5 Fakta Unik Tentang Komet – Bintang Berekor

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Fakta Unik Tentang Komet. Salah satu benda angkasa yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan benda angkasa lain seperti Meteor, Planet ataupun Bintang seperti Matahari.

Komet dapat kita amati di angkasa seperti layaknya bintang jatuh, tapi sepertinya benda angkasa lainnya Komet mengitari Bintang (Matahari) atau melakukan Revolusi.

Tapi apa sih komet itu ? Darimanakah dia berasal ? Untuk tahu lebih banyak tentang bintang berekor ini, mari kita simak penjelasannya sama – sama.

5 Fakta Unik Tentang Komet

Pengertian Komet adalah

Fakta unik tentang Komet
Sumber : https://eartheclipse.com/space/various-parts-of-comet.html

Komet adalah benda langit yang terbentuk kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari Matahari, dan akan berubah bentuk memiliki kepala dan ekor saat mendekati matahari karena memanas.

Sama seperti benda langit lain Komet melakukan Revolusi (mengelilingi matahari) dan bagian dari sistem galaksi ataupun tata Surya dan berbeda dengan Meteor, komet memiliki garis edar yang jelas.

Menurut Nasa.gov. Komet adalah sisa-sisa beku dari pembentukan tata surya yang terdiri dari debu, batu, dan es yang ukurannya saat membeku dapat sebesar sebuah kota kecil dan mengecil saat mendekati matahari.

Baca juga : Planet dan sistem Tata Surya.

Bagian – Bagian Komet

Bagian komet
Sumber : quora.com

Menurut planet.org, Beberapa komet memiliki orbit berbentuk elips yang membuatnya relatif dekat dengan Matahari.

Saat komet-komet ini berada di dekat Matahari, es yang ditemukan di dalamnya mencair dan memperlihatkan bentuk – bentuk seperti berikut ini.

  • Inti (Nukleus): terdiri dari es dan material batuan. Inti komet adalah bagian utama komet yang diperkirakan berdiameter sekitar 10 sampai 100 km, meskipun diameternya bisa mencapai 100 km.
  • Koma (Coma) : terbuat dari awan gas yang ada di sekitar nukleus. saat awan itu dipanaskan oleh matahari disebut dengan koma. Gas-gas ini biasanya merupakan campuran dari uap air, amonia, karbon dioksida.
  • Ekor Debu (Dust Tail) : ekor debu komet terdiri dari gas dan partikel debu kecil. Yang terhempas dari inti saat komet dipanaskan oleh matahari. Ekor debu inilah yang membuat komet disebut bintang berekor.
  • Ekor Ion : ekor ion adalah aliran gas yang terkena ionisasi oleh panas yang dihembuskan langsung dari Matahari dikarenakan kontak komet dengan angin panas matahari.

Komet memiliki Halo (Lingkaran Cahaya) ketika bergerak mendekati Matahari

images 16 1
Sumber : space.com

Ketika komet mendekati matahari, Radiasi Matahari menguapkan es dan gas gas di komet menjadi lingkaran cahaya di sekitarnya. Hingga membuat Komet terlihat seperti Bintang. Padahal Komet tidak dapat mengeluarkan Cahaya dengan sendirinya.

Asal Komet

Menurut lapan.go.id, diyakini berasal dari 2 tempat yaitu awan Oort dan sabuk Kuiper. Awan Oort adalah awan berbentuk bulat yang dipercayai berada sekitar 1xE¹⁵ m/50.000 hingga 1xE¹⁶ m/100.000 AU dari matahari.

Komet-komet yang datang dari Awan Oort ini memiliki periode orbit yang jauh lebih lama daripada di Sabuk Kuiper. Makanya ada Komet yang berputar selama ratusan tahun sekali.

Dan Sabuk Kuiper adalah sebuah yang berada dari sekitar orbit Neptunus sampai jarak 50 SA dari Matahari yang berbentuk menyerupai cincin. Setelah keluar dari asalnya, Komet terikat oleh Gravitasi Matahari membuat komet mengorbit pada matahari.

Contoh Komet – Komet yang Terkenal.

Manusia telah melihat komet sejak berabad-abad yang lalu. Dan Beberapa komet yang terkenal Memiliki nama sendiri diantaranya.

Komet Halley

download 1 1
Sumber : space.com

Edmond Halley menemukan bahwa komet yang diamati pada tahun 1531, 1607 dan 1682 adalah satu komet yang sama. Sebagai hasil dari penemuan Halley, komet itu dinamai menurut namanya.

Komet Shoemaker-Levy 9

images 17 min 1
Sumber : http://www.oasi.org.uk/Misc/SL9/SL9.php

Shoemaker-Levy 9, juga dikenal sebagai SL 9, adalah rangkaian komet yang ditangkap oleh gravitasi Jupiter dan kemudian mulai mengorbit planet tersebut.

Orbit SL 9 yang diasumsikan tentang Jupiter, bagaimanapun, sangat tidak teratur dan sebagai akibat dari ketidakteraturan ini, SL 9 menabrak Jupiter dalam tampilan yang cemerlang selama minggu 16 Juli 1994. Shoemake-Levy 9 dinamai menurut penemunya, Gene Pembuat sepatu, Pembuat Sepatu Carolyon dan David Levy.

Komet Donati (C/1858 L1 Donati)

images 22
Sumber : Wikipedia.com

Komet Donati digambarkan oleh banyak orang sebagai komet terindah yang pernah dilihat. Ini tentu membuat kesan di dunia seni, dengan banyak lukisan menunjukkannya dengan segala kemegahannya. seperti yang tergambar dalam lukisan tahun 1859 oleh William Turner dari Oxford.

Komet Hyakutake

Komet Hyakutake
sumber : https://delphipages.live/id/ilmu/astronomi/comet-hyakutake

Komet Hyakutake melewati hanya 15 juta kilometer (9,3 juta mil) dari Bumi pada Maret 1996. Itu adalah komet terdekat mendekati Matahari selama 9 ribu tahun.

Komet menghasilkan sinar-X 100 kali lebih intens dari yang diperkirakan. Pesawat ruang angkasa Ulysses secara tidak sengaja melewati ekor Hyakutake pada Mei 1996, menunjukkan bahwa panjangnya setidaknya 570 juta km (350 juta mil).

Komet Hale–Bopp

images 24 min 2
Sumber : apod-id.com

Komet Hale–Bopp adalah komet yang terkenal pada ke-20 dan dianggap sebagai salah satu yang paling terang selama beberapa dekade. Pertama ditemukan oleh Alan Hale dan Thomas Bopp secara terpisah pada 23 Juli 1995, sebelum terlihat dengan mata telanjang, menggunakan teleskop.

Baca juga : Teori Terjadinya Tata surya.

Dan itulah kawan materi kita tentang fakta unik tentang komet. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com