3 Sistem Perangkat Lunak dalam Komputer Kita

Halo sobat Kali ini kita akan membahas tentang 3 Sistem Perangkat Lunak dalam Komputer Kita agar dapat bekerja secara baik, maksimal dan dapat membantu kita mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas kita.

Perlu kalian ketahui untuk melakukan pemrosesan informasi, Komputer kesayangan kamu harus bekerja mengikuti dasar instruksi dari user atau pemakai. Sekumpulan instruksi ini diperlukan untuk mengatur jalannya perangkat keras (Hardware) dalam komputer.

Instruksi-instruksi dasar inilah yang sering kita sebut sebagai program atau perangkat lunak atau disebut software. Nah untuk mengetahui tentang 3 Sistem Perangkat Lunak dalam Komputer, mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

3 Sistem Perangkat Lunak dalam Komputer

Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak dapat dikelompokkan dalam beberapa kelompok yaitu sebagai berikut :

  • Sistem operasi
  • Bahasa pemrograman
  • Utilitas

Sistem Operasi Adalah

Sumber : Wikipedia.com

Sistem operasi adalah perangkat lunak atau software yang mengatur dan mengendalikan perangkat keras atau Hardware komputer agar dapat dijalankan oleh pengguna.

Fungsi Sistem Operasi (OS)

Sistem operasi mempunyai fungsi dan tugas sebagai berikut :

  • Mengelola proses jalannya suatu program dalam komputer.
  • Mengelola pemakaian sumber daya komponen hardware komputer seperti CPU, memori, GPU dan lain sebagainya, pada saat komputer sedang dijalankan.
  • Mengelola akses data dalam peranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
  • Sistem operasi menyediakan berbagai teknik yang menjamin integritas, kerahasiaan data dan keamanan data pengguna.
  • sistem operasi dapat menjadwalkan pekerjaan mana yang harus dijalankan dalam urutan apa dan bagaimana waktu harus dialokasikan untuk setiap aplikasi.

Baca juga : Mengenal Artifisial Intelegensi atau Kecerdasan Buatan

Tipe Sistem Operasi

Ada beberapa tipe sistem Operasi yang digunakan di pasaran.

Batch OS.

Batch OS adalah sistem operasi yang tidak langsung berinteraksi dengan komputer. Sebagai gantinya, seorang operator mengambil pekerjaan serupa dan mengelompokkannya menjadi satu batch, dan kemudian batch ini dikerjakan satu per satu, dengan yang tugas pertama datang akan langsung dilayani.

Distributed OS

Distributed OS adalah sistem operasi yang berbagai tugas komputer terhubung melalui saluran komunikasi tunggal. Komputer independen ini memiliki unit memori dan CPU dan dikenal sebagai sistem yang digabungkan secara longgar.

Manfaat utama dari jenis sistem operasi seperti ini adalah bahwa pengguna dapat mengakses file yang tidak ada di sistemnya tetapi sistem lain yang terhubung. Selain itu, akses jarak jauh tersedia untuk sistem yang terhubung ke jaringan ini.

Multitasking OS

Multitasking OS dikenal sebagai sistem operasi time-sharing karena setiap tugas dapat dikerjakan bersamaan ataupun time sharing sehingga semua tugas bekerja secara efisien.

Sistem ini menyediakan akses ke sejumlah besar pengguna, dan setiap pengguna mendapatkan waktu CPU seperti yang mereka dapatkan dalam satu sistem.

Network OS

Sistem operasi Network OS adalah sistem yang dijalankan di server untuk mengatur semua fungsi jaringan atau Network. Sistem Operasi ini dapat digunakan untuk berbagi berbagai file, aplikasi, printer, keamanan, dan fungsi jaringan lainnya melalui jaringan seperti LAN atau jaringan pribadi lainnya.

Real-Time OS

Sistem operasi Real time OS adalah sistem operasi yang berjalan berdasarkan waktu nyata atau Real Time. Sistem operasi ini berguna di mana banyak peristiwa terjadi dalam waktu singkat atau tenggat waktu tertentu, seperti simulasi waktu nyata.

Nah, kawan Sistem Real Time OS ini dibagi menjadi dua yaitu :

  • Soft real-time OS, adalah sistem operasi untuk aplikasi di mana batasan waktu tidak terlalu ketat. Hingga tugas yang penting akan dikerjakan duluan, biasanya digunakan untuk hal yang dapat dilakukan nanti seperti mesin reservasi.
  • Hard real-time OS, adalah sistem operasi untuk menjalankan aplikasi yang harus ontime (tepat waktu di mana setiap penundaan sekecil apa pun juga tidak dapat diterima. Batasan waktu aplikasi tersebut sangat ketat. Sistem ini biasanya dibuat untuk peralatan penyelamatan jiwa seperti parasut dan airbag, yang harus digunakan segera mungkin ketika terjadi kecelakaan.

Mobile OS

Mobile OS adalah sistem operasi yang digunakan di dalam perangkat handphone pintar kita. platform Dimana aplikasi lain dapat berjalan di perangkat seluler milik kita. Contohnya kalian bisa main Mobile Legend di Handphone kamu bukan?

Contoh Sistem Operasi

Sumber : techcaption.com

Berikut ini jenis dan contoh sistem operasi yang sering kita temui.

DOS (Disk Operating System)

Dia adalah sistem operasi yang berasal dari disk (Disk Operating Sistem) Jenis ini merupakan sistem operasi generasi awal yang dirancang untuk komputer tunggal/Personal Computer (PC). Pada saat ini, sistem operasi ini jarang digunakan lagi karena kurang interaktif.

Unix

Unix pertama kali digunakan oleh komputer jenis IBM, HP, dan Sun Solaris. merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan merupakan sistem operasi tertua. Bagian dari Unix yaitu:

  • Unix
  • OpenBSD
  • FreeBSD

Microsoft Windows

Microsoft Windows merupakan sistem operasi paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Sistem operasi buatan Microsoft ini populer karena tampilan antarmuka grafisnya yang user-friendly karena menggunakan pendekatan GUI.

Versi awal Windows bekerja dengan sistem operasi Microsoft sebelumnya yang disebut MS-DOS, menyediakan antarmuka grafis modern di atas perintah berbasis teks tradisional DOS.

Pada Desember 2021 telah dirilis Windows 11 yang bisa dicoba oleh semua orang dilansir zdnet.com.

Macintosh/ Mac OS

Pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user friendly) dibandingkan dengan yang lainnya berjalan di laptop dan desktop Apple, Macintosh didasarkan pada keluarga sistem operasi Unix yang bersejarah sejak penelitian pada 1960-an di AT&T’s Bell Labs.

MacOS dikenal dengan fitur-fiturnya yang ramah pengguna, termasuk Siri, asisten pribadi suara alami, dan FaceTime, aplikasi panggilan video Apple.

Linux

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds, sistem operasi ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dari tahun ke tahun. Hal ini karena Linux merupakan perangkat lunak bebas (open source software).

Dimana kita dapat Secara legal memodifikasi dan mengembangkan perangkat lunak sesuai kebutuhan, dapat didistribusikan ke siapa saja dan tidak terikat dengan lisensi penggunaan atau kewajiban membayar royalti.

Selain itu, tampilan grafisnya user-friendly dan mendukung sistem multitasking, workgroup dan jaringan. Sehingga, semenjak awal diperkenalkan, sistem operasi ini telah dianggap menjadi pesaing utama sistem operasi Windows dan Mac OS

Apple iOS

iOS Apple adalah sistem operasi yang digunakan oleh perangkat handphone pintar dan hardware dari Apple. termasuk iPhone, tablet iPad, dan pemutar media iPod Touch.

Fitur khas iOS termasuk App Store tempat pengguna membeli aplikasi dan mengunduh perangkat lunak gratis, penekanan pada keamanan termasuk enkripsi yang kuat menggunakan iCloud juga menjadi daya pikat perangkat lunak ini. Seperti Mac OS, iOS juga menyediakan AI (artificial intelegensi) mereka yaitu Siri.

Android Google

Android adalah sistem operasi yang digunakan dalam telepon pintar yang menggunakan open Source dari Linux. Dikembangkan oleh Google Android menjadi sistem operasi handphone paling digemari di dunia bahkan mengalahkan IOS iPhone.

Pengguna dapat mengunduh versi khusus dari sistem operasi karena sebagian besar adalah open source, yang berarti siapa pun dapat secara legal memodifikasinya dan menerbitkannya software mereka sendiri. Selain itu Google menyediakan AI mereka sendiri untuk bersaing dengan Siri yaitu Google Assisten.

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman.

Bahasa Pemrograman Python

Bahasa pemrograman merupakan perangkat lunak yang mengonversi algoritma yang telah dirancang oleh pengguna/ pemrogram ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer.

Dalam bahasa pemrograman terdapat syntax-syntax (suatu aturan pada pembuatan program) yang ditujukan agar pemrogram dapat menuangkan perintah yang nantinya akan dijalankan oleh komputer.

4 Kelompok Generasi Bahasa Pemrograman

Terdapat empat kelompok generasi bahasa pemrograman yaitu :

Generasi Pertama (Bahasa Mesin)

Pada generasi pertama, pemrograman menggunakan kode mesin yang diwakili oleh angka biner 0 dan 1. Bahasa ini dikategorikan dalam bahasa pemrograman tingkat rendah, karena perintah bahasanya tidak mudah untuk dimengerti.

Generasi Kedua (Bahasa Assembly)

Bahasa ini sedikit relatif lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin karena telah menggunakan perintah dalam bentuk kata yang dipendekkan. Sebagai contoh, perintah MOV yang berarti “Move” (berpindah).

Meskipun demikian bahasa ini masih dikategorikan dalam bahasa pemrograman tingkat rendah, karena perintah bahasanya masih tidak mudah untuk dimengerti.

Generasi Ketiga (Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi)

Penulisan program secara prosedural telah diterapkan, sehingga penyusunan program lebih tertata dengan baik. Pada generasi ini, perintah menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia.

Contoh, perintah READ untuk membaca data input. Bahasa- bahasa pemrograman BASIC, Pascal, FORTRAN dan C termasuk dalam bahasa pemrograman generasi ketiga.

Generasi Keempat

Bahasa pemrograman menggunakan pendekatan pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Programming – OOP). Sehingga lebih memudahkan dalam penyusunan program yang kompleks. Bahasa pemrograman ini meliputi bahasa pemrograman Visual C++, Visual Basic, DELPHI, Python, Java dll.

Baca juga : Aplikasi Pembersih Ram.

Perangkat Lunak Utilitas

Perangkat lunak yang ditujukan untuk menunjang fungsionalitas perangkat lunak sistem operasi.

Perangkat Compress

Sebagai contoh untuk melakukan kompresi data pada harddisk atau media simpan yang lain, dapat dilakukan melalui perangkat lunak WinZip, WinRAR dan 7zip.

Perangkat Antivirus

Kemudian untuk menangkal virus komputer diperlukan antivirus, misalnya Avira, Smadav, Norton atau Malware bytes.

Web Browser

Untuk melihat Internet kita dapat menggunakan Web browser. Web browser adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengakses informasi di internet. Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla Firefox merupakan contoh web browser.

E-mail Software

Perangkat lunak ini menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi melalui internet dengan electronic mail (E-mail) atau surat elektronik. Sebagai contoh Microsoft Outlook.

Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia

Perkembangan perangkat lunak ini didukung dengan perkembangan pesat teknologi multimedia, yaitu teknologi yang menggabungkan kemampuan teks, gambar, suara, animasi gambar, dan video.

Contohnya : Corel Draw, Movie Maker, Adobe Photoshop, Adobe premiere dan lain sebagainya.

Selain itu masih terdapat banyak Aplikasi Utility yang bisa kita gunakan seperti games dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian Hardware dan Software.

Dan itulah kawan Pembahasan materi kita tentang 3 Sistem Perangkat Lunak dalam Komputer Kita semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version