5 Fakta Tentang Planet Venus – Unik dan Menakjubkan.

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Fakta tentang Planet Venus. Sebuah planet paling yang berada di posisi kedua paling dekat dengan matahari dan salah satu dari ke delapan jajaran planet yang berada di galaksi Bima sakti (Tata Surya) atau Milkyway.

Planet merah ini dinamai menurut mitologi Yunani/Romawi kuno berdasarkan Dewi kecantikan Romawi yaitu Venus/ Aprodhite. Dianggap sebagai benda angkasa paling terang di langit malam Bumi setelah Bulan, bahkan saking terangnya kadang dapat kita saksikan mata telanjang di siang hari bolong.

Tapi ternyata Planet Venus juga menyimpan beberapa fakta unik lainnya yang menarik untuk kita cari tahu loh! Jadi siapkan catatanmu mari kita terbang ke Venus.

5 Fakta Tentang Planet Venus – Unik dan Menakjubkan.

Mirip dengan Bumi, Meski Berbeda

Di bandingkan planet lain di sistem Tata Surya lainnya Venus dianggap sangat mirip dengan bumi, loh! Dari bentuk dan ukuran hampir mirip dengan bumi. Tak percaya ?

Massa Venus sekitar 0,81 massa Bumi. Ukurannya kira-kira sama. Jari-jarinya adalah 6.052 km (3.760,5 mil); Bumi adalah 6.378 km (3.963 mil). Karena massa dan ukurannya hampir sebanding, berarti keduanya memiliki kerapatan yang kira-kira sama dan, dengan demikian, komposisinya sama.

Hanya saja dibandingkan dengan planet kita tercinta Bumi yang memiliki temperatur beragam dan bisa di bilang cukup adem untuk di tinggali, Venus memiliki suhu permukaan hampir 482 °C (900 °F), yang tentu saja sangat panas hingga dapat melelehkan baja.

Selain itu, tekanan atmosfer karbon dioksidanya 95 kali lipat lebih besar dari tekanan atmosfer Bumi, memiliki Awannya yang terbuat dari asam sulfat dan permukaan gurun pasir dan banyak gunung lava, membuat Venus tak dapat di tempati oleh manusia.

Baca juga : Tata Surya adalah.

Sehari di Venus sama dengan Setahun di Bumi

Berbeda dengan bumi yang berotasi selama satu hari saja. Venus membutuhkan waktu lebih lama untuk berotasi satu kali pada porosnya bahkan dibanding dengan menyelesaikan revolusi (berputar mengelilingi) satu orbit Matahari.

Itu berarti satu hari di Venus sama dengan 243 hari Bumi untuk berotasi sekali (bayangkan kamu bekerja selama satu hari di Venus?) Membuat masa rotasi Venus terpanjang dari planet mana pun di sistem Tata Surya.

Meski begitu tahun (revolusi mengelilingi matahari) Venus lebih cepat dari bumi loh! Jika bumi memerlukan 365 hari atau satu tahun. Sedangkan Venus hanya memerlukan 224 hari dalam setahun.

Venus lebih panas dari Merkurius meski lebih jauh dari Matahari

sumber : space.com

Selain dekat dengan Matahari, Merkurius juga dikenal tak memiliki atmosfer untuk melindungi diri dari panas matahari hingga Merkurius memiliki suhu permukaan yang sangat beragam setiap harinya, mulai dari 173 °C (280 °F) pada malam hari sampai 427 °C (800 °F) pada siang hari.

Sedangkan Planet Venus, meski berada lebih jauh dari Matahari memiliki suhu sekitar 462°C. Ini karena konsentrasi karbon dioksida yang tinggi di atmosfer Venus yang bekerja untuk menghasilkan efek rumah kaca yang sangat intens.

Jika di Bumi, radiasi inframerah dari Matahari terpantul kembali ke luar angkasa Sedangkan di Venus, awan karbon dioksida yang tebal menjebak radiasi infra merah hingga dapat memanaskan planet merah ini.

Menurut Peneliti NASA Sue Smrekar dilansir oleh space.com (2020) ” Permukaan Venus cukup panas hingga dapat melelehkan timah karena efek rumah kaca di atmosfer.”

Baca juga : Astronomi adalah

Planet Venus memiliki lebih banyak Gunung Berapi dibandingkan Planet lain di Tata Surya

Sumber : https://www.windows2universe.org/

Selain sangat panas, Ada lebih banyak gunung berapi di Venus daripada di planet lain mana pun di tata surya. Para astronom NASA telah meneliti dan mengetahui lebih dari 1.600 gunung berapi berada di atas permukaan Venus.

tetapi kemungkinan ada lebih banyak lagi yang terlalu kecil untuk kita lihat. Para ilmuwan berpikir sebagian besar tidak aktif, meskipun beberapa mungkin masih sangat aktif.

Paling Beda, Venus berputar searah jarum saat berotasi.

Jika planet planet lain berputar berlawanan arah jarum jam saat berotasi pada porosnya dan mengorbit dan berevolusi Matahari berlawanan arah jarum jam.

Sebenarnya saat Venus berevolusi dan mengorbit pada Matahari, sama dengan planet lain Venus berputar berlawanan arah jarum jam, tetapi berbeda ketika berotasi, venus malah berputar searah jarum jam disebabkan oleh posisinya yang terbalik karena terlempar dari posisinya.

Para astronom percaya bahwa pada titik tertentu dalam sejarah antariksa sebuah benda langit Raksasa menabrak Venus hingga miring dan terbalik begitu jauh dari posisi semula sehingga sekarang.

Satu-satunya planet lain yang berputar ke arah yang aneh adalah Uranus yang berputar miring, yang mungkin karena alasan yang sama yaitu akibat tabrakan oleh benda angkasa lain di awal kehidupannya.

Baca juga : Fakta unik Komet.

Dan itulah kawan fakta tentang planet Venus semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di sini.

Sumber :

  • https://solarsystem.nasa.gov/planets/venus/overview/
  • https://www.google.com/amp/s/www.space.com/amp/15988-venus-planet-weird-facts.html
About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version