5 Cara Mempercepat Laptop Windows 10 yang Wajib di Coba

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Cara Mempercepat Laptop Windows 10 Kamu, hingga kamu dapat menggunakan laptop kamu dengan lebih efisien dan efektif hingga dapat menyelesaikan semua pekerjaan dengan mudah.

Tidak enak bukan jika saat kamu asyik mengerjakan pekerjaan, Skripsi dan tugas tiba – tiba laptop kamu jadi nge-hang? atau tiba – tiba kamu mengalami blue screen hingga semua pekerjaan kamu terlantar dan tertunda karena harus masuk servis perbaikan.

Windows 10 sendiri adalah produk utama dari sistem operasi Windows yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai penerus dari Windows 8.1 yang dirilis hampir dua tahun sebelumnya. Pertama kali dirilis secara luas untuk publik pada 29 Juli 2015 dan sampai sekarang menjadi operation system utama dari berbagai merek laptop yang ada di pasaran.

Windows 10 sebenarnya lebih cepat dari versi sistem operasi desktop Microsoft sebelumnya, tetapi kamu tetap dapat mengoptimalkan kinerjanya hingga bisa lebih cepat lagi.

Nah, agar pemakaian kamu tidak terganggu ada baiknya bukan untuk mengerti Cara Mempercepat Laptop Windows 10 Kamu. Seperti beberapa cara berikut ini.

5 Cara Mempercepat Laptop Windows 10 yang Wajib di Coba

Hapus Instalasi Bloatware/ Crapware

Cara mempercepat laptop windows 10
Sumber : bussinesinsider.com

Windows 10 menyajikan berbagai fitur dan aplikasi – aplikasi tambahan yang ditujukan untuk memudahkan hidup kita. Tapi, tak semua aplikasi yang ada dan sudah terinstall di Windows ini bermanfaat untuk kita bukan?

Bloatware adalah berbagai aplikasi tambahan yang sudah terpasang entah dari bawaan perusahaan atau vendor laptop yang kamu beli atau dari Microsoft sendiri.

Contohnya Laptop berbagai merek terkenal seperti Asus, Lenovo dan lainnya memiliki berbagai program pembantu yang sudah diinstal oleh pabrik, dan ini kadang-kadang memperlambat dan menguras daya yang dimiliki Lappie kamu.

Caranya pun mudah loh untuk menghapus program. Kamu hanya perlu mengklik kanan pada tombol Start logo Windows, dan memilih Program dan Fitur pilihan teratas.

Ketika kamu menemukan aplikasi sampah yang tidak Anda inginkan, cukup pilih dan klik Uninstall. Tentu saja kamu harus benar – benar paham apa aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Karena jika salah aplikasi penting malah yang terhapus.

Baca juga : Laptop murah untuk mahasiswa.

Jangan Gunakan Spesial Effect

images 7 min
Sumber : windowcentral.com

Saya tahu tampilan laptop yang menarik dapat menambahkan semangat kamu untuk bekerja dan menambah gengsi saat kamu menunjukkan laptop kesayangan kamu kepada teman.

Tapi kadang jika Laptop kamu kekurangan daya ( misalnya Ram kurang dari 4 dan spesifikasi yang kurang memadai) ada baiknya untuk sedikit mengurangi tampilan laptop untuk menambah kinerja bukan.

Caranya mudah kok, kamu tinggal klik kanan pada tombol Start dan lalu pilih System. Pilih Advanced system settings untuk membuka menu System Properties. Di tab Advanced di bawah Performance, click Settings…

Ini akan membuka menu Performance Options. Kamu tinggal klik Visual Effects, lalu tinggal pilih efek yang kamu perlukan. Untuk mendapatkan performa yang lebih cepat kamu hanya perlu memiliki adjust best performance atau adjust best appearance untuk mendapatkan tampilan yang lebih keren lagi.

kamu juga dapat memilih sendiri efek yang kamu perlukan dan butuhkan. Agar kamu tetap mendapatkan kecepatan terbaik ataupun tampilan terbaik yang kamu perlukan.

Selain itu, Menu Start dari Windows 10 yang transparansi itu memang keren, tapi dapat membebani kinerja sumber daya laptop(sedikit). Untuk itu kamu dapat menonaktifkan transparansi di menu start dengan membuka menu Personalization > Color dan matikan Make Start, taskbar, and action center transparent.

Baca juga : Malware berbahaya di dunia

Batasi Proses Startup

Startup Windows 10
Sumber : winero.com

Cara mempercepat laptop windows 10 selanjutnya adalah dengan menghentikan dan membatasi program – program yang berjalan saat Startup atau disaat windows dinyalakan.

Tapi berbeda dengan windows 7 yang kamu memerlukan msconfig, di windows 10 (dan windows sebelumnya 8.1) telah di tambahkan cara mudah untuk membatasi file startup ini.

Yaitu dengan menggunakan Task Manager dengan menekan Ctrl-Shift-Esc atau tombol Task Manager di kanan bawah. Lalu saat kamu beralih ke tab Startup, dan kamu akan melihat semua program yang berjalan saat startup Windows.

Kamu hanya perlu memilih dan mengeklik kanan entri mana pun untuk mengubah program apa saja yang boleh berjalan saat startup Windows berjalan.

Scan dan Bersihkan Laptop dari Virus Secara Berkala.

Windows defender
Windows Defender

Mungkin kalian sudah banyak tahu jika jika virus ataupun software berbahaya (malware) bisa sangat mempengaruhi performa dan kinerja komputer dan Laptop. Selain itu virus dan Malware sangat berbahaya karena dapat mencuri data yang ada di laptop kamu.

Jadi Untuk mencegah program berbahaya tersebut masuk, kamu bisa memindai (scan) komputer secara berkala dengan menggunakan Windows Defender yang update dan juga beberapa antivirus – antivirus third party lainnya yang dapat kamu coba untuk cara mempercepat laptop windows 10 kamu.

Tambah Ram dan Ganti Hardisk dengan SSD

ram dan ssd
Sumber : dignited.com

Jika keempat cara mempercepat laptop windows 10 diatas belum berhasil, kamu dapat mencoba dengan menambahkan ram laptop kamu untuk menambah daya dan kinerjanya.

Juga kamu dapat menggantikan Harddisk bawaan dari laptop kamu dengan SSD atau Solid-state drive yang merupakan teknologi Harddisk generasi baru yang menggunakan memori berbasis flash, yang secara signifikan lebih cepat.

Kisaran Harga Ram dan SSD di pasaran pun bermacam-macam tergantung merek dan kecepatan. Untuk yang paling murah Ram DDR4 di kisaran 400 ribu sampai yang termahal dikisaran 900 ribu sedangkan DDR3 dikisaran 175 ribu sampai termahal 500 ribu.

Sedangkan untuk harga SSD dipasaran dikisaran harga 250 ribu untuk ukuran 120 GB, 400 ribuan untuk 240 GB dan 900 ribuan untuk 512 GB tergantung merek.

Baca juga : Cara Membersihkan Laptop.

Dan itulah kawan, 5 cara mempercepat laptop windows 10 semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com