5 Penemuan Paling Penting di Abad ke 21

Ilmu saku – Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Penemuan Paling Penting di abad ke-21, mulai dari media sosial hingga bitcoin

Abad 21 manusia telah melalui banyak sekali hal. Mulai dari pandemi, perang juga kemajuan teknologi. Kemajuan ini di dukung oleh penemuan paling penting.

Dan apa sajakah itu, saya sudah merangkumnya untuk kamu.

Penemuan Paling Penting Abad 21.

Yang membuat periode waktu ini menarik adalah adanya penemuan paling penting ini sangat menarik nan inovatif tidak ada pada periode sebelumnya dalam sejarah manusia.

Berikut adalah beberapa diantaranya

Media Sosial

Dimulai dengan kemunculan Friendster dan MySpace pada tahun 2002 dan 2003, membuka pintu bagi media sosial lainnya Facebook dan Twitter untuk muncul setelahnya.

media Sosial menghancurkan penghalang yang ada dulu dalam berkomunikasi dengan memudahkan orang untuk berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu

Setelah itu media sosial menjadi bagian hidup masyarakat modern. Yang bukan hanya menjadi platform untuk aktualisasi melainkan juga mnejadi ajang politis, ekonomis dan lainnya.

Bluetooth

Sumber : bluetooth.com

Penemuan Paling Penting, Abad 21 yang kedua adalah Bluetooth. Bluetooth merupakan teknologi pemindahan data nirkabel yang lahir di tahun 1999. Bluetooth dibuat untuk menggantikan pendahulunya yaitu infrared.

Perangkat Bluetooth dapat berkomunikasi dengan maksimal tujuh perangkat dalam satu piconet yang tentunya sangat luar biasa jika dibandingkan dengan pendahulunya yang hanya dapat menghubungkan antara dua perangkat.

Fungsinya tidak sekadar memindahkan data, tetapi juga mampu menyambungkan berbagai perangkat tanpa harus menggunakan kabel.

Bahkan sampai sekarang banyak peralatan elektronik canggih selain handphone yang menerapkan teknologi bluetooth ini untuk berkomunikasi antar perangkat.

Bahkan sekarang pada update Bluetooth 4.0+ membuat teknologi gadget menjadi jauh lebih ramah lingkungan dan hemat energi.

Bitcoin.

Sumber : blog.indodax.com

Penemuan paling penting yang ketiga adalah Bitcoin. Bitcoin adalah sebuah uang elektronik yang dibuat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto.

Bitcoin bisa di transfer ke mana saja di dunia asalkan terkoneksi dengan internet. Bitcoin akan disimpan ke dalam Wallet yang di simpan oleh pihak ketiga.

Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama hingga nilainya tak bisa di manipulasi oleh satu lembaga.

Legalitas penggunaan Bitcoin berubah-ubah secara cepat diseluruh dunia, beberapa negara seperti Thailand melarang Bitcoin, negara Jerman memberikan status legal dan beberapa negara seperti Cina membatasi penggunaan bitcoin.

Tapi meski begitu, tak bisa dipungkiri jika Bitcoin telah mengubah cara melakukan transaksi keuangan digital dengan menawarkan cara yang anonymous, aman, dan terdesentralisasi untuk menjalankan bisnis online.

Mozilla Firefox

Penemuan Paling Penting keempat adalah Mozilla Firefox.

Mozilla hadir pertama kali untuk dapat menyaingi Internet Explorer milik Microsoft. Dengan menawarkan fungsi Open Source yang gratis. Mozilla menjadi pilihan banyak orang. Sebelum Google datang dengan Google Chrome nya.

Bahkan Pada tahun 2017, Firefox mulai menggabungkan teknologi baru dengan nama kode Quantum untuk mempromosikan paralelisme dan antarmuka pengguna yang lebih intuitif.

Firefox juga tersedia untuk versi Android dan iOS . Meski, versi iOSnya menggunakan WebKitmesin tata letak alih-alih Gecko karena persyaratan platform, seperti semua peramban web iOS lainnya yang sangat berbeda dengan versi Android.

Os Android dan IOS Apple

Penemuan paling penting terakhir adalah Mobile Operating system (OS). OS Android dan IOS dari Apple.

Sejak ditemukannya Mobile OS, semua orang tak bisa lepas dari smartphone mereka. Wajar saja, hampir semua bisa kita lakukan dengan Smartphone dari hal paling sederhana seperti telepon hingga mengakses internet.

Sebuah smartphone adalah perangkat portabel yang menggabungkan telepon seluler dan kemampuan komputer dalam genggaman tangan kita.

Sampai sekarang, Smartphone dengan basis Android dan IOS masih menjadi primadona dan menjadi daily gadget yang selalu kita gunakan dimana – mana.

Baca juga : Sejarah Android

Dan itulah lima penemuan paling penting abad 21.

Yang sampai sekarang masih banyak digunakan oleh masyarakat dan menjadi sebuah keharusan dalam kegiatan sehari-hari.

Menurut kamu apakah penemuan paling penting sepanjang masa ?

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version