5 Hewan Paling Cepat di Dunia Hewan

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Hewan paling cepat di Dunia dalam Kerajaan hewan. Mungkin banyak yang menyangka jika cheetah adalah hewan tercepat, fakta itu betul adanya dilansir oleh livescience.com, cheetah dapat berlari secepat 103 km/jam.

Sebagai perbandingan Pelari tercepat dalam sejarah dunia, seorang mantan juara dunia lari yang sudah pensiun Usain Bolt dapat berlari mencapai 44,72 km/jam. Berarti cheetah memiliki kecepatan dua kali dari kecepatan Usain bolt.

Tapi selain Cheetah ternyata ada beberapa hewan yang tercatat memiliki kecepatan tinggi juga loh! Seperti 5 Hewan paling cepat di dunia berikut ini.

5 Hewan paling cepat di dunia

Cheetah (128 km/jam)

Hewan paling cepat di dunia
Sumber : nationalgeography.com

Cheetah ( Acinonyx jubatus) adalah hewan darat paling cepat yang tercatat oleh pengamatan para ahli, bahkan lebih cepat dari kecepatan kuda pacu yang mencapai kecepatan tertinggi yaitu 70 Km/jam.

Cheetah yang berkeluarga dengan kucing ini, tinggal di Utara Afrika dan Iran. Biasanya mencapai 67–94 cm ukuran bahu, dan panjang kepala dan tubuh antara 1,1 dan 1,5 m untuk Cheetah dewasa. Bulunya biasanya berwarna kuning kecokelatan dan sebagian besar ditutupi dengan bintik-bintik hitam.

Tapi jangan salah mereka membutuhkan kecepatan lari yang tinggi karena hewan buruan mereka di habitat asli mereka pun tak main – main yaitu Springbok (sejenis rusa/antelope) yang memiliki kecepatan 88 Km/jam, tentu saja mereka juga harus menghindari hewan pemangsa lain yang lebih besar seperti kawanan singa. Jadi mereka harus lebih cepat untuk bertahan hidup.

Baca juga : 7 Bunga Paling Beracun di Dunia.

Black Marlin (132 km/Jam)

images 43 min
sumber : marlinmag.com

Jika tadi kita melihat hewan darat tercepat di dunia, sekarang kita membahas tentang ikan paling cepat di lautan. Dan spesies ikan marlin tercatat sebagai ikan tercepat di dunia dilansir thoughtco.com.

Nah diantaranya beberapa spesies ikan Marlin, Ikan Black Marlin di Anggap sebagai ikan paling cepat di dunia dan tercatat dapat berenang dengan kecepatan 132 km/jam.

Ikan yang menjadi buruan para pemancing profesional karena kekuatan dan kecepatannya, memiliki saingan yaitu ikan pedang dengan kecepatan berenang yang hampir sama.

Lalat Kuda (145km/jam)

Lalat kuda
Sumber : wikimedia.com

Jika tadi Hewan darat dan laut tercepat, kita bergeser kepada serangga tercepat di dunia yang rekornya di pegang oleh jenis Lalat Kuda (Tabanus trimaculatus) dilansir oleh situs discoverwildlife.com.

Lalat kuda merupakan hama khusus yang ada pada hewan ternak. Dan biasanya yang paling Berbahaya adalah gigitan dari lalat Kuda berjenis perempuan yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan pada hewan ternak kita dan gigitan lalat jantan cukup menyakitkan bagi manusia.

Mereka lebih suka terbang di bawah sinar matahari, menghindari daerah gelap karena mereka memiliki penglihatan yang buruk saat gelap. Mereka ditemukan di seluruh dunia kecuali beberapa pulau dan daerah kutub (Hawaii, Greenland, Islandia) dan mereka sangat menyukai darah.

Walet Berekor Jarum (171km/Jam)

images 45
Sumber : ebird.org

Burung Walet Ekor Jarum (White Throated Needletail) adalah salah satu burung tercepat di dunia dengan kecepatan terbang tertinggi yaitu 171km/Jam dalam penerbangan horizontal. Dengan kecepatan seperti itu tentu dapat dipastikan mereka adalah hewan paling cepat di dunia.

Mereka biasa membangun sarang mereka di celah-celah batu di tebing atau pohon berlubang. Sambil mencari mangsa mereka yaitu serangga terbang kecil seperti kumbang, lalat, lebah, dan juga ngengat.

Mereka termasuk burung yang suka bermigrasi mencari tempat berkembang biak dari tempat yang dingin ke tempat yang hangat di Utara. Mereka dapat ditemukan di sekitar Asia sampai Australia.

Elang Peregrine (322Km/Jam)

Peregrine
Sumber : science4fun.com

Hewan Paling Cepat di Dunia yang terakhir adalah Elang Peregrine yang kecepatan terbang tertingginya dilansir mencapai kecepatan 322 Km/jam! yang berarti secepat Motor GP!!.

Elang Peregrine (Falco peregrinus) tinggal di Amerika Utara dan memiliki ukuran sebesar burung gagak dengan kepala hitam dan punggung biru-abu-abu. Mereka termasuk jenis burung predator yang memakan burung lain, jadi tentu saja mereka memerlukan kecepatan ekstra untuk memangsa buruannya.

Baca juga : Serangga Paling Berbahaya di Dunia.

Dan itulah kawan 5 Hewan Paling Cepat di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Jika kamu menyukai informasi ini, jangan lupa untuk share infonya di sosial media kamu.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com