terhadap air, sehingga papan ini digunakan untuk pintu kamar mandi dan dapur. Adapun ukurannya adalah 3.0 MM 3 x 7.

Gypsum.

Gypsum
Contoh gypsum

Gypsum adalah jenis kayu buatan terbuat dari kertas yang dilapisi dengan semen/kapur. Papan gypsum bisa digunakan untuk plafon suatu bangunan. Gypsum umumnya berwarna putih, dan memiliki ukuran 9.0 MM 120 x 140.

Teak wood.

Teakwood adalah jenis kayu buatan yang termasuk plywood di mana salah satu permukaannya dilapisi menggunakan finir jati yang halus (bertekstur).

Adapun macam-macam teakwood dan ukuranya adalah:

  • teakwood AA 3.0 MM 3 x 7,
  • amphromosia AF ,
  • silver/AA 3.0 MM 4 x 8,
  • Megateak 3.0 MM 4 x 8,
  • teakwood melintang (3x4x8) 3.0 MM 4 x 8,
  • AA 3.0 MM 4 x 8,
  • AA 4.0 MM 4 x 8,
  • AA 9.0 MM 4 x 8 (1x),
  • AA 9.0 MM 4 x 8 (2x).

Teak block.

Jenis kayu buatan ini hampir sama dengan blockboard yang isinya terdiri dari susunan kayu lat atau kayu blok, hanya lapisan pada salah satu permukaannya menggunakan finir jati seperti halnya pada teakwood.

Pattern board.

Jenis kayu buatan jenis pattern board ini terbuat dari serpihan – serpihan kayu, dengan menggunakan bahan perekat khusus. Bahan ini biasanya digunakan pada salon box, dinding penyekat dan sebagainya. Ukurannya adalah 3.0 MM 4 x 8.

Fancy plywood.

Fancy plywood merupakan kayu lapis yang permukaannya mempunyai corak keindahan (kayu lapis indah). Biasa digunakan pada plafon dan lapisan – lapisan pintu dan meja. Fancy plywood terdapat banyak jenisnya tergantung jenis kayu dan bahan pelapis yang digunakannya.

Baca juga : Kayu Industri dalam Produk Kriya.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang 17 jenis Kayu Buatan semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock