4 Model Komunikasi Massa dan Contoh Komunikasi Massa

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 4 Model Komunikasi Massa, dan juga Pengertian dari Komunikasi Massa dan berbagai macam hal mengenai komunikasi massa dan media massa.

Belakangan, komunikasi massa menjadi kajian yang serius karena berkaitan dengan pengaruh komunikasi media yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orangtua yang meresahkan akibat keberadaan media massa, seperti Televisi, YouTube, dan media online yang menurut mereka merubah mental dan perilaku anak-anaknya.

Tapi sebenarnya, Komunikasi massa tak dapat dilepaskan dari kehidupan kita sehari-hari loh. Karena media massa dapat mengirimkan informasi secara langsung kepada sebagai kumpulan masyarakat yang jumlahnya banyak. Oleh karena itulah, peranan media massa sebagai penyalur pesan dan informasi menjadi sangat tak terhindarkan.

Untuk itulah penting bagi kita untuk mengetahui, apa pengertian dari Komunikasi Massa itu sendiri. Agar dapat menyikapinya dengan lebih bijak lagi.

Komunikasi Massa Adalah

Komunikasi massa adalah suatu proses komunikasi yang besar dan ditujukan kepada khalayak luas yang kompleks dengan bantuan satu atau lebih mesin (media cetak, elektronik ataupun online) untuk memproduksi dan mengirimkan pesan kepada masyarakat yang besar, heterogen, dan tersebar.

Menurut Jalaluddin Rakhmat, komunikasi massa sebagai jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen, dan anonim melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat.

Baca juga : Komunikasi Intrapersonal adalah.

4 Model Komunikasi Massa

Karena kebutuhan kita dalam komunikasi massa semakin berkembang pesat, para ilmuwan akhirnya mulai memunculkan beberapa Model Komunikasi Massa seperti berikut ini.

Model Jarum Hipodermis (Hypodermic Needle Model).

images 7
sumber : @youtube (brettlamb)

Secara harfiah, model Jarum hypodermic berarti ‘di bawah kulit’. Tapi Dalam komunikasi massa, istilah ini berkaitan dengan anggapan bahwa media massa menimbulkan efek yang kuat, terarah, segera, dan langsung, yang sesuai dengan arti “perangsang tanggapan” (stimulus – respons).

Media digambarkan sebagai jarum hipodermis raksasa yang mencotok massa sebagai komunikan (penerima pesan) yang pasif. Media dianggap sebuah peluru yang sakti hingga mampu menembakan dan memasukkan ideologi kepada benak komunikan atau massa yang tidak berdaya.

Model “peluru ajaib” dan “jarum hipodermik” ini berasal dari buku Harold Lasswell tahun 1927, Teknik Propaganda dalam Perang Dunia.

Contoh Model Jarum Hipodermis

  • Propaganda Nazi Jerman
  • Propaganda Komunis di Uni Soviet

Model Komunikasi Satu Tahap (One-Step Flow Model)

images 9
Sumber : pinterest.com

Model komunikasi satu tahap beranggapan bahwa saluran media massa berkomunikasi langsung dengan massa komunikan tanpa berlalunya suatu pesan melalui orang lain (opinion Leader), tetapi pesan tersebut tidak mencapai semua komunikan dan tidak menimbulkan efek yang sama pada setiap individu komunikan.

Sama seperti model Komunikasi massa “Jarum Hipodermis” model komunikasi ini menganggap massa sebagai komunikan yang pasif. Tapi Model ini menganggap media tidak mempunyai kekuatan yang hebat. Aspek pilihan penampilan, penerimaan, dan penahanan dalam ingatan yang selektif memengaruhi pesan yang ada. Hingga pesan yang diterima oleh orang – orang akan beraneka ragam.

Contoh One-Step Flow Model.

  • Seorang Guru yang memberikan tugas membawa boneka jadi di WhatsApp kepada anak – anak, tapi keesokan hari si anak malah membuat Boneka mereka sendiri.
  • Iklan-iklan yang ada di media massa

Model Komunikasi Dua Tahap (Two-Step Flow Model)

images min
Sumber : Wikipedia.com

Model Komunikasi Dua Tahap atau Two-Step Flow Model adalah sebuah model Komunikasi massa yang diajukan oleh Lazarsfeld dan kawan-kawannya Pada 1940-an melalui buku yang berjudul people choice dan personal influence.

Mereka menganggap bahwa gagasan dan informasi dari media massa, seperti media cetak, radia ataupun Online diterima oleh orang-orang yang memiliki ketokohan atau Opinion Leader kemudian tokoh ini meneruskannya kepada masyarakat. Jadi berbeda dengan dua model sebelumnya Model Komunikasi Massa Two-Step Flow Model ini adalah Model Komunikasi aktif.

Model ini memberi perhatian pada peranan media massa dan komunikasi interpersonal dalam penyampaian informasi.

Jadi, dalam hal ini, ada kepercayaan bahwa massa adalah jalinan sosial yang saling berinteraksi dan memberikan pengaruh satu sama lain (tokoh dengan pengikutnya dan lain sebagainya).

Contoh Two-Step Flow Model

  • Sosok Elon Musk dalam membuat harga Cryptocurrency melambung.
  • Tugas Para Buzzer dalam pemilu Indonesia

Model Komunikasi Tahap Ganda (Multi-Step Flow Model)

images 10 min
Sumber : pinterest.com

Model ini menggabungkan semua model di atas tadi. Model ini beranggapan bahwa penyebaran informasi terjadi secara berurutan dan terjadi pada banyak situasi komunikasi.

Jumlah tahap yang pasti dalam proses ini bergantung pada maksud dan tujuan dari komunikator itu sendiri, mulai dari tersedianya media massa dengan kemampuannya untuk menyebarkannya, sifat dan pesan, serta nilai pentingnya pesan bagi komunikan.

Baca juga : Model komunikasi adalah.

Ciri Komunikasi Massa Menurut McQuail .

McQuail menyebut ciri utama komunikasi massa dari segi-segi berikut ini :

  • Sumber: bukan satu orang, melainkan organisasi formal, pengirimnya sering merupakan komunikator profesional;
  • Pesan : beragam, dapat diperkirakan, dan diproses, distandarisasi, dan selalu diperbanyak—merupakan produk dan komoditi yang bernilai tukar;
  • Hubungan pengirim-penerima bersifat satu arah, impersonal, bahkan mungkin selalu sering bersifat non-moral dan kalkulatif;
  • Penerima merupakan bagian dari khalayak luas; dan Mencakup kontak secara serentak antara satu pengirim dan banyak penerima.

10 Contoh Komunikasi Massa

Berikut ini adalah 10 contoh komunikasi massa yang terjadi sehari – hari.

  • Penggunaan Media sosial.
  • Menonton Berita di Televisi.
  • Membaca berita Online
  • Membaca iklan di blog
  • Menonton Film di Bioskop
  • Mendengar Podcast di Spotify.
  • Membaca Buku
  • Melihat iklan Billboard di jalan Tol
  • Membaca Majalah
  • Mendengarkan Radio

Baca juga : 5 Arah Komunikasi organisasi.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang Model komunikasi massa, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock