Ads ad-300x250

3 Teknik Dasar Dalam Tulisan Persuasi

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang 3 Teknik Dasar dalam Tulisan Persuasi. Seperti kita tahu Persuasi adalah situasi ketika usaha dibuat untuk memodifikasi ataupun membentuk sebuah perilaku melalui pertukaran simbolis yang kadang terkait dengan kekuatan pemaksa untuk menyentuh aspek emosional dan logika atau akal sehat dari mereka yang dipersuasi (Wilcox dkk.2003)

Nah untuk dapat membuat Persuader mengikuti apa yang kita inginkan kita dapat menggunakan berbagai macam cara termasuk menggunakan Paragraf Persuasi atau Tulisan Persuasi.

Dan untuk membuat Tulisan Persuasi yang baik. Diperlukan pengetahuan mengenai Syarat tulisan Persuasi, Faktor dalam Komunikasi Persuasif dan Teknik dasar dalam Tulisan Persuasi.

Syarat Tulisan Persuasi.

Untuk menulis Tulisan Persuasi, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan oleh Humas. beberapa syarat yang harus kita perhatikan tersebut adalah:

  • Posisi Sikap publik yang diinginkan oleh organisasi atau perusahaan. Apakah Organisasi ingin publik mengambil sikap positif, Netral, ataupun Negatif terhadap suatu isu ataupun posisi tertentu yang tentunya dapat menguntungkan.
  • Posisi sikap yang ditunjukkan oleh khalayak atau publik saat pesan akan dibuat. Bagaimana sebenarnya sikap publik terhadap sebuah isu atau posisi tertentu tersebut. Apakah sama ataupun bertentangan dengan sikap organisasi ? Jika sama. Bagaimana cara menjaga sikap mereka.

Baca Juga : Paragraf Persuasi adalah.

Faktor-faktor dalam Komunikasi Persuasif.

Menurut Wilcox dkk (2003:221) ada sejumlah faktor dalam Komunikasi Persuasif yaitu :

  1. Appeal to self Interest, Menyeru pada kepentingan pribadi yakini setiap Persuasi harus mampu memberikan kepentingan dan kebutuhan khalayak sehingga dapat merasakan manfaat yang dijanjikan oleh pesan.
  2. Clarity of Message, Setiap Persuasi harus dilakukan sesuai dengan waktu dan konteks sosial dari pesan.
  3. Timing & Context, Persuasi dilakukan sesuai dengan waktu dan konteks sosial.
  4. Audience Participation, Persuasi melibatkan diri khalayak melalui penggunaan kata diri.
  5. Suggestion for Action, Pesan Persuasi berisi saran dan cara melakukan sesuatu sehingga khalayak dapat melakukan apa yang diinginkan.
  6. Content and Structure Message, isi dan Struktur Pesan yang dibuat sangat penting untuk mendapatkan perhatian, bisa dengan cara mendramatisir pesan, pemanfaatan statistik, penggunaan hasil survei ataupun jajak pendapat.

3 Teknik Dasar Dalam Tulisan Persuasi

Dalam menulis pesan – pesan Persuasi, terdapat 3 Teknik Dasar dalam Tulisan Persuasi yang dapat digunakan seperti berikut ini (Bivins,1993)

The Motivated Sequence

The Motivated Sequence adalah sebuah taktik yang sering dipakai oleh para Pembujuk (Persuade) dengan mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Attention : Tulisan Pertama – Tama harus bisa menarik perhatian khalayak. Yang berarti harus ada unsur yang dapat membuat orang tertarik untuk membaca tulisan yang dibuat. Ini bisa dilaksanakan melalui kalimat Retorik atau berbagai teknik lainnya.
  • Need : Tulisan harus mampu menjelaskan topik yang diperlukan oleh khalayak. Pada langkah ini, penulis harus menyampaikan ringkasan masalah kepada khalayak hingga mereka dapat melihat jika hal tersebut adalah masalah mereka juga.
  • Satisfaction : Tulisan menyajikan solusi. Penyelesaian masalah harus tepat sesuai dengan masalah pokok hingga khalayak dapat merasakan manfaat.
  • Support : Solusi ditawarkan dalam sebuah tulisan harus didukung secara memadai sehingga lebih unggul ketika dibandingkan dengan berbagai alternatif solusi lainnya yang ada.
  • Action : Pesan Harus mampu mengajak khalayak untuk dapat merespon pesan yang dibuat untuk melakukan tindakan seperti yang sudah ditulis dan ditawarkan dalam tulisan.

Q&A Imaginative (Tanya Jawab Imaginatif)

Q&A Imaginative (Tanya Jawab Imaginatif) adalah sebuah tulisan yang dibuat secara terstruktur dalam pertanyaan berseri yang mungkin akan ditanyakan oleh khalayak atau mungkin diperlukan oleh khalayak. Diikuti dengan jawaban masing-masing pertanyaan.

Contoh :

  • Mengapa kita harus menggunakan produk ini ? Karena produk ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.
  • Mengapa harus membeli ? Karena produk ini lebih unggul dari yang lain dengan harga lebih murah.

Pesan – Pesan Untuk Mengubah Sikap

Banyak Penulis Pesan Persuasif menganggap bahwa dalam menulis pesan Persuasi untuk mengubah sikap seseorang, yang diperlukan hanyalah menyajikan pandangan mereka.

Ini tidak sepenuhnya benar, justru kalau ingin pesan yang dibuat menjadi lebih Persuasif, tulisan harus menyajikan kedua sisi.

Berikut ini adalah cara untuk membuat Tulisan Persuasi dengan Pesan untuk mengubah sikap :

  • Nyatakan pendapat yang berlawanan secara seimbang untuk meyakinkan khalayak bahwa kita adalah orang yang cukup adil dan mengakui bahwa ada pendapat yang berbeda dengan pendapat kita.
  • Nyatakan posisi kita pada posisi yang berlawanan.
  • Dukung posisi yang diambil dengan pernyataan dan pendekatan yang rasional dan juga logis.
  • Bandingkan kedua sisi dan berikan alasan kenapa posisi kita lebih kuat.

Baca juga : Persuasi adalah

Dan itulah kawan Pembahasan kita tentang 3 Teknik Dasar Dalam Tulisan Persuasi. Tulisan Persuasif sendiri biasanya banyak kita jumpai dalam berbagai format tulisan, seperti tajuk rencana atau editorial media massa, artikel opini, op-ad (iklan isu), kertas posisi dan lain sebagainya.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa lagi di pembahasan menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By