5 Dinosaurus Tercepat yang Pernah Ada

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 4 Dinosaurus Tercepat yang Pernah Ada Menurut Para Peneliti dan Ilmuwan. Mereka ini adalah monster – monster besar dengan kecepatan lari yang tinggi.

Tentu saja pengukuran kecepatan seekor Dinosaurus yang sudah punah jutaan tahun itu tak gampang, tapi menurut para ahli geologi asal Amerika Serikat yang tergabung dalam (pubs.usgs.gov) mengatakan bahwa para peneliti menentukan cara dinosaurus berlari berdasarkan bentuk tulang, ukuran badan dan bentuk badan Dinosaurus.

Beberapa Dinosaurus Tercepat yang pernah ada ini mungkin telah dalam berbagai media populer seperti kartun, animasi, anime, serial televisi ataupun film seperti yang terkenal yaitu serial Jurassic Park.

5 Dinosaurus Tercepat yang Pernah Ada

Untuk kamu yang penasaran tentang Dinosaurus Tercepat yang Pernah Ada, mari kita simak daftarnya berikut ini.

Velociraptor

images 29 min
Sumber : fandom.com

Nama dinosaurus ini, Velociraptor, berasal dari bahasa Latin yaitu “Velox” (cepat) dan “raptor” (perampok atau penjarah), yang tentu dapat memberikan gambaran dan deskripsi tentang kelincahan dari dinosaurus karnivora ini.

Velociraptor adalah Dinosaurus karnivora yang memakan dan mencuri Bangkai dinosaurus lain dan diperkirakan hidup sekitar 75 hingga 71 juta tahun yang lalu.

Ukurannya terbilang kecil kira-kira seukuran kalkun jauh lebih kecil dari kira-kira 2 m. Untuk itu wajar jika Velociraptor ini diperkirakan dapat bergerak pada jarak 25 mph dan jika berlari dapat menempuh 40 mph. Velociraptor menjadi sangat populer setelah sering tampil di film Jurassic Park series dan banyaknya tulang yang ditemukan.

Albertosaurus

Dinosaurus Tercepat yang Pernah Ada
Sumber : wikia

Albertosaurus, juga dikenal sebagai “kadal Alberta”, adalah jenis theropoda tyrannosaurid yang hidup di era zaman Kapur di Amerika Utara bagian barat sekitar 65 juta tahun yang lalu.

Albertosaurus ini masih saudara dengan Dinosaurus Ganas Tyrannosaurus Rex loh. Dia memiliki tangan pendek dan kaki yang panjang. Hanya saja tubuh Albertosaurus ini memiliki tubuh lebih kecil tapi bisa bergerak dengan kecepatan 14–21 km/jam (8,3 mph).

Sama dengan saudaranya, Tyrannosaurus Rex. Albertosaurus adalah predator yang ganas di zamannya.

Baca juga : Hewan Prasejarah paling terganas di dunia

Compsognathus

Dinosaurus terkecil
Sumber : fandom.com

Compsognathus adalah jenis predator dinosaurus terkecil dan anggota dari spesies tunggal bernama Compsognathus longipes dapat tumbuh hingga seukuran ayam kalkun. Mereka hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu di jaman Jurassic terakhir.

Dinosaurus mini ini pertama ditemukan di Jerman pada 1850 dan Perancis satu abad kemudian. Dengan berat hanya sekitar 3kg (6,5lb), Compsognathus dapat berlari hampir 40 mph dan memiliki kecepatan lebih tinggi dari burung Unta.

Jadi meski kecil dibandingkan dinosaurus lain, makhluk ini dapat berlari dengan kecepatan tinggi. Sampai tahun 1990-an, dinosaurus ini adalah dinosaurus non- Avian (burung) terkecil yang diketahui. Bersama dinosaurus lainnya jenis investasi juga sering muncul dalam film Jurassic Park.

Struthiomimus

images 26 min
Sumber : dkfindout.com

Struthiomimus adalah dinosaurus genus Ornithomimid yang muncul di jaman Kapur. Namanya berasal dari bahasa Yunani yaitu “stroutheios” yang berarti dari burung unta dan mimos artinya meniru. Ini dikarenakan bentuk mereka yang memang seperti burung Unta. Tentu saja mereka adalah salah jenis dinosaurus yang memiliki bulu.

Berbeda dengan dinosaurus sebelumnya Struthiomimus adalah dinosaurus herbivora yang selalu bergerak bersama kawanannya hingga tidak membahayakan dinosaurus lain hingga mereka dapat hidup dengan herbivora besar selain mereka.

Tentu saja mereka memerlukan cara untuk bertahan hidup di tempat banyak predator dan senjata mereka adalah kecepatan untuk melarikan diri dari pemangsa dan mereka sering tinggal bersama herbivora yang lebih besar seperti Edmontosaurus dan Triceratops untuk melindungi diri mereka.

Kecepatan lari Struthiomimus sendiri dapat mencapai hasil yang mengesankan yaitu 50 – 80 km/jam atau 49 Mph.

Gallimimus

images 25

Jika tadi kita bertemu dengan peniru burung unta sekarang kita bertemu dengan peniru ayam yaitu Gallimimus. Gallimimus adalah genus dinosaurus berjenis theropoda yang hidup di tempat yang sekarang menjadi Mongolia selama periode Kapur Akhir 75 tahun lalu.

Gallimimus, dapat berlari dari pemangsa dengan perkiraan kecepatan sekitar 42–56 km/jam (29–34 mph) dan jika larinya dapat dibandingkan dengan hewan tercepat saat ini yaitu Cheetah.

Baca juga : Hewan Air dengan Gigitan terdahsyat.

Dan itulah kawan Pembahasan kita tentang Dinosaurus Tercepat yang pernah ada. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa untuk share informasi ini bila kamu berkenan.

Sampai jumpa di pembahasan menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com