5 Fakta Lilith – Sang Ratu Neraka

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Fakta Lilith – Sang Ratu Neraka yang menurut penganut kepercayaan satanisme dan occultisme adalah seorang pendamping dari Raja Neraka Lucifer dan Iblis Kuno (Primordial).

Lilith sendiri pertama kali muncul dari cerita – cerita umat Yahudi mistik atau Kabbalah. Lilith bahkan dianggap memiliki hubungan dengan Ratu Shaba atau Queen of Sheba istri dari Raja Solomon.

Selain itu Lilith juga sering muncul di media – media populer seperti film, komik, serial tv, games dan juga anime Jepang. Yang pay populer Lilith muncul dalam serial televisi Lucifer dan game Serial RPG populer seperti Shin Megami Tensei dan Persona.

Selain itu ada beberapa fakta – fakta menarik tentang Lilith, yang mungkin belum kamu ketahui, seperti apa infonya ? Mari kita simak bersama sama.

5 Fakta Lilith – Sang Ratu Neraka

Istri Pertama Adam

Lilith John Collier painting 2 min
” Lilith” lukisan John Colier (Sumber : Wikipedia.com)

Menurut keyakinan kaum Yahudi berdasarkan beberapa tradisi tradisional Yahudi mistis (lebih tepatnya Kabbalah) sebelum Tuhan menurun Hawa atau Eve ke Bumi, Istri Pertama Adam adalah Lilith. (Sumber bisa dilihat disini)

Kisah tentang Lilith memang sebuah hal yang sangat kontroversial, karena bagi beberapa agama samawi lain seperti Islam, Kristen dan bahkan Yahudi Kontemporer meyakini jika Adam hanya memiliki satu orang istri yaitu Hawa atau Eve.

Meski begitu Beberapa catatan mengenai Lilith muncul dalam Kitab Kejadian atau Book of Genesis ayat 1:27 dan juga 4 kali dalam kitab Talmud Babilonia. Meski begitu tak ada catatan yang menyebut jika Lilith adalah Istri Adam.

Catatan yang menyebut Lilith adalah istri Adam berasal dari Kitab Alphabet of Ben Shira. Dalam kitab tersebut menyebutkan jika Lilith adalah Istri pertama Adam.

Tapi dia menolak untuk berhubungan badan dengan suaminya jika tidak dalam posisi diatas karena dia menganggap dirinya lebih tinggi dan lebih memilih untuk membuahi dirinya sendiri.

Melihat penolakan itu Adam murka, dengan tipu muslihat, dia menjebak Lilith dan membuatnya hamil. Lilith yang tidak terima pergi dari surga dan tinggal di laut merah.

Melihat Lilith, Pergi Adam berdoa pada Tuhan, yang lalu menyuruh tiga malaikat Snvi, Snsvi, dan Smnglof untuk membawa Lilith kembali. Tapi Lilith tak mau. Malaikat pun memaksa dan mengancam akan membunuh satu persatu anak Lilith jika ia nggak mau menurut.

Tapi Lilith, malah balik menantang jika Setiap bayi laki-laki yang dilahirkan, dia akan berkuasa atas hidupnya selama 8 hari dan untuk bayi perempuan dia berkuasa atas dirinya selama 20 hari. Para malaikat itu pun kembali ke langit dengan tangan hampa.

Lalu dikisahkan Adam kembali berdoa, dan saat itulah Tuhan mendengarkan doanya dan membuat Hawa dari Tulang Rusuknya.

Kisah Lilith tak sampai disitu dia juga bersama Iblis menghasut Hawa untuk memakan Buah Khuldi. Hingga Tuhan murka dan mengusir Adan dan Hawa dari Surga. Ini dilakukan Lilith karena Cemburu pada Hawa.

Jika keturunan Adam dan Hawa menjadi umat manusia. Dalam literatur The Midrash Rabbah, semua keturunan dari Lilith digambarkan iblis yang disebut Incubus dan Succubus.

Baca juga : Gilgamesh Pahlawan Bangsa Sumeria

Lilith Sang Vampire Pertama dan Jimat anti Lilith

Fakta Lilith
Jimat Anti Lilith (Sumber : blog.nli.org.li)

Kalian mungkin lebih mengenal tokoh Dracula sebagai seorang Vampir atau mungkin kalian tahu tentang vampir – vampir di film Tiongkok. Namun nyatanya, vampir dan iblis telah menjadi bagian dari imajinasi manusia sejak awal umat manusia.

Bukti makhluk mirip vampir yang disebut dengan nama berbeda dapat ditemukan sejauh mitologi Sumeria dan Babilonia seperti dewi Ekimmu. Tapi di mitologi Yahudi vampir memiliki hubungan erat dengan Lilith.

Seperti yang kita sebutkan tadi, Lilith berjanji akan mengganggu para bayi saat mereka lahir. Dari janji itulah tradisi Yahudi mendasarkan kematian para bayi sebagai ulah dari Lilith yang meminum darah mereka.

Untuk menghindari pengaruhnya yang berbahaya, sampai hari ini para ibu di israel akan membawa Jimat Anti Lilith berisi gambar tiga malaikat di dompet mereka atau menggantung gambar di atas tempat tidur bayi yang baru lahir untuk menghindarkan bayi mereka dari pengaruh Lilith.

Lilith Muncul dalam Babilonia/Akkadia

lilith min
Sumber : Haaretz.com

Selain muncul dalam mitologi bangsa Semit (Yahudi) Lilith dianggap lebih tua lagi karena muncul dalam mitologi Akkadia (Sumeria dan Mesopotamia) dan juga Babilonia kuno.

Dalam mitologi tersebut Lilith atau Littu dianggap sebagai Iblis atau Hantu Malam di Sumeria atau Babilonia. Dimana dia akan menculik anak – anak dan merayu pria – pria dewasa dan meminum darah mereka.

Teks kuno Babilonia menggambarkan Lilith sebagai pelacur milik dewi Ishtar, sedangkan di Sumeria Lilith dianggap sebagai pembantu Dewi inana. Lilith juga dikenal sebagai ki-sikil-lil-la-ke dalam cerita Epik Gilgamesh.

Lilith istri Lucifer

Lucifer mungkin lebih dikenal sebagai Iblis yang menguasai neraka tapi Lucifer juga dikenal sebagai The Fallen Angel (Malaikat Terkutuk) Samael dalam tradisi agama Kristen dan Yahudi. (Berbeda dengan Islam yang menyebutnya sebagai Syaitan atau Iblis)

Dalam ajaran dan tradisi Occultisme Lilith dan Lucifer dianggap sebagai Raja dan Ratu Penguasa Neraka. Hal ini ditegaskan oleh Profesor Eli Yassif, professor Jewish folklore di Universitas Tel Aviv, bahwa Lilith adalah pendamping Setan yang bertugas menggoda para pria dilansir haaverts.com

Lilith dianggap Simbol Feminisme

images 25
Lukisan Lilith di jaman Romantisme (Sumber : Jwa.org)

Meski memiliki sejarah kelam dan mengerti Fakta Lilith yang lain adalah bahwa beberapa kelompok Feminisme (khususnya Yahudi) menganggap sosok Lilith sebagai contoh Perlawanan dan sosok Feminisme masa lalu.

Menurut Rabbi Menachem Levine Gerakan feminis modern menemukan inspirasi dalam visi Lilith sebagai wanita kuat dalam cerita rakyat Yahudi, memvisualisasikannya sebagai wanita yang layak untuk ditiru.

Bahkan Pada tahun 1972, jurnalis dan penulis Israel-Amerika, Lilly Rivlin menerbitkan sebuah artikel tentang Lilith untuk majalah feminis Ms. dengan tujuan menjadikannya ikon untuk wanita modern.

Tentu saja itu sangat bertentangan dengan ajaran agama samawi dan bahkan menurut Rabbi Menachem Levin, perlawanan Lilith terhadap Adam berasal dari sumber yang tidak di percaya yaitu The Alphabet of Ben Sira yang dibuat pada abad pertengahan.

Dan meski muncul dalam Talmud Babilonia sebanyak 4 kali, Sosok Lilith tak pernah disebut sebagai Istri Pertama Adam dan buku Alphabet of Ben Sira, bukanlah buku utama dari ajaran Yahudi.

Cerita Lilith ini yang melakukan pemberontakan (penolakan) kepada Adam sebagai suami hingga dia mendapatkan azab dan dikirim ke neraka banyak dijadikan simbol oleh beberapa kaum Feminis Yahudi sebagai perlawanan kaum feminisme terhadap patriarki. Seperti artikel yang ditulis oleh Huffington post berikut ini.

Baca juga : 7 Iblis Lambang Dosa Besar.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang 5 Fakta Lilith- Sang Ratu Neraka semoga informasi ini menarik dan bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com