5 Diktator Paling Kejam dalam Sejarah

Halo sobat kali ini kami akan membahas tentang 5 Diktator paling kejam dalam sejarah. Mereka dikenal sebagai pemimpin bertangan besi dan kejam hingga tak heran banyak diantara mereka mengakibatkan kematian banyak orang.

Pengertian Diktator adalah pemimpin otoriter/tirani dan cenderung menindas rakyatnya sendiri. Mereka tak segan-segan akan menghabisi orang – orang yang tak patuh pada mereka.

Korbannya pun tak tanggung – tanggung. Mulai dari rakyat biasa hingga keluarga mereka sendiri.

5 Diktator Paling Kejam dalam Sejarah

François Duvalier – Haiti

Diktator Paling Kejam
Sumber : Wikipedia.com

François Duvalier atau lebih dikenal sebagai “Papa Doc” adalah seorang diktator dan pemimpin seumur hidup dari kepulauan Haiti yang memimpin Haiti sejak tahun 1957.

Di saat dia memerintah di negara kepulauan itu dia dikenal karena otokrasi, korupsi, dan penggunaan tentara pribadi dan bahkan penggunaan ajaran Voodoo untuk mempertahankan kekuasaannya.

Dilansir nytimes (1971) Papa Doc tak peduli jika rakyat, bodoh dan mati kelaparan asalkan dia dapat menjadi Presiden sampai mati. Bahkan dia mendoktrin anak – anak Haiti dengan katekisasi politik yang mencakup parodinya sendiri tentang Doa “Papa” Kami (biasanya doa bapak kami).

Kekejaman Duvalier ini dipengaruhi oleh keyakinan pada agama nasional pulau Haiti saat itu Voodoo. Bahkan menurut documentasi criminals and Crime Fighters dia pernah menculik anak bayi dan meminum darahnya untuk menjalankan Voodoo.

Setelah dia wafat, kekuasaannya digantikan oleh anaknya Jean-Claude Duvalier atau Baby Doc yang tak kalah kejamnya. Hingga setelah keduanya wafat, rakyat Haiti menghukum mati keduanya secara anumerta, yaitu dengan cara membongkar makam mereka dan memukulinya.

Sumber :

  • https://youtu.be/pNcipLHJ0po
  • https://www.nytimes.com/1971/04/23/archives/papa-doc-a-ruthless-dictator-kept-the-haitians-in-illiteracy-and.html.
  • https://www.latimes.com/archives/la-xpm-1986-03-07-mn-16184-story.html.

Baca juga : Pandemi terburuk dalam sejarah

Pol Pot – Kamboja

images 9
Sumber : Wikipedia.com

Pol pot adalah mantan Perdana Menteri dari Republik Kamboja dan juga pemimpin dari organisasi sayap kiri yang kejam bernama Khmer Merah. Dia bertanggung jawab atas kematian 1,6 juta sama 2 juta rakyat Kamboja.

Pol pot dan Khmer merahnya melakukan sebuah gerakan yang disebut sebagai “Ateisme Negara” dan ” Revolusi Pertanian” dimana dia dan komplotannya melakukan pembersihan pada umat beragama dan terpelajar di Kamboja khususnya Biksu Buddha (padahal mayoritas penduduk Kamboja beragama Buddha) dan para sarjana.

Kekejaman Pol pot akhirnya berakhir saat terjadi Invasi besar yang dilakukan oleh Vietnam dan mulai larinya runtuhnya sekutu mereka, Uni Soviet. Pol Pot di tangkap dan diadili pada tahun 1998 dan wafat di usia 72 tahun karena serangan jantung.

Sumber :

  • https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/news/world-asia-pacific-10684399.amp
  • https://www.google.com/amp/s/time.com/5486460/pol-pot-cambodia-1979/%3famp=true

Idi Amin – Uganda

Idi amin
Sumber : thefamouspeople.com

Jenderal Idi Amin adalah pemimpin Diktator asal Uganda yang berkuasa setelah menggulingkan pemerintahan terpilih di Uganda melalui kudeta militer dan mendeklarasikan dirinya sebagai presiden.

Sebelum menjadi Penguasa militer di Uganda, Idi Amin adalah penerima Bintang kehormatan dari Ratu Elizabeth karena pengabdiannya pada pemerintahan Inggris, saat Inggris menguasai Uganda.

Dia hanya memerintah selama delapan tahun, tapi selama itu dia telah membunuh sekitar 300.000nya sendiri dan juga mengusir dan merampas seluruh harta dari Warga keturunan India di Uganda.

Selama menjabat Idi Amin akan menggunakan pasukan polisi pribadinya yang disebut SRB atau State Research Bureau yang akan menculik dan menyiksa semua lawan politik dari Idi Amiin.

Tapi Pemerintahan Idi Amin akhirnya berakhir setelah Invansi dari Republik Zimbabwe dan dia kabur dan meminta suaka dari pemerintahan Saudi Arabia.

King Leopold II – Belgia

Raja Leopold II
Sumber : wikipedia.com

Raja Leopold II memang jarang disebut sebagai diktator terkejam di dunia, tapi kenyataannya dia bertanggung jawab atas kematian 15 juta warga Kongo yang saat itu dijajah Belgia.

Awalnya penjajahan Belgia terhadap Kongo sama seperti yang terjadi di Indonesia. Tapi semenjak booming dan mulai bertambahnya permintaan karet di seluruh dunia. Pemerintah Belgia meliukkan Berbagai cara untuk mengisi permintaan itu termasuk melakukan kerja paksa.

Tentara paramiliter pribumi, Force Publique dibentuk untuk menegakkan kebijakan kejam itu. Pekerja yang menolak untuk berpartisipasi dalam pengumpulan karet akan dibunuh dan seluruh desa diratakan.

Selain itu, Raja Leopold II dikenal memiliki selera humor yang konyol dan kejam. Setiap peluru ditembakkan oleh tentara, meski itu tak disengaja maka rakyat akan dipotong tangan dan kakinya sebanyak peluru yang telah ditembakkan dan meski sudah di amputasi mereka tetap dipaksa bekerja mengumpulkan karet.

Tapi setelah desakan dari negara – negara eropa lainnya, Raja Leopold II akhirnya melepaskan Kongo pada tahun 1908.

Sumber :

  • https://www.nationalgeographic.org/thisday/feb5/belgian-king-establishes-congo-free-state/#:~:text=Background%20Info%20Vocabulary-,On%20February%205%2C%201885%2C%20Belgian%20King%20Leopold%20II%20established%20the,Leopold%20privately%20owned%20the%20region.
  • https://www.bbc.com/news/world-europe-53017188

Adolf Hitler – Jerman

Adolf Hitler
Sumber : abcnews.com

Siapa yang tak kenal dengan nama Adolf Hitler. Hitler adalah seorang politisi dan Kanselir Jerman kelahiran Austria yang merupakan diktator dari Jerman dan pemimpin dari Partai Nazi dari tahun 1933 sampai 1945.

Dia adalah salah satu orang yang bertanggung jawab atas Perang Dunia Kedua dan kematian 6 juta orang etnis Yahudi Eropa melalui kamp Konsentrasi. Selain Yahudi dia juga menyusun rencana membersihkan Jerman dengan melenyapkan orang Yahudi, Slavia, gipsi, homoseksual, dan lawan politiknya.

Hitler seorang yang berkarisma dan terkenal kejam. Dengan bukunya yang terkenal ” Mein Kamf” Hitler menyebarkan paham Nazisme ke seluruh dunia. Kekejaman Hitler berakhir saat dia dikepung oleh sekutu dan akhirnya bunuh diri di tempat persembunyiannya.

Sumber :

  • https://www.nytimes.com/1941/06/22/archives/the-art-of-propaganda-by-adolf-hitler.html
  • https://www.britannica.com/list/9-things-you-might-not-know-about-adolf-hitler

Baca juga : Fakta Korea Utara.

Dan itulah kawan 5 Diktator Paling Kejam di dunia. Semoga informasi ini menarik dan bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan menarik lainnya hanya di sini.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com