25 Nabi dan Rasul Dalam Agama Islam

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam. Ke 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam ini wajib di imami atau dipercaya kebenarannya oleh umat Islam yang taat, karena para nabi dan rasul ini telah berjasa mengajarkan ajaran – ajaran agama Allah SWT Kemuka bumi ini.

Meski Allah SWT menurunkan banyak Wahyu kepada para nabi tapi tak semua para nabi ini adalah termasuk dalam kategori Rasul. Karena Nabi mendapatkan Wahyu untuk dirinya sendiri dan tak wajib untuk mengamalkannya sedangkan Rasul mendapatkan Wahyu dan ditugaskan untuk menyebarkan Wahyu tersebut.

Dan diantara banyak Nabi dalam Islam, terdapat 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang perlu diketahui. Berikut ini adalah kisah dari ke 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang telah kami rangkum untuk kamu.

25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam.

25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam

Nabi Adam A.S.

Nabi Adam adalah nabi pertama yang diciptakan oleh Allah dalam agama Islam, Kristen, dan Yahudi. Cerita tentang Nabi Adam menceritakan bagaimana Allah menciptakan Adam dari tanah dan meniupkan ruh ke dalam tubuhnya, di saat itu Allah SWT menyuruh Malaikat dan Jin untuk bersujud kepada Adam, Tapi Iblis yang diciptakan dari Api menolak, karena dia merasa lebih mulia dari Adam yang diciptakan dari Tanah. Allah SWT pun menghukumnya, sebelum di hukum iblis meminta izin kepada Allah SWT untuk mengganggu Adam dan keturunannya hingga Akhir Zaman Kelak.

Kemudian, Allah SWT menempatkan Adam di Surga dan memberinya perintah untuk tidak memakan dari pohon yang dilarang yaitu buah Khaldi. Namun, Siti Hawa yang tergoda oleh bisikan iblis untuk memakan buah tersebut membuat dia dan Adam akhirnya terjatuh dalam dosa. Karena itu, Adam dan istrinya Hawa diusir dari Surga ke bumi. Ini dipercayai sebagai awal dari kejatuhan manusia dan sejarah awal dosa.

Nabi Idris A.S

Nabi kedua dalam 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam adalah Nabi Idris A.S. Dia dijelaskan dalam Al-Qur’an sebagai Nabi yang “dapat dipercaya” dan juga sangat “sabar”. Beliau menjadi salah satu Nabi dan Rasul yang ditemui oleh Nabi Muhammad SAW di langit ke-4 ketika perjalanan Isra Mi’raj.

Dalam tradisi Islam diceritakan bahwa Idris dijadikan nabi dan Rasul oleh Allah SWT sekitar usia 40, hampir sama ketika Muhammad mulai mendapatkan Pertanda, dan hidup pada masa ketika orang mulai menyembah api. Beliau juga Nabi yang diberkahi oleh Allah dengan ilmu dan Pengetahuan.

Nabi Nuh A.S.

Kapal Nabi Nuh
Penggambaran Kapal Nabi Nuh

Nabi Nuh adalah salah satu nabi penting dalam agama Islam, Kristen, dan Yahudi. Menurut Alkisah, Nabi Nuh hidup selama 950 tahun dan dikirim oleh Allah untuk menyelamatkan umat manusia dari kehancuran yang disebabkan oleh kemaksiatan dan kekufuran.

Nabi Nuh memberikan peringatan kepada umat manusia selama beberapa puluh tahun, tetapi hanya sedikit yang mau mendengar dan mengikuti ajarannya. Akhirnya, Allah memutuskan untuk mengirim bencana besar berupa banjir yang akan menghancurkan seluruh umat manusia kecuali mereka yang berlindung di dalam kapal yang dibangun oleh Nabi Nuh. Bahkan diantara korban banjir tersebut terdapat istri dan anak nabi Nuh yang menolak ajakan dari Nabi.

Nabi Nuh membangun kapal itu dengan sangat teliti dan mengumpulkan binatang-binatang yang akan dia bawa ke dalam kapal tersebut. Ketika hujan turun, hampir semua orang berlarian ke kapal Nuh, tetapi hanya beberapa yang diterima karena mereka adalah orang-orang yang percaya kepada Nabi Nuh dan Allah.

Kapal itu kemudian terapung di atas air banjir selama beberapa bulan hingga air surut dan menemukan darat hingga akhirnya selamat. Kisah Nabi Nuh dan banjir besar ini diperingatkan dalam banyak kitab suci, termasuk dalam Alkitab, Injil, dan Al-Qur’an. Kisah ini dianggap sebagai peringatan akan pentingnya beriman dan taat kepada Allah serta menjauhi kemaksiatan dan kekufuran.

Nabi Hud A.S.

Nabi Hud adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan risalahnya kepada kaum ‘Ad, suku Arab yang bermukim di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Hadramaut di Yaman.

Kaum ‘Ad adalah kaum yang sangat kaya dan sombong, mereka menyembah berhala-berhala dan melupakan perintah Allah. Nabi Hud berusaha keras untuk menyadarkan mereka akan kesalahan mereka dan meminta mereka untuk kembali ke jalan yang benar, namun mereka tidak mau mendengarkan dan justru menolak risalahnya.

Akhirnya, Allah mengirimkan azab kepada kaum ‘Ad yang menyebabkan mereka binasa. Nabi Hud dan orang-orang yang beriman kepadanya selamat dari azab tersebut dan diterima oleh Allah. Kisah Nabi Hud dapat ditemukan dalam Al-Qur’an dalam surat Al-A’raf ayat 65-72 dan Hud ayat 50-60.

Nabi Saleh A.S.

Nabi selanjutnya yang termasuk dalam 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam adalah Nabi Saleh A.S. Ia diutus ke kaum Thamud / Tsamud. suku Arab yang hidup di wilayah yang sekarang dikenal sebagai Arab Saudi.

Kaum Thamud adalah kaum yang sangat kaya dan sombong, mereka juga menyembah berhala-berhala dan melupakan perintah Allah. Ketika Nabi Saleh mencoba mengingat mereka, kaum Thamud yang sombong meminta Nabi Saleh untuk membuktikan kebenaran dengan mengeluarkan keajaiban.

Lalu Allah SWT memberi kaum Thamud seekor unta betina yang diberkahi, sebagai sarana rezeki dan ujian. Mereka diminta untuk membiarkan unta merumput dengan damai dan menghindari menyakitinya. Namun Suku Thamud malah membunuh unta tersebut, hingga Allah SWT mengirimkan Azab kepada mereka.

Nabi Ibrahim A.S

Nabi Ibrahim AS adalah salah satu dari 5 Ulul Azmi (nabi dengan ketabahan yang luar biasa) dari ke 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam. Beliau Lahir pada saat Raja Namrud, seorang Raja yang Jahat dan mengakui dirinya sebagai Tuhan.

Di negeri Nabi Ibrahim AS, seluruh masyarakat menyembah berhala, menyembah matahari, bulan dan bintang yang membuat Nabi Ibrahim AS merenung dan menyadari keesaan Allah SWT.

ketika Dewasa dia menghancurkan semua berhala milik Raja Namrud, hingga dia dihukum dan dibakar hidup-hidup, tapi karena keagungan Allah SWT. Nabi Ibrahim AS bisa keluar dari api tersebut hidup – hidup.

Ketabahan Nabi Ibrahim AS. Juga diuji ketika dia diperintahkan oleh Allah SWT untuk untuk menyembelih anaknya, Isma’il, sebagai ujian keimanannya. meski Ragu – ragu, tapi karena kekuatan tekat anaknya Ismail membuatnya menjalankan tugas berat dari Allah SWT tersebut.

Hingga ketika Nabi Ibrahim bersiap untuk melakukannya, Allah SWT mengganti anaknya dengan seekor domba sebagai ganti anaknya, dan Ibrahim diakui sebagai Nabi yang sangat taat dan setia.

Nabi Ibrahim juga dikenal sebagai pembangun Ka’bah di Mekkah, yang saat ini menjadi tempat suci bagi umat Muslim untuk beribadah. Dia juga menjadi ayah dari banyak Nabi, termasuk Isma’il dan Ishaq. Dimana Nabi Ismail dikenal sebagai Bapak dari orang – orang Arab sedangkan Ishaq adalah Bapak dari orang- orang Yahudi.

Baca juga: 7 Iblis Lambang Dosa besar

Nabi Luth A.S.

Nabi Luth adalah salah satu nabi yang diagungkan dalam agama Islam, Kristen, dan Yahudi. Menurut cerita dalam Al-Qur’an, Nabi Luth adalah seorang nabi yang diutus oleh Allah untuk memperingatkan kaumnya yaitu Kaum Sodom yang dikenal karena sering melakukan perbuatan homoseksual dan perzinaan.

Nabi Luth berusaha keras untuk menyadarkan mereka dari perilaku buruk tersebut, tetapi mereka tidak mau mendengarkan peringatan-peringatannya.

Akhirnya, Allah mengirimkan azab kepada kaum Luth dengan mengirimkan badai besar yang menimpa mereka dan menghancurkan kota mereka. Hanya Nabi Luth, keluarganya dan beberapa orang yang beriman yang selamat dari azab tersebut.

Nabi Ismail A.S.

Nabi Ismail adalah salah satu nabi yang diagungkan dalam agama Islam, Kristen, dan Yahudi. Menurut cerita dalam Al-Qur’an, Nabi Ismail adalah anak dari Nabi Ibrahim dan Siti Hajar.

Kisah kenabian Ismail bermula ketika Allah SWT memberi perintah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya Ismail sebagai ujian keimanannya. dan Saat itu Nabi Ismail meyakinkan ayahnya untuk melakukan perintah Allah SWT. Namun, Allah kemudian memberikan seekor domba sebagai ganti dan menyelamatkan Ismail.

Selain itu, saat bayi Nabi Ismail dan Siti Hajar tinggal di daerah tandus yang sekarang kota Mekkah. Saat beliau kehabisan bekal makanan dan Minuman, Allah SWT memberikan sumber mata air yang terus mengalir hingga sekarang yaitu Sumur Zam – Zam.

Ismail kemudian menjadi ayah dari keturunan yang akan menjadi bapak dari suku Arab, yang dan salah satu keturunan beliau adalah Nabi Muhammad SAW.

Nabi Ishaq A.S.

Nabi Ishaq A.S adalah Anak dari Nabi Ibrahim AS dan Siti Sarah. Kisah Nabi Ishak bermula ketika Nabi Ibrahim dan Siti Sarah yang sudah tua sangat ingin memiliki anak, namun tidak dikaruniai anak hingga Sarah mengizinkan Siti Hajar menikahi Nabi Ibrahim. Setelah itu Allah SWT memberkati Sarah dengan anak yaitu Ishaq.

Nabi Ishaq ‘alaihis salam merupakan nabi ke-sembilan yang ditugaskan berdakwah di wilayah Palestina menggantikan ayahnya yaitu Nabi Ibrahim yang pada saat itu telah menginjak usia senja. Wilayah dakwah Nabi Ishaq adalah di daerah Kan’an dan Syam.

Nabi Ishak kemudian menjadi ayah dari keturunan yang akan menjadi bapak dari suku Yahudi dan dari keturunannya muncul beberapa nabi seperti nabi Yaqub dan Nabi Yusuf.

Nabi Yaqub A.S.

Nabi Ya’qub adalah salah satu dari 25 nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang dicatat dalam Al-Qur’an. Dia adalah ayah dari 12 anak (atau 12 Keluarga Yahudi), termasuk Yusuf yang dianggap sebagai salah satu Rasul dalam Al-Qur’an.

Kisah Nabi Ya’qub sangat erat kaitannya dengan kisah anaknya, Nabi Yusuf. Nabi Yusuf dikisahkan dalam Al-Qur’an memiliki kemampuan untuk melihat mimpi yang menunjukkan bahwa ia akan menjadi seorang pemimpin dan raja di kemudian hari.

Karena itu kakak dan Saudara Nabi Yusuf sangat Iri padanya dan menjualnya menjadi budak hingga ke Mesir, tapi di Mesir hidup Nabi Yusuf berubah hingga dia diangkat menjadi orang kepercayaan Raja.

Nabi Ya’qub sangat merindukan anaknya dan berdoa kepada Allah untuk menemukannya. Allah menjawab doa Nabi Ya’qub dan menunjukkan kepada Nabi Ya’qub jalan untuk menemukan Nabi Yusuf di Mesir. Nabi Ya’qub dan keluarganya kemudian pindah ke Mesir dan hidup di sana sampai akhir hayatnya.

Nabi Yusuf A.S.

Nabi Yusuf A.S. adalah 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang diberi keistimewaan oleh Allah SWT. dikisahkan dalam Al-Qur’an memiliki kemampuan untuk membaca mimpi dan Paras Wajah yang sangat Rupawan.

Ketika beliau dijual ke Mesir, Nabi Yusuf dijual kepada seorang menteri dan memiliki istri yang bernama Zulaikha. Ketika jamuan makan di rumah Zulaikha, para tamu yang datang terpana Kana ketampanan Nabi Yusuf, bahkan ada orang yang tak sengaja mengupas tangannya sendiri saat sedang mengupas apel karena melihat paras Tampan Nabi Yusuf A.S.

Melihat paras Nabi Yusuf yang rupawan, Zulaikha jatuh cinta kepadanya, dan mulai menggoda Nabi Yusuf. Tapi karena ketaatannya Nabi Yusuf menolak Zulaikha hingga dia merencanakan rencana jahat.

Zulaikha yang marah memutuskan untuk memfitnah Nabi Yusuf dengan mengadukan ke suaminya jika Nabi Yusuf selama ini berusaha menggodanya dengan menunjukkan bajunya yang robek.

Akibat fitnah dari Zulaikha, Nabi Yusuf pun dijebloskan ke penjara. Untungnya, kebenaran terkait pertengkaran Nabi Yusuf dan Zulaikha berakhir dengan adil karena Nabi Yusuf terbukti tidak bersalah.

Selain itu juga Nabi Yusuf A.S berhasil menafsirkan Mimpi Raja Mesir saat itu hingga dia diangkat menjadi seorang menteri, hingga akhirnya dia dipertemukan lagi dengan ayah dan saudara – saudaranya.

Nabi Ayyub As.

Nabi Ayyub A.S adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam dan dianggap sebagai salah satu Nabi tersabar. Karena beliau diuji oleh Allah SWT melalui penderitaan panjang dengan penyakit kulit hingga hartanya habis namun sampai akhir hayatnya beliau tetap taat kepada Allah SWT.

Nabi Syu’aib A.S.

Nabi Syuaib As adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang diutus untuk kaum Madyan, kaum ini ingkar dan menolak ajakan Nabi Syuaib As untuk menyembah kepada Allah SWT.

Nabi Syu’aib menyeru agar kaumnya menyembah Allah SWT, dan melarang tindakan buruk yang biasa mereka lakukan, seperti curang dalam berdagang dan menghalang-halangi orang untuk beriman.

Tapi Kaumnya itu menolak hingga Allah SWT menurunkan ujian berupa badai panas, awan hitam, hingga gempa bumi kepada kaumnya tersebut.

Nabi Musa A.S

Nabi Musa A.S adalah salah satu dari 5 Ulul Azmi dari 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam karena ketabahan beliau dalam menyebarkan agama dan Wahyu dari Allah SWT.

Dimulai dari beliau yang dibuang oleh ibu Kandungnya ke sungai karena takut anaknya diburu oleh Fir’aun Mesir yang bermimpi seorang Anak akan menghancurkan dirinya, hingga dia ditemukan oleh keluarga Raja yang mengangkatnya menjadi Anak.

Ketika dewasa, Nabi Musa diperintahkan oleh Allah untuk pergi ke Firaun dan meminta agar Bani Israil diizinkan untuk meninggalkan Mesir dan mengikuti agama mereka. Tapi Fir’aun yang marah menolak permintaan dari Nabi Musa. malah menindas Bani Israil dengan lebih keras.

Hingga Akhirnya, Allah SWT memberikan beberapa Wahyu kepada beliau salah satunya adalah ketika tongkat yang dipegang beliau menjadi ular besar yang memakan ular dari tukang sihir milik Fir’aun.

Terakhir ketika beliau dan Bani Israil yang melarikan diri dari kejaran bala tentara Fir’aun menuju tanah Betlehem dan dihadang oleh Laut merah, Allah SWT memerintahkan dia untuk menghentakkan Tongkat hingga Laut terbelah dan membuat dia dan para pengikutnya selamat dari kejaran Fir’aun yang hanyut saat laut itu menyatu kembali seperti semula.

Selain itu beliau juga pergi ke gunung Sinai untuk mendapatkan Wahyu 10 Perintah dan 7 Dosa Besar serta Kitab Taurat yang dianggap sebagai kitab penting dalam 3 agama Samawi.

Nabi Harun A.S

Nabi Harun (dikenal juga sebagai Aaron) adalah salah satu dari 25 nabi yang dicatat dalam Al-Qur’an. Dia adalah saudara kandung Nabi Musa dan juga diutus oleh Allah sebagai seorang nabi. Nabi Harun memiliki peran penting dalam sejarah Bani Israil dan dikenal sebagai seorang pemimpin yang setia dan berbakti.

Dia mendampingi Nabi Musa A.S ketika beliau menghadapi Fir’aun dan berhasil pergi menuju ke Tanah dijanjikan Bethlehem. Meski dalam Alquran dia melakukan kesalahan ketika Nabi Musa pergi ke Gunung Sinai, karena membiarkan Samiri dari Bani Israil membuat Patung Sapi Emas.

Melihat hal itu membuat, Nabi Musa sangat marah, hingga dia memarahi Harun dan menghancurkan sapi emas tersebut. Setelah mengetahui bahwa Samiri yang bertanggung jawab, Musa pun mengusir Samiri.

Nabi Zulkifli A.S

Nabi Zulkifli A.S adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam. Beliau keturunan Nabi Ayyub AS yang mewarisi sifat kesabaran dan kesalehan dari Ayahnya. Beliau bernama Asli Basyar dan berganti nama setelah diangkat menjadi Raja di Syam.

Nabi Zulkifli ini kemudian menjadi raja yang tidak pernah lalai dalam menjalankan tugasnya. Beliau memenuhi semua kebutuhan rakyatnya secara adil dan meski terjadi beberapa pemberontakan dari Rakyatnya yang kafir atas perlindungan Allah SWT beliau selalu mengalami kemenangan dalam peperangan.

Salah satu Kisah Nabi Zulkifli A.S adalah dimana beliau tetap bersabar ketika digoda oleh iblis yang tidak menepati janjinya.

Nabi Daud A.S.

Nabi Daud (dikenal juga oleh Bani Israil sebagai Raja David) adalah salah satu dari 25 nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang dicatat dalam Al-Qur’an.

Dia diutus oleh Allah sebagai seorang nabi dan pemimpin Bani Israil. Salah satu kisah yang paling terkenal tentang Nabi Daud adalah pertempurannya melawan Jalut (dikenal juga sebagai Goliath), seorang Raja raksasa yang diutus oleh musuh Bani Israil untuk mengalahkan mereka.

Nabi Daud, meskipun saat itu masih sangat muda dan tidak berpengalaman, berani menantang Jalut untuk berperang dengannya hanya dengan memakai senjata ketapel.

Daud dengan kemampuannya berhasil melayangkan peluru batu ketapelnya tepat di antara kedua mata Jalut hingga dia berteriak keras, roboh dengan dahi yang pecah.

Nabi Daud dikenal sebagai seorang pemimpin yang adil dan berwibawa, serta juga sebagai seorang pemuda yang berani dan berkemampuan dalam berkuda, bernyanyi dan dapat melelehkan Besi. Selain itu beliau juga mendapatkan sebuah kitab bernama Kitab Zabur sebagai Wahyunya.

Nabi Sulaiman A.S

Nabi Sulaiman A.S (atau dikenal juga sebagai Raja Solomon) adalah seorang Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang dianugerahi berbagai kemampuan yang luar biasa. Beliau adalah raja kaya raya anak dari Nabi Daud yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan binatang dan bahkan bangsa Jin.

Bahkan Dalam Al-Qur’an Surah An-Naml. ia bersama bala tentara yang terdiri dari manusia, jin, dan burung-burung, melintasi jalur kerajaan Semut yang memintanya untuk tidak menginjak kerajaan Semut, dan Nabi Sulaiman menyuruh semua anak buahnya untuk berhati hati.

Selain itu kisah Nabi Sulaiman juga tercatat dalam Alquran ketika memindahkan Singgasana Ratu Balqis dari Negeri Saba ke istananya dalam sekejap mata.

Nabi Ilyas A.S.

Nabi Ilyas A.S atau dikenal dalam Tradisi Agama Yahudi sebagai Elia adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang ditunjuk oleh Allah SWT untuk menyebarkan Wahyu kepada kaum Bani Israil di kota kota Sarepta, yang terletak di wilayah sekarang Lebanon.

Nabi Ilyas bahkan diusir oleh kaumnya karena Kaum nabi Bani Israil tak mau menerima ajakan dan dakwah nabi Ilyas untuk menyembah Allah SWT dan malah menyembah Berhala bernama Baal. Bahkan Raja Bani Israil saat Itu Raja Ahab membunuh dan mengambil hak anak yatim meski telah diperingati oleh Nabi Ilyas.

Akhirnya, Nabi Ilyas meminta pertolongan dari Allah dan Allah mengirimkan kemarau panjang hingga akhirnya Raja Ahab dan istrinya meninggal dunia.

Nabi Ilyasa A.S

Nabi Ilyasa As adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang melanjutkan misi dakwah dari Nabi Ilyas kepada para kaum Bani Israil. Karena setelah wafatnya Nabi ilyas AS, kaum Bani Israil yang tadinya sudah mulai berada di jalan Allah SWT malah kembali menyembah berhala dan durhaka serta menyekutukan Allah SWT.

Meski begitu Nabi Ilyasa AS terus berusaha untuk mengembalikan kaumnya kembali ke jalan yang benar yakni menyembah Allah SWT dan menjadi pemimpin Bani Israil, di nabi Ilyasa adalah nabi yang menyerahkan Kekuasaannya kepada Nabi Zulkifli A.S.

Nabi Yunus A.S.

Nabi Yunus A.S adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang memiliki kisah inspiratif. Beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyampaikan pesan-Nya kepada kaum Nineveh, di wilayah sekarang Irak.

Tapi Kaum Nineveh adalah kaum yang kafir dan sombong, dan mereka melakukan berbagai kemungkaran dan kesyirikan hingga membuat Nabi Yunus A.S putus asa dan memutuskan untuk pergi dari kota tersebut tanpa izin Allah SWT.

Saat dia menaiki Kapal untuk meninggalkan kota tersebut. Namun, kapal itu diterjang badai besar, dan kapten kapal itu memutuskan untuk melemparkan Nabi Yunus ke laut agar kapal itu selamat.

Nabi Yunus kemudian ditelan oleh ikan paus besar, Beliau pun bertobat dan meminta pertolongan kepada Allah SWT. Hingga Allah menyelamatkan dia dan mengirimkan ikan besar untuk membuangnya ke daratan.

Nabi Yunus menyadari kesalahannya dan kembali ke kota Nineveh untuk menyampaikan pesan Allah. Kepada kaum Nineveh. Hingga Mereka akhirnya bertaubat dan mengikuti Nabi Yunus.

Nabi Zakaria A.S.

Nabi Zakaria A.S adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang diturunkan kepada kaum Bani Israil yang hidup di Palestina dan lahir pada tahun 91 Sebelum Masehi.

Semasa hidupnya, Nabi Zakaria bekerja sebagai tukang kayu untuk menghidupi keluarganya. Nabi Zakaria adalah nabi termasyhur yang merupakan keturunan dari Nabi Sulaiman dan Nabi Daud dan dianggap menjadi nabi ketika berumur 90 tahun.

Nabi Yahya A.S.

Nabi Yahya A.S adalah salah satu dari 25 Nabi dan Rasul dan juga anak dari Nabi Zakaria As yang lahir ketika usianya sudah sangat tua. Di kalangan bani Israil, Nabi Yahya as dikenal sebagai ahli agama dan hafal kitab Taurat.

Nabi Isa A.S

Nabi Isa adalah salah satu dari 5 Ulul Azmi dan 25 nabi dan Rasul dalam Agama Islam yang dicatat dalam Al-Qur’an. Dia diutus oleh Allah untuk menyampaikan pesan-Nya kepada umat manusia. Beliau mendapat Wahyu berupa sebuah kitab yaitu kitab Injil.

Nabi Isa dipercayai sebagai seorang yang dilahirkan dari seorang ibu yang tidak pernah menikah, melalui mukjizat dari Allah. Ketika masih bayi beliau sudah dapat berbicara dan diutus oleh Allah SWT untuk memberikan kabar gembira

Beliau memiliki beberapa wahyu yaitu menyembuhkan orang sakit, merubah air menjadi Wine, dan juga dipercayai sebagai seorang yang memiliki kekuatan untuk menghidupkan orang mati.

Dalam kepercayaan Kristen, Nabi Isa A.S ditangkap oleh Romawi karena Muridnya Yudas Yang berkhianat, hingga beliau di Salib dan lalu dihidupkan kembali.

Namun, dalam Al-Qur’an menyatakan bahwa Allah menyelamatkan Nabi Isa dari kematian dan merubah Wajah Yudas menjadi mirip dengan Nabi Isa Hingga dia akhirnya di Salib. Sedangkan Allah SWT mengangkatnya ke surga dan akan menurunkannya kembali saat di Hari Akhir untuk melawan kemaksiatan dan Dajjal.

Nabi Muhammad SAW

Yang Terakhir dalam 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam, salah Satu dari 5 Ulul Azmi dan juga nabi terpenting dalam Agama Islam adalah Nabi Muhammad SAW. Yang diwahyukan oleh Allah untuk menjadi Nabi penutup dan Nabi dan Rasul di Akhir Zaman.

Sebelum beliau lahir, Kota Mekkah dan Kabah mendapatkan serangan dari Pasukan Raja Abrahah dan Pasukan Gajah. Tapi atas perlindungan Allah SWT yang menurunkan Burung ababil yang membawa batu dari neraka pasukan Gajah pun hancur.

Meski ditinggal orang tuanya sejak lahir, beliau tumbuh besar dengan didikan dari Pamannya Abu Tholib, Di mana beliau diajarkan cara berdagang dan dari sana beliau dikenal sebagai orang yang sangat jujur atau dengan Julukan “Al-Amin”

Dan di usia 40 tahun setelah menikah dengan Siti Khadijah, Beliau yang merasakan kejahatan dari Bani Quraisy, menyendiri di Gua Hira, dimana dia bertemu dengan Malaikat Djibril, yang menyampaikan Wahyu pertama yaitu Surah Al-‘Alaq’ atau Iqro.

Baca juga : 11 Pertanda Akhir Zaman.

Dan itulah kawan penjelasan mengenai 25 Nabi dan Rasul dalam Agama Islam, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Sampai jumpa di postingan berikutnya hanya di ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock