4 Jenis Modifikasi Akar Pada Tumbuhan

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 4 Jenis Modifikasi Akar Pada Tumbuhan. Agar dapat mencari tahu tentang bentuk – bentuk akar yang mungkin kita temui saat melakukan penanaman ataupun ketika kita berkebun.

Akar memang menjadi salah satu bagian Penting yang terdapat dalam sebuah tumbuhan di alam entah itu tumbuhan berbiji terbuka atau berbiji tertutup dan dengan mengetahui lebih banyak tentang jenis akar kamu bisa lebih banyak belajar tentang aneka flora yang terdapat di alam.

Apalagi bagi petani sangat penting mengenal Jenis Tanaman yang dibudidayakan agar memudahkan perawatannya. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Akar mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

Pengertian Akar Adalah

images 73 min
Sumber : https://www.soils.org/news/science-news/getting-root-problem/

Akar adalah salah satu bagian pokok di samping batang dan daun pada tumbuhan. Akar merupakan bagian tumbuhan yang biasanya terdapat di dalam tanah, dengan arah tumbuh ke pusat bumi (geotrop) atau menuju ke air (hidrotrop), selalu tumbuh ke arah yang berlawanan dengan udara dan cahaya.

Pada umumnya akar tidak berbuku – buku, tidak beruas dan tidak bukan menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya daun atau sisik maupun bagian-bagian lainnya.

Akar juga memiliki dua jaringan utama yaitu bagian terluar dan terdalam. Lapisan pertama disebut sebagai Todung Akar. Bagian ini merupakan deretan sel rapat dan berfungsi sebagai susunan pelindung. Lalu ada Inti akar sebagai di pusat akar. BerFungsi untuk pengangkut air dari akar ke daun, serta penyebar fotosintetis dari daun ke bagian lainnya, dan bagian lain seperti rambut akar, batang dan ujung akar.

Akar berwarna keputih-putihan atau kekuning- kuningan. Pada ujungnya akar selalu tumbuh, tetapi umumnya pertumbuhannya masih kalah cepat jika dibandingkan dengan bagian di atas permukaan tanah. Ujung akar sering-kali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah.

Fungsi akar bagi tumbuhan ada-lah memperkuat berdirinya tumbuhan, untuk menyerap air dan zat-zat nutrisi (makanan tanaman) yang terlarut di dalam air tanah atau larutan hara tanaman, mengangkut air dan zat-zat makanan yang telah diserap ke bagian tubuh tumbuhan yang memerlukan nutrisi dan bahkan untuk menimbun cadangan makanan.

2 Jenis Akar Pada Tanaman

Secara umum, ada dua jenis akar yaitu :

Akar serabut

images 74
Akar Serabut

Akar ini umumnya terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun terkadang, tumbuhan dikotil juga memilikinya (biasanya hasil dikembang-biakkan secara vegetatif seperti cangkok, atau stek). Fungsi utama akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan.

Sistem akar berserat terletak lebih dekat ke permukaan tanah di mana ia membentuk jaringan akar padat yang juga membantu mencegah erosi tanah

Akar tunggang.

Jenis Modifikasi Akar Pada Tumbuhan
Contoh akar Tunggang

Akar tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil. Sistem akar tunggang menembus jauh ke dalam tanah. dan Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan. Contohnya terdapat di bunga Dandelion.

4 Jenis Modifikasi akar Pada Tumbuhan

Akar tumbuhan sering kali mengalami perubahan bentuk (modifikasi) sesuai dengan fungsi dan kondisi lingkungan serta jenis tumbuhannya. Ada beberapa jenis modifikasi akar, antara lain sebagai berikut.

Akar napas

Akar nafas adalah bagian akar yang naik ke atas tanah, khususnya ke atas air seperti pada tumbuhan mangrove dari genera Avicennia, dan Soneratia. Akar nafas memiliki banyak celah untuk jalan masuk udara untuk membantu jalannya udara menuju ke akar.

Akar gantung.

Akar gantung yaitu akar yang sepenuhnya berada di atas tanah. Akar gantung terdapat pada tumbuhan epifit seperti anggrek. Akar ini tumbuh dari bagian atas batang dan menuju tanah seperti menggantung. Akar menggantung memiliki fungsi untuk menyerap uap air dan gas dari udara.

Akar banir.

Akar Banir, atau dikenal juga dengan Akar papan, adalah akar yang menjorok dan menonjol ke luar menyerupai dinding penopang pohon pada bagian pangkalnya yang sering ditemukan pada tumbuhan tropis.

Akar penghisap

akar pengisap ialah akar yang terdapat pada tumbuhan jenis parasit seperti benalu. Akar ini digunakan untuk melekatkan diri tanaman parasit pada tanaman lain. akar ini juga berfungsi sebagai alat untuk pengisap sari makanan pada tumbuhan inang atau tanaman yang ditempati.

Baca juga : Jenis Gerak Pada Tumbuhan.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang 4 Jenis Modifikasi akar Pada Tumbuhan, semoga informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk share informasi ini di media sosial milikmu.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com