2 Langkah Budi Daya Ayam Petelur, Wajib Tahu!

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 2 Langkah Mudah Budi daya Ayam Petelur yang mencakup Perancangan dan Kegiatan Budi Daya Unggas Petelur yaitu ayam Petelur.

Ayam adalah unggas petelur yang umum dibudi dayakan oleh masyarakat Indonesia dikarenakan permintaan dan kebutuhan masyarakat terhadap telur ayam yang tinggi.

Telur ayam paling umum dikonsumsi oleh masyarakat kita. Berdasarkan warna kulitnya, telur ayam terdiri atas telur putih atau coklat.

Jenis Ayam Petelur

Nah tahukah kamu sobat, jika Ayam petelur terdiri atas dua jenis ayam Petelur, yaitu:

  • Ayam petelur ringan (ayam petelur putih) memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
    • mempunyai badan yang ramping dan kecil, bulu berwarna putih,
    • Memiliki jengger merah.
    • Ayam petelur putih mampu bertelur sampai 260 butir setiap tahun.
  • Ayam petelur medium memiliki ciri seperti berikut ;
    • bobot tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan ayam petelur ringan sehingga dapat menghasilkan daging lebih banyak.
    • Ayam petelur medium memiliki telur berwarna coklat.
    • Telur yang dihasilkan ayam petelur medium lebih besar daripada telur yang dihasilkan oleh petelur putih. Tapi, jumlah dihasilkan lebih sedikit.

Setelah mengetahui tentang dua jenis w tersebut mari kita masuk ke dalam Langkah Budi Daya Ayam Petelur yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis dan beternak ayam petelur.

Baca juga : Cara Beternak Bebek Peking

2 Langkah Budi Daya Ayam Petelur, Wajib Tahu!
Budi Daya Ayam Petelur
Ayam petelur

Budi daya ayam petelur dibutuhkan sarana dan peralatan. Jadi kamu harus mempelajari sarana dan peralatan yang dibutuhkan dalam budi daya unggas petelur ini.

Perencanaan Budidaya Ayam Petelur

Dalam budi daya unggas petelur, pemilihan lokasi harus dilakukan sebaik mungkin. Lokasi yang sesuai untuk budi daya ayam petelur adalah jauh dari keramaian, mudah dijangkau untuk pemasaran, dan bersifat menetap.

Kandang

images 38 min
Contoh Kandang Battery

Kandang adalah kebutuhan utama dalam usaha budi daya ternak ayam. Kandang berguna untuk menjaga agar ayam peliharaan kita tidak berkeliaran, hingga memudahkan pemeliharaan, seperti pemberian pakan dan obat-obatan, serta memudahkan pemanenan atau pengumpulan hasil peternakan. Selain itu, kandang juga berfungsi untuk memperoleh hasil panen yang berkualitas.

Kandang yang umum digunakan pada budi daya unggas petelur adalah kandang sangkar yang dimodii kasi menjadi kandang battery. Kandang baterai merupakan kandang yang digunakan untuk beternak ayam petelur Berdasarkan ukuran dan bentuk, kandang baterai terbagi menjadi dua, yaitu sistem individu dan sistem koloni

Unggas petelur biasanya dipelihara terlebih dahulu dalam kandang postal, selanjutnya di pindahkan ke kandang battery jika dirasa sudah dewasa. Biasanya kandang battery diletakkan dalam bangunan kandang. Jadi, seolah-olah ada kandang dalam kandang.

images 39 min
contoh kandang Postal

Kandang battery dapat kamu buat dari kawat, kayu, atau bambu yang didesain sedemikian rupa sehingga telur dapat menggelinding keluar dari kandang battery. Biaya pembuatan kandang battery cukup besar, sedangkan keuntungan kandang battery adalah:

  • Memudahkan mengambil dan mengumpulkan telur.
  • Menghindarkan kerusakan telur .
  • Telur lebih bersih dari kotoran ayam.
  • Menghindari kanibalisme.

Setelah kamu membuat kandang, kamu juga buruh peralatan seperti tempat makan dan minum untuk ayam – ayam calon Petelur.

Untuk Kandang postal harus dilengkapi dengan tempat makan dan minum dan harus tersedia dalam jumlah yang cukup.

Pastikan Tempat makan dan minum pada kandang battery sudah menyatu dengan kandang yang dapat kamu buat dari bambu, almunium atau bahan lainnya yang kuat, tidak bocor, dan tidak berkarat.

Selain itu dikarenakan Ayam adalah hewan yang dingin, kamu juga harus memikirkan dan menyediakan pemanas di dalam kandang agar menjaga suhu ayam tetap stabil dan tidak mudah terkena penyakit. Pemanas kandang dapat menggunakan lampu berwatt tinggi.

Bibit

Bibit ayam petelur dapat kamu peroleh di penyedia bibit dan beberapa toko hewan. Tapi kamu harus memperhatikan bibit ayam yang digunakan disebut DOC (Day Old Chicken)/ayam umur sehari. Persyaratan bibit DOC adalah:

  • Berasal dari induk yang sehat.
  • Bulu tampak halus dan penuh serta baik pertumbuhannya.
  • Tidak cacat
  • Anak ayam mempunyak nafsu makan yang baik.
  • Ukuran badan normal, sekitar 3540 gram.
  • Tidak ada letakan tinja di duburnya.

Pakan

Yang harus diperhatikan dalam budidaya ayam petelur adalah pakan. Pemberian pakan ayam untuk ayam petelur merupakan kelanjutan dari pemberian pakan untuk ayam pada fase grower. Fungsi pakan pada ayam petelur adalah untuk pertumbuhan ukuran dan berat tubuh, produksi bulu dan telur, serta untuk pertahanan tubuh.

Pakan ayam dapat kamu buat dari bahan-bahan hasil pertanian, perikanan, peternakan, dan hasil industri yang mengandung zat gizi dan layak dipergunakan sebagai pakan, baik yang telah diolah maupun yang belum diolah.

Pakan ayam dapat kamu buat dari campuran bahan makanan, seperti jagung, kedelai, dan bahan lainnya sehingga memiliki komposisi nutrisi yang mengandung karbohidrat (kalori), serat kasar, protein, lemak, kalsium, dan fosfor, agar sesuai sebagai pakan unggas.

Atau kamu dapat membeli Pakan unggas yang sudah tersedia dalam bentuk siap pakai yang dapat dibeli di toko pakan ternak. Tapi pastikan sudah terdapat logo SNI (Standarisasi Nasional Indonesia).

Obat-obatan dan Vitamin

Obat-obatan untuk ayam dapat diberikan jika diperlukan, misalnya terdapat ayam yang sakit atau mencegah penyakit menular.

Obat-obatan yang diberikan harus disesuaikan dengan penyakit yang diderita oleh unggas. Obat juga diberikan sesuai dosis, jumlah, serta waktu yang tepat.

Vitamin berfungsi untuk membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan ayam. Kamu juga dapat menambahkan hormon pertumbuhan untuk mempercepat pertumbuhan unggas. Secara alami, unggas dapat tumbuh sehat jika mendapatkan pakan dalam jumlah yang cukup.

Peralatan panen

Peralatan panen yang paling umum adalah wadah untuk mengumpulkan telur yang telah dipanen, seperti ember, baskom, atau keranjang.

Baca juga : Cara merawat kura – kura brazil

Teknik budi daya Ayam petelur

Kegiatan budi daya ayam petelur meliputi:

Penyedia lahan.

Untuk dapat menjadi seorang peternak ayam Petelur yang sukses, kamu memerlukan lahan yang dapat digunakan untuk membuat kandang untuk ayam – ayam mu. Bisa lebih baik jika lahan dapat digunakan untuk membuat 2 kandang (postal dan battery)

Penyediaan Bibit

Bibit ayam dapat kamu beli di penyedia bibit atau peternak yang lebih besar. Resiko kematian ayam petelur dapat dikurangi dengan menggunakan bibit yang sudah agak besar, yaitu bibit ayam dara.

Meski Harga ayam dara jauh lebih lebih mahal dibandingkan ayam DOC. Namun, ayam dara bertelur lebih cepat, hingga kamu dapat mendapat keuntungan lebih cepat.

Penyediaan kandang

Kamu dapat membuat kandang menggunakan bahan – bahan sederhana dan berdasarkan bentuk dan luas lahan yang kamu miliki. yang penting dapat mencegah ternak keluar dan dapat melindungi dari hujan dan panas.

Yang paling penting adalah kandang harus bersih. Kandang yang digunakan dalam budi daya ayam petelur terdiri atas kandang koloni atau kandang postal dan kandang battery.

Mulai pembelian bibit DOC sampai ayam milik kamu petelur berumur 6 bulan, ayam dipelihara di kandang postal.

Lalu Setelah berumur 6 bulan, jika dirasa ayam petelur sudah mulai menghasilkan telur dan selanjutnya ayam petelur dipindahkan ke kandang battery.

Penyediaan pakan.

kebutuhan pakan sesuai umur ayam
Jenis pakan sesuai umur ayam

Selanjutnya adalah penyediaan Pakan untuk budi daya ayam petelur. Kamu dapat menggunakan pelet, tetapi untuk menghemat biaya, kamu bisa membuat sendiri pakan alternatif berbahan dedak, jagung, bungkil, dan tepung tulang atau bahan pangan lainnya yang terdapat di wilayah tempat tinggalmu.

Pakan ayam dibagi menjadi dua jenis, yakni pakan untuk DOC dan pakan ayam dara (fase grower). Namun, untuk peternak pemula, dianjurkan menggunakan pakan siap pakai dapat dibeli di toko pakanagar tidak berakhir merugi.

Tapi lambat lain, Dengan pengalaman yang kamu dapatkan, kamu bisa kok meramu sendiri pakan untuk ayam kamu sendiri dan bahkan jika pakan kamu berhasil kamu dapat menjualnya lagi untuk keuntungan tambahan.

Panen

Telur dipanen 3 kali dalam sehari agar kerusakan telur yang disebabkan oleh virus dapat terhindar. Berikut ini adalah jadwal Pengambilan telur :

  • Pengambilan pertama pada pagi hari antara pukul 10.00-11.00;
  • pengambilan kedua pukul 13.00-14.00;
  • pengambilan ketiga (terakhir) sambil mengecek seluruh kandang dilakukan pada pukul 15.00-16.00.

Pasca Panen

Kegiatan pascapanen budi daya unggas petelur meliputi penyortiran dan pembersihan telur. Telur yang telah dikumpulkan langsung disortirkan berdasarkan ukuran dan bentuknya, yaitu telur normal dan abnormal.

Jenis Hasil Panen Telur

  • Telur normal adalah telur yang oval, bersih, dan kulitnya mulus, serta beratnya 57,6 gram dengan volume sebesar 63 cc.
  • Telur yang abnormal misalnya telurnya kecil atau terlalu besar, kulitnya retak atau tidak rata, dan bentuknya lonjong.

Selanjutnya, telur dibersihkan dari kotoran dan litter yang menempel dengan cara dicuci atau diamplas pelan-pelan (pastikan hanya untuk membersihkan kotoran saja) kemudian telah siap untuk dikemas dan dipasarkan.

Jika kamu akan menjual telur. Jangan mencucinya dengan air, karena telur ayam dapat menjadi bibit penyakit seperti salmonella.

Telur dapat dijual langsung ke pedagang besar atau dikemas terlebih dahulu sebelum dipasarkan. Kamu juga bisa berkreativitas untuk mendesain kemasan telur sehingga menjadi lebih menarik dan dapat dijual dengan harga lebih tinggi daripada telur curah dan kamu dapat menjualnya melalui online.

Baca juga : Merawat Kelinci anggora.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang langkah Budidaya Ayam Petelur. Hasil tambahan yang dapat dinikmati dari hasil budi daya ayam petelur adalah ayam petelur yang sudah habis masa bertelur dapat dijadikan ayam petelur dan kotoran ayam yang dapat dijual untuk dijadikan pupuk organik.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock