3 Jenis Karbohidrat Berdasarkan Susunan Kimia

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 3 Jenis Karbohidrat berdasarkan Susunan Kimia. Kita mungkin sering mendengar istilah karbohidrat ketika membahas tentang makanan.

Karbohidrat adalah sumber kalori utama bagi manusia. Walaupun jumlah kalori yang dihasilkan hanya 4 kalori dari 1 gram karbohidrat, namun bila dibanding protein dan lemak, karbohidrat merupakan sumber kalori yang lebih mudah didapat. Karbohidrat menjadi zat gizi utama yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh.

Disamping itu beberapa sumber karbohidrat memiliki mengandung serat (dietary fiber) yang berguna bagi pencernaan kita. Dietary Fiber adalah Serat pangan merupakan sejenis karbohidrat yang ditemukan dalam makanan nabati dan sangat berguna bagi kita.  sebab itu, kekurangan karbohidrat dapat memicu masalah kesehatan bagi kita.

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi semua individu. Karbohidrat mudah di dapatkan dan hampir semua bahan makanan mengandung karbohidrat dan ketika tubuh mengkonsumsi karbohidrat tubuh mengolahnya menjadi glukosa.

Jenis Karbohidrat.

Secara umum terdapat dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks yang dibedakan lewat cara tubuh dalam pengolahannya.

Karbohidrat sederhana.

ezgif.com gif maker 4
Sumber Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana adalah senyawa yang dapat dicerna dengan cepat dan mudah oleh tubuh kita untuk dapat cepat dijadikan energi. karbohidrat sederhana dapat ditemukan pada :

  • Buah – buahan
  • Susu
  • Makanan Manis

Hanya saja Karbohidrat Sederhana memiliki kadar gula yang tinggi hingga dapat berpotensi meningkatkan gejala kolesterol tinggi.

Karbohidrat Kompleks

Jenis Karbohidrat

Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang memiliki molekul gula yang terhubung menjadi rantai panjang dan rumit. karbohidrat kompleks diantaranya :

  • Sayuran
  • Biji – bijian dan Kacang – kacangan.

Baca juga : 10 jenis Karbohidrat di Indonesia

3 Jenis karbohidrat Berdasarkan Susunan Kimia.

Berdasarkan susunan kimia dari karbohidrat, maka karbohidrat terbagi tiga, yaitu :

  • Monosakarida
  • Disakarida
  • Polisakarida

Monosakarida

Monosakarida adalah karbohidrat yang paling sederhana dan merupakan molekul terkecil dari hidrat arang. Monosakarida dapat langsung diserap oleh tubuh melalui dinding usus dan masuk ke dalam aliran darah. Terbentuknya monosakarida di dalam tubuh terbentuk dari pemecahan kedua macam sakarida lainnya.

3 Macam Monosakarida

Ada 3 macam monosakarida, yaitu:

  • Glukosa atau disebut juga sebagai dektrosa. Zat gizi ini banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Semua jenis karbohidrat dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa.
  • Fruktosa atau levulosa adalah Zat yang bersama dengan glukosa terdapat dalam buah-buahan, terutama terkandung dalam madu sehingga memberikan rasa manis yang khas pada madu.
  • Galaktosa adalah pecahan dari disakarida, sering juga disebut dengan gula susu, karena dapat dibuat dari susu sapi atau ASI.

Disakarida.

Disakarida merupakan penggabungan dari dua macam molekul monosakarida. Pemecahan terjadi di dalam tubuh dengan adanya bantuan enzim.

Macam Disakarida

  • Sukrosa (Gula pasir) sukrosa dipecah menjadi glukosa dan fruktosa.
  • Maltosa merupakan hasil antara pemecahan zat pati. Maltosa akan dipecah kembali menjadi dua molekul glukosa. Terdapat pada gandum yang sedang tumbuh (kecambah)
  • Laktosa (Gula Susu) Jenis karbohidrat ini banyak terdapat pada susu. Di dalam tubuh laktosa sulit untuk dicerna dibandingkan dengan sukrosa dan maltosa. Orang yang sulit mencerna Laktosa disebut Laktosa Intoleran.

Polisakarida.

Polisakarida adalah karbohidrat yang memiliki polimer yang panjang dan tersusun dari ratusan hingga ribuan monosakarida. Beberapa polisakarida yang penting ialah zat pati, glikogen, dan selulosa.

Polisakarida merupakan padatan amorf yang tidak berwarna dan tidak memiliki rasa. Hingga sering digunakan untuk memberikan tekstur, kekentalan, cita rasa, ketetapan, gelasi, dan ketahanan pada bahan – bahan makanan.

Macam Polisakarida.

  • Zat pati merupakan sumber kalori yang sangat penting, karena sebagian besar karbohidrat dalam makanan terdapat dalam bentuk zat pati.
  • Selulosa merupakan bagian dari tumbuhan yang tak dapat dicerna oleh organ pencernaan pada manusia. Namun selulosa memiliki manfaat lain bagi tubuh. Seperti Merangsang alat pencernaan atau Membentuk volume makanan atau Membantu memadatkan feses.

Baca juga : Teknik Penanaman Vegetatif.

Serat.

BSerat juga merupakan bagian dari karbohidrat yang tidak kalah pentingnya. Serat banyak terdapat pada sayuran, terutama pada bagian daun dan buah. Semakin tua buah dan sayuran makin banyak kandungan seratnya.

Sifat serat adalah sukar larut dan tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat tidak berguna untuk pertumbuhan, namun bermanfaat bagi tubuh manusia.

Fungsi Serat.

  • membantu proses pencernaan makanan
  • membantu menurunkan berat badan
  • Serat juga dapat mengurangi penyerapan lemak sehingga tingkat kolesterol darah turun dan resiko penyakit jantung koroner kecil.
  • Memelihara kesehatan tubuh (menarik air dari pembuluh darah sehingga feces jadi lunak, dan mendorong pengeluaran yang efisien melalui usus).

Baca juga : Pengertian Anabolisme adalah.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang 3 Jenis Karbohidrat Berdasarkan Susunan Kimia semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di Ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock