3 Jenis Kertas Gambar Dalam Teknik Cat Air

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 3 Jenis Kertas Gambar Dalam Teknik Cat Air. Seperti kita tahu dalam penggunaan cat air atau Teknik aquarelle diperlukan kanvas ataupun kertas gambar khusus karena kita akan kesulitan dalam menggambar menggunakan kertas biasa.

Kertas gambar adalah salah satu media untuk menggambar dan melukis dengan menggunakan cat air selain kanvas. Tapi meski Kertas dan kanvas sama- sama berserat, namun kanvas kertas sangat berbeda saat digunakan dengan menerapkan teknik aquarelle.

Karena efek goresan kuas yang dihasilkan pada bidang kertas jauh lebih artistik dibanding yang dihasilkan diatas kanvas. Hal ini disebabkan karena kain kanvas harus diplamir dahulu sebelum digunakan untuk melukis.

Dan ada 3 Jenis Kertas Gambar Dalam Teknik Cat Air yang dapat digunakan untuk melukis menggunakan Cat Air ini, apa saja kah ? Mari kita simak penjelasannya.

3 Jenis Kertas Gambar Dalam Teknik Cat Air

Kertas Aquarel

Sumber : Aliexpress

Kertas Aquarel adalah kertas khusus yang digunakan untuk menggambar dan melukis dengan bahan cat air. Kertas Aquarel yang bermutu tinggi tidak menggunakan bahan kimia dan tidak diputihkan dengan klorin, sehingga dalam waktu yang lama tidak akan merubah warna lukisan kita.

Berbeda dengan kertas biasa untuk menulis. Berat ideal kertas aquarelle untuk melukis dengan cat air, adalah sekitar 200 gsm. Tapi untuk kita yang pemula Kertas Aquarel 150 gsm masih tergolong bagus, tapi semakin besar gsm, semakin baik.

Karena Kertas dengan ketebalan 300 gsm mampu untuk menampung atau menerima cat air dengan konsentrasi air yang tinggi saat digunakan dalam melukis. Walaupun sebetulnya kertas Aquarel dengan ketebalan di atas 200 gsm sudah dapat dimasukkan dalam kelas profesional, atau kelas artist komersial.

3 Macam Tingkatan Kertas Aquarel

Ada 3 macam tingkatan kertas Aquarel yang perlu untuk kita ketahui yaitu :

  • rough,
  • hot-pressed (HP)
  • cold-pressed (not)

Kertas rough bertekstur paling kasar sedangkan kertas HP bertekstur halus/rata dan cepat kering dalam penggunaannya, sementara kertas not atau cold-pressed berada di antaranya.

Tapi Kebanyakan seniman cat air yang sudah profesional menggunakan kertas not, karena dianggap sangat cocok dalam penggunaan teknik wet-on-wet yang spontan.

wet-on-wet adalah teknik memulaskan warna kedua sebelum warna yang pertama mengering di atas kertas. Dengan begitu, pigmen warna akan tercampur membentuk sebuah percampuran yang sulit diduga kemana arahnya namun punya karakteristik yang khas.

Efeknya mirip tie-dye pada saat pengerjaan proyek pencelupan kain, tapi percampuran ini masih bisa kita manipulasi lagi. Semakin basah lapisan warna pertama, makin kreatif percampurannya dengan warna kedua. Kertas jenis rough kurang cocok untuk gambar yang membutuhkan bagian yang kecil-kecil dan akurat.

Baca juga : 3 Teknik Lukis Realisme.

Kertas Gambar Padalarang

Kertas Gambar yang bernama unik karena dinamai berdasarkan pabrik pertama di Indonesia yang membuat kertas jenis ini berada di kota Padalarang (Jawa Barat), tapi di pabriknya sendiri kertas ini disebut kertas Refor. Kertas jenis ini mempunyai permukaan yang agak kasar.

Kertas gambar Padalarang sendiri ukuran A2. Atau 55 x 75 cm, dengan berat sekitar 120 gsm. Meski banyak dianggap kurang memenuhi syarat untuk cat air, karena ketebalan kurang dari 150 gsm, hingga dikenai air mengakibatkan kertas bergelombang. Tapi karena harganya relatif murah jadi sering digunakan.

Kertas ini banyak dijumpai dalam bentuk buku isi 12 lembar, berkuran A3 atau A4, dengan nama Drawing Book dan Sketch Book.

Kertas Manila

Kertas Manila atau Karton Manila lebih tebal kalau dibandingkan dengan kertas padalarang, dengan permukaannya yang licin dan halus dan juga biasanya memiliki berbagai pilihan warna, tapi yang sering digunakan untuk melukis yang berwarna putih.

Biasanya Kertas Manila atau Karton Manila ini, Banyak digunakan menggambar oleh para pelajar untuk melukis dan menggambar menggunakan cat air (water colour), tinta, spidol, atau cat poster. Karena Harganya relatif murah, cocok untuk pelukis pemula.

Baca Juga : Jenis Alat Pahat Ukir Kayu.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang 3 Jenis Kertas Gambar Dalam Teknik Cat Air. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version