5 Misi Luar Angkasa Paling Penting di Dunia

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Misi luar Angkasa Paling Penting di Dunia. Beberapa misi Angkasa luar ini dianggap menjadi bagian penting dalam sejarah umat manusia untuk dapat mengetahui misteri Angkasa raya.

Padahal Selama ribuan tahun lalu, umat manusia telah bermimpi untuk dapat menjelajahi angkasa raya yang luas sekaligus ingin mengetahui misteri kosmos. dan Hampir 75 tahun yang lalu, kita akhirnya mencapai mimpi itu melalui misi pertama ke luar angkasa.

Beberapa misi luar angkasa telah mengungkapkan seberapa jauh ras manusia telah berkembang dalam ilmu pengetahuan dan dapat menjalankan misi luar Angkasa.

Nah 5 misi Penjelajahan angkasa berikut dianggap misi paling penting untuk pencapaian umat manusia.

5 Misi Luar Angkasa Paling Penting di Dunia

Misi Sputnik I – Satelit Pertama di Luar Angkasa (1957)

Misi luar angkasa Sputnik I
Sumber : liputan6.com

4 Oktober 1957 Negara Uni Soviet atau USSR melakukan sebuah peluncuran sebuah rudal dari Baikonur Cosmodrome. Roket yang membawa sebuah satelit bernama Sputnik I berhasil memasuki orbit Bumi, menjadi objek buatan manusia pertama yang memasuki ruang angkasa.

Sputnik I mengorbit di atas planet kita sebanyak 1.440 kali selama 21 hari sebelum kehilangan sinyalnya dan, yang paling penting, membawa umat manusia dan seluruh dunia ke Zaman Antariksa.

Misi Soviet menjelaskan kepadatan atmosfer bumi dan apa yang membuat satelit berhasil. Sputnik I tetap mengorbit sampai 4 Januari 1958, sampai akhirnya terbakar ketika memasuki atmosfer kita dilansir ussnews.com.

Baca juga : Robot paling unik di dunia.

Misi Vostok I – Manusia Pertama di Luar Angkasa (1961)

Yuri Gagarin
Sumber : bbc.com

Pada 12 April 1961, Kosmonot Soviet Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang berhasil sampai di luar angkasa. ia mengelilingi Bumi di Vostok I selama 108 menit sebelum Gagarin mengeluarkan dirinya dari pesawat ruang angkasa dan kembali ke bumi.

Meski terdengar hanya sebentar, tapi misi ini mengubah pandangan manusia tentang kemungkinan mengirimkan Manusia ke luar angkasa. Sebelum Gagarin, Soviet mencoba dengan menerbangkan boneka anjing dan manusia.

Misi Apollo 11 – Manusia Pertama di Bulan (1969)

images 66
Sumber : nasa.gov

Pada 20 Juli 1969, Neil Armstrong Kosmonot Amerika Serikat beserta dengan awak kapal pesawat Apollo 11 mencatat dirinya ke dalam buku sejarah selamanya setalah berhasil menjadi orang pertama yang mendarat di bulan.

Kurang dari 20 menit kemudian, Buzz Aldrin, yang mengemudikan modul bulan, bergabung dengan Neil Armstrong. Keduanya menjelajahi bulan dengan berjalan kaki selama tiga jam sambil melakukan eksperimen dan mengumpulkan sampel. Armstrong dan Apollo 11 kembali ke Bumi pada 24 Juli.

Misi Venera 7 – Pendaratan Pertama di Planet Lain

images 67
Sumber : Wikipedia.com

Venera 7, misi pertama yang berhasil mendarat di planet lain, yaitu planet Venus. Pesawat ruang angkasa itu tidak bertahan lama di permukaan -lebih tepatnya kurang dari satu jam-. Sebelum akhirnya hancur oleh planet Venus yang kejam.

Enam menit setelah unreefing, parasut yang membawa venera 7 mulai gagal, mengakibatkan penurunan lebih cepat dari yang direncanakan hingga Parasut akhirnya gagal total, dan probe memasuki periode terjun bebas.

Probe tampak diam pada benturan, tetapi kaset rekaman terus berputar. Beberapa minggu kemudian, setelah peninjauan kaset oleh astronom radio Oleg Rzhiga, 23 menit sinyal yang sangat lemah ditemukan pada mereka. Hingga meski hancur Venera 7 berhasil mengirimkan sinyal ke bumi.

Misi Mars Pathfinder – Penjelajah Pertama di Mars (1996)

images 68 min
Sumber : nasa.gov

Pada 4 Desember 1996, Misi Mars Pathfinder berhasil meluncur dari orbit bumi dan sampai di mars dengan selamat pada tanggal 4 Juli 1997. Robot penjelajah seberat 23 pon menjadi yang pertama berhasil menjelajahi planet lain.

Penjelajah Sojourner menjelajahi area Ares Vallis di planet merah dan menganalisis atmosfer, iklim, dan geologinya.  Misi membawa bukti yang menunjukkan bahwa Mars pernah memiliki air yang mengalir dan bahwa atmosfer dipanaskan oleh permukaan planet. Sojourner membuat transmisi terakhirnya pada bulan September tapi saat itu sudah dianggap sangat luar biasa.

Baca juga : Virus Komputer Paling Berbahaya di dunia.

Dan itulah kawan Pembahasan tentang materi misi luar angkasa paling penting dalam sejarah umat manusia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di sini.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com