4 Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 4 Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat. Seperti Kita tahu jika Pembuatan Tembikar atau Pottery sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Tembikar adalah sebuah proses ataupun Produk dari bejana dan benda lain dengan menggunakan tanah liat dan bahan keramik lainnya, yang dalam pembuatannya menggunakan suhu tinggi untuk menghasilkan bentuk yang keras dan tahan lama. Dan hasilnya berupa Gerabah.

Nah dalam pembuatan Gerabah satu Tembikar tanah Lia ini terdapat 5 Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat yang dapat kamu gunakan ataupun pelajari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah apa saja kah teknik – teknik Pembuatan Gerabah Tanah Liat tersebut, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

4 Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat.
5 Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat

Teknik pijit / pinch

Teknik pijit tanah liat
Contoh menggunakan Tehnik pijit atau Pinching Pot

Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat yang pertama adalah Teknik pijit / pinch, teknik ini merupakan teknik yang paling sederhana dalam mengerjakan tanah liat, karena tidak memerlukan alat bantu yang banyak, tetapi cukup dengan tangan.

Tanah liat dapat dibentuk dengan cara memijit -mijitnya menjadi sebuah bentuk. Namun untuk menghaluskan permukaannya diperlukan alat bantu seperti alat butsir, spon dan sebagainya.

Caranya, Mulailah memijit pot dengan membentuk gumpalan tanah liat menjadi bola halus yang sesuai dengan ukuran tangan.

Lalu sambil memegang bola tanah liat tersebut, tekan ibu jari ke tengah bola, setengah jalan ke bawah. Saat memutar bola di satu tangan, tekan dinding secara merata dengan ibu jari ke dalam dan jari di luar. Ratakan permukaannya dengan spons basah atau menggunakan alat butsir untuk membantu. Setelah terbentuk siapkan tungku lalu bakar di dalam tungku api.

Teknik Lempeng/ slab Teknik

Teknik lempeng tanah liat
Contoh teknik slab

Teknik Dasar Dalam pembuatan Tanah Liat selanjutnya adalah Teknik Lempeng slab, dalam teknik ini tanah liat dibuat lempeng terlebih dahulu dengan menggunakan rol kayu.

Selanjutnya setelah mencapai ketebalan tertentu, tanah liat dipotong dengan pisau khusus dan bentuknya disesuaikan dengan bentuk yang akan dibuat. Untuk menyambung potongan itu digunakan tanah liat cair.

cara menggunakan Teknik Slab, yaitu dengan menempatkan dua potongan kayu di atas kanvas sedikit lebih jauh dari lebar lembaran yang sudah jadi. 

Menggunakan kain bertekstur akan meninggalkan bekas pada lempengan tanah liat. Tempatkan tanah liat di atas kain di antara potongan kayu dan gulung. Gunakan alat runcing untuk memotong lempengan tanah liat dengan ukuran yang kamu inginkan.

Kamu dapat membuat pola kertas untuk diikuti jika diinginkan bentuk yang memiliki beberapa sisi. Gosokkan jari basah pada tepi yang akan disambung, dan skor dengan alat.

Gulung gulungan tipis tanah liat lengket dan letakkan di sepanjang salah satu ujungnya. Tekan kedua ujungnya bersamaan. Lembaran tanah liat dapat ditempatkan di atas batu, mangkuk, bentuk plastik dll untuk membuat bentuk yang menarik.

baca juga : 5 Tehnik Cetak Dalam.

Teknik Pilin coil (Twisted Coil)

Teknik Pilin coil tanah liat
contoh teknik Teknik Pilin coil

Teknik Pilin coil, dengan teknik ini terlebih dahulu tanah liat dibuat pilin (putaran tanah liat, lihat contoh diatas. Untuk membuat bentuk yang dinginkan.

Lalu pilin tanah liat yang kamu buat tadi ditempatkan secara tumpang berdasar bentuk yang akan dibuat. Agar pilin itu melekat perlu ditekan dengan jari dan selanjutnya diratakan dengan memukul-mukulnya pakai kayu.

Teknik Putar

Teknik Putar tanah liat
Contoh teknik Putar tanah liat

Teknik Putar, teknik ini paling sulit dibanding teknik lainnya, sebab alat yang digunakan harus dapat dikuasai dan dikoordinasikan dengan tangan secara baik. Sebelum dikerjakan tanah liat harus dipadatkan dahulu dengan meremas dan menekan berulang kali yang tujuannya untuk menghilangkan udara dalam tanah.

Kemudian tanah liat itu ditempatkan di tengah-tengah alat putar, lalu kedua tangan yang basah diletakkan pada tanah liat itu . Selanjutnya alat diputar dan tanah liat dibentuk oleh tangan dengan menekan dan menariknya ke atas. Lalu setelah terbentuk yang diinginkan kamu dapat menghiasinya sebelum dibakar di dalam tungku.

baca juga : Teknik Dasar Dalam Tulisan Persuasif.

Dan itulah kawan Pembahasan materi kita tentang 4 Teknik Dasar Pembuatan Tembikar Tanah Liat semoga informasi ini menjadi inspirasi untuk kamu. Jangan lupa untuk Share berita ini di akun sosial media kamu.

Sampai jumpa lagi di pembahasan menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock