5 Langkah Ternak Bebek Peking, Seperti Pro!

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang cara dan langkah ternak bebek Peking, hingga kamu yang pemula dapat merasakan rasanya seorang menjadi Pro dalam berternak Bebek Peking.

Jenis bebek peking telah didomestikasi selama lebih dari 2.000 tahun. Dan telah terkenal karena memiliki daging dan telur yang enak untuk di konsumsi dan mudah untuk di jadikan hewan perternakan.

Dikenal dengan sebutan bebek Peking karena menu makanan dan sejarah orang Tiongkok yang telah memelihara bebek liar dengan cara pembiakan yang baik untuk menciptakan berbagai macam bebek yang kita kenal sekarang.

Menurut thehappychickencoop.com ada beberapa langkah yang diperlukan untuk memelihara dan ternak bebek Peking. Dan cara itu dapat kamu simak berikut ini.

5 Langkah Ternak Bebek Peking, Seperti Pro!

Pemilihan Bibit yang Baik

Ternak bebek Peking
Sumber : Wikipedia.com

Kamu dapat membeli DOD (Day Old Duck) dari pembibitan yang sudah dikenal mutunya ataupun kami dapat mencari tempat bibit yang telah mendapat rekomendasi dari Dinas Peternakan di tempatmu.

Dan juga pastikan jumlahnya cukup banyak, karena Bebek adalah jenis hewan sosial dan komunitas, jadi mereka akan lebih tenang jika jumlahnya banyak.

Selain itu Sortir dan pisahkan bibit yang bagus dan jelek (karena jika membeli banyak kemungkinan besar mendapatkan beberapa yang cacat). Agar kamu mendapatkan bibit baru yang lebih sehat nantinya.

Bebek akan mulai bertelur pada usia 5 sampai 7 bulan. Di awal masa-masa ini, jumlah telur mungkin belum stabil. Setelah itu Bebek akan bertelur setiap hari dan kamu bisa memanennya setiap hari.

Persiapkan Kandang yang Sesuai

Kandang bebek Peking
Sumber : hgtv.com

Bebek Peking adalah hewan yang dapat mencari pakan mereka sendiri dan binatang bertipe penjelajah. Jadi Tempatkan bebek di kandang yang cukup besar untuk mereka berjalan-jalan dan bergerak bebas.

Selain itu sebagai peternak yang “profesional” kamu juga harus memperhatikan keadaan kandang si bebek. Jadi pastikan keadaan kandang dalam temperatur ± 39 ° C dan tingkat Kelembaban kandang berkisar antara 60-65%.

Kamu juga harus memastikan kandang bebek Peking yang telah kamu buat mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika sulit mendapatkan sinar matahari, kamu juga dapat menggunakan lampu panas kecil untuk memberikan panas yang cukup. 

Kandang tidak harus kamu buat dari bahan yang mahal. cukup pilih bahan sederhana seperti kayu atau bambu asal tahan lama (kuat). Selanjutnya kamu juga harus menyiapkan beberapa fasilitas kandang, seperti tempat makan, tempat minum dan perlengkapan tambahan lainnya.

Baca juga : Cara memelihara Tarantula.

Cara Merawat Bebek Peking

Cara merawat Bebek Peking
Sumber : purelypoutry.com

Langkah ketiga dalam ternak bebek adalah dengan Cara Merawat Bebek Peking itu sendiri. Langkah ketiga ini mungkin yang akan lebih sulit karena memerlukan kesabaran.

Pertama pastikan agar kandang tetap bersih dan “kering” agar bebek tidak mudah terkena penyakit. Apalagi bebek Peking terkenal tak menyukai kandang yang lembab.

Kamu harus lebih sabar jika bebek kamu masih di umur anak bebek. Karena Sebagai unggas air, mereka tidak segan-segan masuk ke tempat air segar untuk minum mereka yang baru saja kamu simpan di kandang. Tapi tenang ketika mereka sudah cukup besar mereka dapat kamu lepas di area lebih terbuka.

Sanitasi kandang sangat mutlak diperlukan dalam pemeliharaan bebek Peking ini sebagai tindakan preventif untuk pencegahan penyakit jadi perlu diperhatikan sejak dini untuk mewaspadai timbulnya penyakit dan kecacatan di kemudian hari.

Lalu jangan lupa untuk bersosialisasi dengan bebek kamu (karena sekali lagi bebek adalah hewan sosial) jadi biasakan untuk mendapatkan kontak manusia. Untuk melakukan ini, kamu dapat memberi makan bebek dengan tangan sendiri dan bermain bersama mereka setiap hari.

Keluarkan bebek kamu dari kandangnya setiap hari. agar mendapatkan olahraga dan paparan sinar matahari. Selalu mereka dengan hati-hati saat berada di luar.

Pemilihan Pangan

Menurut dispertan.bantenprov.go.id, dalam memberi makan bebek Peking kamu harus mengetahui 3 Fase berbeda. yaitu fase stater (umur 0–8 minggu), fase grower (umur 8–18 minggu) dan fase layar (umur 18–27 minggu) Ini penting karena setiap fase memiliki kebutuhan yang berbeda.

Kamu dapat membeli pelet dari berbagai tempat pelihara hewan atau campuran jagung, dedak atau menir dan ikan dan kamu juga dapat memberikan limbah sayur asal bukan eceng gondok.

Selain itu ada cara berbeda berdasarkan umur dalam memberi makan bebek yaitu :

  • Umur 0-16 hari diberikan pada tempat pakan datar (tray feeder)
  • Umur 16-21 hari diberikan dengan tray feeder dan sebaran dilantai
  • Umur 21 hari sampai 18 minggu disebar dilantai.

Panen

Setelah Bebek berusia 7 – 9 bulan, bebek akan bertelur. Lalu kamu dapat memanennya setiap harinya (untuk petelur) dan untuk bebek pedagang kamu sudah dapat memisahkan saat berusia 35 hari. Kamu pilih bebek yang kami anggap layak panen. Golongkan berdasarkan kualitas dan ukurannya.

Setelah dipisahkan, Kosongkan dan bersihkan kandang untuk masa budidaya ternak bebek yang selanjutnya.

Baca juga : Cara Beternak Kelinci Anggora.

Dan itulah kawan Cara Ternak Bebek Peking, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com