5 Bencana Nuklir Paling Parah di Dunia

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Bencana Nuklir Paling Parah di dunia, sebuah tragedi yang disebabkan oleh ledakan atau kegagalan nuklir telah berdampak buruk pada kehidupan manusia dan juga lingkungan.

Karena dengan kekuatan besar datang pula tanggung jawab yang besar yang mengikutinya. Begitu juga dengan berbagai hal yang berhubungan dengan radioaktif dan nuklir yang tentu saja sangat berguna karena memiliki kekuatan besar untuk kehidupan manusia, tapi memiliki tanggung jawab yang besar pula agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Karena beberapa Bencana Nuklir Paling Parah di dunia ini, bukan hanya merenggut banyak nyawa manusia tak berdosa, juga membawa kerugian yang besar pula bagi lingkungan sekitar.

Bagaimana sebuah kecelakaan nuklir dapat diukur?

Kecelakaan nuklir diukur dalam tingkat keparahan menurut International Nuclear and Radiological Event Scale (INES). INES sendiri merupakan sebuah badan audit yang didirikan oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) pada tahun 1990.

Menurut INES Peristiwa kecelakaan Nuklir dapat diklasifikasikan pada skala di tujuh tingkat:

  • Tingkat 1-3 disebut ‘insiden’ dan
  • Tingkat 4-7 ‘kecelakaan.’ 

Skala ini dirancang sedemikian rupa sehingga tingkat keparahan suatu peristiwa sekitar sepuluh kali lebih besar untuk setiap peningkatan level pada skala. Acara tanpa masalah keamanan yang signifikan disebut ‘penyimpangan’ dan digolongkan sebagai Level Zero atau 0

Nah sobat agar agar kita bisa belajar dari kesalahan – kesalahan tentang Nuklir ini, mari kita simak materi berikut :

5 Bencana Nuklir Paling Parah di Dunia

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Three Mile Island (Amerika Serikat)

Bencana Nuklir Paling Parah dunia

Kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir komersial terburuk dalam sejarah Amerika Serikat terjadi pada 28 Maret 1979 di Three Mile Island, Pennsylvania, Amerika Serikat karena katup tekanan pada reaktor nuklir Unit-2 gagal menutup.

Padahal teknologi di pembangkit listrik ini sangat canggih karena memiliki sistem pendingin otomatis. Tapi Karena kesalahan operator dalam membaca instruksi dan malah mematikan sistem darurat tersebut, maka terjadilah tragedi ini.

Sejumlah kecil gas radioaktif dan yodium radioaktif keluar dari pembangkit listrik tersebar ke udara di karena beberapa ledakan gas hidrogen. Mendengar kebocoran ini lebih dari 100.000 orang telah melarikan diri dari kota-kota sekitarnya.

Lebih dari 50 proyek pembangunan pembangkit nuklir dibatalkan hanya dalam empat tahun, dan jumlah proyek yang sedang berjalan menurun dari tahun 1980 hingga 1998.

Tapi karena kesigapan pemerintah hanya beberapa orang pekerja yang dilaporkan terpapar oleh radiasi dan tidak ada orang luar pembangkit listrik yang dikabarkan terkena.

Baca juga : Bom Nuklir Paling Kuat di dunia.

Kecelakaan Goiania, (Brasil)

images 21 min
Sumber : detiknews.com

Dalam Musibah Nuklir selanjutnya memang tidak terjadi ledakan, tapi 245 orang dikabarkan terpapar oleh langsung oleh Radiasi dan dan empat orang dikabarkan pula meninggal dunia.

Menurut berbagai Sumber adalah kecelakaan radioaktif ini awalnya terjadi karena dicurinya alat radioaktif yang mengandung cesium klorida dari situs rumah sakit yang telah ditinggalkan di kota.

Pemulung yang mencuri unit tersebut, membawanya pergi dengan gerobak dorong dan menjualnya ke tempat barang rongsokan. Pemiliknya mengundang teman dan keluarga untuk melihat bahan biru yang bersinar di dalamnya, secara tidak sengaja membuat mereka yang datang terkena radiasi.

Bencana Nuklir Kyshtym ( Rusia)

images 22 min

Bencana Nuklir Kyshtym adalah insiden kontaminasi radiasi yang terjadi pada tanggal 29 September 1957 di Mayak, sebuah pabrik pemrosesan ulang bahan bakar Nuklir di Uni Soviet.

Pabrik ini awalnya dibuat oleh pemerintah Uni Sovier untuk mengejar ketnggilaan. Untuk itu mereka membangaun beberapa Pabrik Mayak di dekat kota Kyshtym.

Pabrik ini memiliki tangki dengan sistem pendingin di bawah standar sebagai akibatnya, dan ketika gagal, peningkatan suhu menyebabkan ledakan yang mencemari hampir 500 mil dari daerah sekitarnya.

10.000 orang dievakuasi dari daerah itu ketika beberapa orang mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit radiasi.

Sebuah studi di Radiation and Environmental Biophysics memperkirakan bahwa setidaknya 200 orang meninggal karena paparan radiasi. Pemerintah Soviet akhirnya membuka informasi tentang bencana tersebut pada tahun 1990.

Baca juga : Pandemi yang pernah terjadi di dunia.

Bencana Nuklir Fukushima (Jalan)

images 24
Sumber : liputan6.com

Bencana Nuklir di Fukushima Daiichi adalah serangkaian kegagalan peralatan, kebocoran nuklir dan melepaskan bahan radioaktif di Fukushima setelah terjadinya gempa bumi dan Tsunami dahsyat yang menimpa Fukushima

Ini adalah bencana nuklir terbesar sejak bencana Chernobyl pada tahun 1986 dan hanya bencana kedua (bersama dengan Chernobyl) yang mengukur Level 7 di INES.

Gempa bermagnitudo 9,0 itu begitu kuat, ia menggeser bumi dari porosnya. Ia memicu tsunami yang menyapu pulau utama Jepang, Honshu, menewaskan lebih dari 18.000 orang dan menghapus satu kota dari peta.

Angka resmi menunjukkan bahwa lebih dari 1.000 kematian terjadi sebagai akibat dari proses evakuasi yang membuat lebih dari 100.000 orang mengungsi.

Penyelidikan selanjutnya menunjukkan bahwa infrastruktur dan prakiraan risiko tidak memadai untuk bencana alam yang sedemikian dahsyat. Itu hanya kecelakaan kedua dalam sejarah yang menerima peringkat Level 7 paling parah.

Bencana Nuklir Chernobyl

images 25 min
sumber :

Bencana Chernobyl adalah kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir terburuk yang pernah ada dalam hal korban tewas dan biaya. Satu-satunya kecelakaan Level 7 lainnya terjadi pada 26 April 1986 ketika ledakan uap menghancurkan reaktor nomor empat di pabrik Ukraina.

Kebakaran yang diakibatkannya menyebarkan limbah radioaktif dalam jumlah besar ke seluruh Eropa Barat, menewaskan sekitar 30 orang akibat keracunan radiasi akut segera setelahnya.

Pertempuran untuk menahan kontaminasi dan mencegah bencana yang lebih besar akhirnya melibatkan lebih dari 500.000 pekerja dan menelan biaya sekitar 18 miliar rubel.

Dan setelah itu banyak orang yang harus menerima bahwa mereka harus meninggalkan kota cepat atau lambat. Sampai hari ini Chernobyl masih layaknya kota mati.

Baca juga : Bencana alam terbesar.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang 7 Bencana Nuklir Paling Parah di dunia semoga informasi ini bermanfaat dan menarik untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com