4 Jenis Penelitian Historis dan Tujuan Dalam Penelitian

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Penelitian Historis atau Penelitian Sejarah dan Jenis Penelitian Historis sekaligus Tujuan Dalam Penelitian Sejarah itu sendiri, yang mana sangat penting dalam proses penulisan Historiografi.

Pengertian Penelitian Historis adalah.

Jenis Penelitian Historis atau jenis penelitian sejarah
Sumber : freepik.com

Penelitian sejarah adalah penelitian ilmu pengetahuan yang secara eksklusif memfokuskan diri kepada kejadian dan peristiwa masa lalu. Penelitian historis mencoba merekonstruksi yang terjadi di masa lalu selengkap dan seakurat mungkin, dan biasanya menjelaskan alasan mengapa hal itu terjadi.

Dalam proses pencarian data harus dilakukan secara sistematis agar mampu menggambarkan, menjelaskan, dan juga memahami peristiwa yang terjadi beberapa waktu silam (Jack. R. Fraenkel & Norman E. Wallen, 1990).

Baca juga : Sejarah adalah

Tujuan Penelitian Historis.

Desain penelitian historis digunakan untuk tujuan membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematik dan objektif. Dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi, dan menyintesiskan bukti – bukti yang ada. Mulai dari Sumber Lisan dan Sumber Tulisan ataupun Sumber Primer maupun Sumber Sekunder.

Hal ini dilakukan untuk menegakkan fakta dan memperoleh sebuah kesimpulan yang kuat. Seringkali penelitian historis dilakukan berkaitan dengan sebuah hipotesis – hipotesis tertentu terkait sebuah peristiwa di masa lalu.

MenuruJack R. Fraenkel dan Norman E. Wellen (1990) dalam Yatim Riyanto (1996: 23) dalam Nurul Zuriah (2005: 52) menyetakan bahwa para peneliti pendidikan sejarah melakukukan penelitian sejarah dengan tujuan sebagai berikut :

  • Membuat orang mengetahui peristiwa masa lalu sehingga mereka dapat belajar dari kegagalan dan keberhasilan masa lampau;
  • Mempelajari bagaimana sesuatu dilakukan pada masa lalu, untuk dapat melihat jika hal tersebut dapat diaplikasikan pada masa sekarang;
  • Membantu memprediksi sesuatu yang akan terjadi pada masa mendatang; (karena sejarah cenderung berulang)
  • Membantu menguji hipotesis yang berkenaan dengan hubungan atau kecendrungan.
  • Memahami praktik dan politik pendidikan sekarang secara lebih lengkap.
  • Tujuan penelitian sejarah tidak dapat dilepaskan dengan kepentingan masa kini dan masa mendatang.

Baca juga : 9 Desain Penelitian.

4 Jenis Penelitian Historis atau Jenis Penelitian Sejarah

20220605 132355 0000 2 min

Terdapat 4 Jenis Penelitian Sejarah yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini.

Penelitian Historis Komparatif.

Penelitian sejarah komparatif adalah metode penelitian sejarah yang dikerjakan untuk membandingkan faktor – faktor dari fenomena- fenomena sejenis pada suatu periode masa lampau. Misalnya, contohnya : perbandingan hidup di masa Reformasi dan Orde Lama atau Baru.

Penelitian Yuridis atau Legal.

penelitian yuridis atau Penelitian Legal adalah sebuah penelitian historis yang merupakan penelitian yang berfokus kepada penelitian hukum dan juga norma-norma yang ada di dalam peraturan perundang-undangan. Contohnya : Penelitian Hukum adat di Desa

Penelitian Biografis.

Penelitian Biografis adalah metode penelitian historis yang digunakan untuk meneliti tentang kehidupan seseorang (biasanya orang penting atau orang berpengaruh di masyarakat) dan hubungannya dengan masyarakat.

Biasanya penelitian ini diteliti akan sifat-sifat, watak, pengaruh, lingkungan maupun pengaruh pemikiran dan ide dari subyek penelitian dalam masa hidupnya, serta pembentukan watak yang diterima semasa hayatnya.

Contohnya adalah Biografi Presiden Habibie.

Penelitian Bibliografis.

Penelitian bibliografis adalah penelitian sejarah yang digunakan untuk mencari, menganalisis, membuat interpretasi serta generalisasi dari fakta-fakta yang diucapkan oleh para ahli dalam suatu masalah atau suatu organisasi.

Kerja penelitan bertujuan untuk menghimpun karya-karya tertentu seorang ahli, penulis atau filosuf dan seraya memberikan interpretasi serta kesimpulan atau interpretasi serta generalisasi yang tepat terhadap kumpulan karya tersebut.

Contoh Penelitian Historis.

Berikut ini adalah beberapa contoh penelitian historis yang dapat kamu baca :

Evaluasi Penelitian Sejarah

Dalam penelitian historis terdapat langkah – langkah yang perlu diperhatikan salah satunya evaluasi Penelitian Sejarah menggunakan kritik Eksternal dan Kritik Internal.

Kritik ekstern dan kritik intern dilakukan untuk menyeleksi data yang berasal dari sumber sejarah menjadi fakta sejarah.

Kritik Ekstern Sejarah

Kritik eksternal dilakukan untuk menilai nilai keaslian atau otentisitas dari bahan yang digunakan dalam pembuatan sumber – sumber sejarah. Entah itu Sumber Primer ataupun Sekunder.

Kritik yang dapat dilakukan, misalnya menilai waktu dan tempat pembuatan dokumen (hari dan tanggal), bahan yang digunakan untuk membuat sumber sejarah tersebut.

Kritik Intern Sejarah.

Kritik Internal Sejarah adalah sebuah kritik atau evaluasi yang dilakukan oleh peneliti dalam sebuah penelitian historis yang lebih bersifat substansi mulai dari isi ataupun peristiwa dalam sumber sejarah.

Kritik intern dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menilai secara intrinsik sumber-sumber sejarah dan membandingkan berbagai sumber sejarah. Penilaian Intrinsik ini dilakukan dengan menentukan sifat sumber-sumber sejarah dan kredibilitas narasumber atau penulis sejarah.

Baca juga : Rancangan Penelitian Sosial.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang Pengertian Penelitian Historis atau Penelitian Sejarah. Jenis Penelitian Historis atau Jenis Penelitian Sejarah. Dan juga Evaluasi Penelitian Sejarah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com