5 Parasit Paling Kotor yang Hidup di Sekitar Kita

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Parasit Paling Kotor yang ada di sekitar kita. Karena ukuran mereka yang kecil, sulit bagi kita untuk mengetahui keberadaan mereka.

Parasit adalah mikroorganisme yang hidup dan menggantungkan hidup dari organisme lain. Meski sebagian dari parasit tidak berbahaya, sedangkan sebagian lain dapat hidup dan berkembang di dalam tubuh manusia kemudian menyebabkan infeksi.

Infeksi parasit sendiri sering kamu melakukan kontak langsung dengan penderita infeksi parasit dan ketika parasit masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, gigitan serangga.

Seperti Beberapa parasit pengganggu berikut ini yang menjadi salah satu acuan lingkungan kamu kotor. karena beberapa Parasit paling kotor suka hidup di lingkungan yang kotor. Seperti apa ? Mari kita simak bersama.

5 Parasit Paling Kotor Hidup di Sekitar Kita

Kutu busuk/ Kutu Kasur (Bed Bug)

Kutu Busuk/Kutu Kasur (Bed Bug) adalah sejenis kutu atau parasit yang terbiasa tinggal di kasur yang hidup dengan menghisap darah. Seperti vampir dalam cerita – cerita horor Kutu busuk akan keluar di malam hari dan menghisap darah orang yang sedang terlelap di kasur yang kotor.

Selain di kasur, karena ukurannya yang kecil kutu busuk ini juga dapat bersembunyi di lapisan kasur, alas tiang, sandaran kepala, lubang sekrup, karpet, retakan di dinding yang pastinya dimana saja di tempat kamar tidur yang berantakan.

Kutu kasur memiliki bentuk pipih dan berwarna kecokelatan, dan tertarik pada panas tubuh dan gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia. Jika kita terkena gigitan kutu kasur biasanya muncul bilur kemerahan di kulit, yang terasa gatal atau seperti terbakar.

Kutu Rambut (Lice)

Kutu di Rambut

Parasit Paling Kotor yang kedua adalah Kutu Rambut atau Lice adalah sejenis parasit atau kutu yang tinggal di rambut kepala manusia dan hidup dengan cara menghisap darah kepala yang dapat mengakibatkan gatal – gatal.

Ada banyak jenis kutu rambut. Tapi yang paling umum dan terjadi di masyarakat adalah kutu rambut kepala meskipun ada juga loh jenis kutu rambut lainnya yaitu kutu badan dan (maaf) kutu rambut kemaluan. Selain itu kutu rambut juga menyerang hewan yang memiliki rambut seperti kucing, anjing atau jenis hewan primata.

Kutu rambut mungkin jenis parasit yang gampang dikenali. Selain sering ada di kepala, telur kutu rambut juga gampang dikenali, bahkan dalam satu helai rambut terdapat banyak sekali telur kutu yang dapat membuat orang yang melihatnya merinding.

Kutu Anjing (Dog Flea)

Kutu di rambut Anjing

Kutu anjing ( Ctenocephalides canis ) adalah spesies kutu yang hidup sebagai ektoparasit pada berbagai jenis mamalia tentunya adalah anjing. Meski tidak menimbulkan masalah fatal, gigitan kutu ini tetap bisa membuat Anda infeksi dan gatal-gatal.

Seperti nyamuk, kutu membutuhkan darah dari inang mamalia atau Anjing dalam hal ini untuk berkembang biak. Kutu akan bertelur pada inang yang biasanya menyebabkan infestasi kutu yang berasal dari sekitar tempat inang paling sering tinggal, seperti tempat tidur hewan peliharaan.

Kutu sangat serbaguna. Tubuh mereka diratakan secara lateral untuk memungkinkan mereka bergerak dengan mudah pada inangnya dan juga menghindari dihancurkan. Kemampuan mereka untuk melompat juga luar biasa.

Mereka telah dikenal untuk melompat lebih dari 100 kali panjang tubuh mereka. Kutu yang biasanya menggigit manusia seringkali adalah kutu kucing.

Baca juga : 5 Parasit paling Berbahaya.

Kutu Beras (Sitophilus oryzae)

Kutu Beras (Sitophilus oryzae) adalah parasit yang sering muncul di dalam tumpukan beras, jagung, padi, kacang tanah, gaplek, kopra, dan butiran lainnya. Berbeda dengan dengan parasit kutu yang lain kutu Beras menyerap nutrisi dari makanan hingga kehilangan nutrisi baik untuk kita.

Serangan Sitophilus oryzae akan menyebabkan butir menjadi berlubang, hancur hingga membentuk tepung serta dapat menurunkan nilai gizi produk dan tentu saja nilai komersial yang sangat merugikan petani. Salah satu Parasit Paling Kotor ini sangat merugikan untuk kita.

Tungau (Mites)

Tungau adalah jenis organisme yang sangat umum. Ada banyak klasifikasi tungau termasuk, tetapi tidak terbatas pada, tungau debu, tungau unggas, tungau anjing, tungau rusa, tungau chigger dan tungau kudis hanya untuk beberapa nama.

Bahkan ada tungau yang hidup pada Anda sekarang yang disebut tungau folikel rambut yang memakan sekresi berminyak dari rambut dan kulit kepala Anda, tetapi jangan khawatir.

Baca juga : 5 Hewan Air dengan Gigitan Dahsyat

Dan itulah kawan Pembahasan materi menarik tentang 5 Parasit Paling Kotor di sekitar kita semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version