5 Prajurit Wanita Muslimah Hebat dalam Sejarah

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang 5 Prajurit Wanita Muslimah paling berpengaruh dalam sejarah dan perkembangan Islam di dunia. Para wanita – wanita hebat ini membuktikan jika Islam menjunjung tinggi derajat wanita.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an surah “At-Taubah ayat 71″ yang berbunyi “Orang-orang yang beriman, laki-laki dan perempuan, sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka memerintahkan (berbuat) apa yang benar dan melarang apa yang salah dan mendirikan sholat dan menunaikan zakat dan taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka akan mendapatkan rahmat Allah. Sungguh, Allah Ta’ala Maha perkasa dan Maha bijaksana,”

Dari surah tadi bisa kita simpulkan jika hak dan kewajiban antara pria dan wanita sama, hingga tak salah jika Prajurit wanita muslimah yang ada dibawah ini memiliki keberanian dan kekuatan yang tak kalah dengan pria muslim.

Nah, siapa sajakah para muslimah hebat itu ? Mari kita simak penjelasannya bersama – sama.

5 Prajurit Wanita Muslimah Hebat dalam Sejarah Islam

Aisyah Binti Abu Bakar

Aisyah Binti Abu Bakar, prajurit wanita muslimah hebat dalam sejarah
Sumber : Wikimedia

Aisyah Binti Abu Bakar adalah istri nabi Muhammad SAW yang dikenal sebagai ibu para muslim. Beliau dikenal karena telah meriwayatkan 2210 hadis dan sunnah dari Nabi Muhammad, yang kemudian menjadi sumber ilmu lain bagi umat Islam.

Tak banyak yang mengetahui jika selain dikenal sebagai salah satu istri paling dicintai oleh Rasulullah, Aisyah adalah jenderal perang dalam salah satu perang penting dalam sejarah Islam yaitu perang Unta.

Perang ini terjadi setelah kematian Utsman bin Affan, salah satu sahabat Rasulullah yang menjadi khalifah ketiga, saat itu Aisyah memimpin pasukannya dikenal pada Perang Badar / Perang Unta pada 656 Masehi.

Meski harus kalah, tapi menjadi salah satu bukti kehebatan dari beliau. Setelah perang berakhir beliau kembali ke rumah untuk menyiarkan perintah agama dan Sunnah Rasulullah.

Baca juga : Standar kecantikan paling unik di dunia.

Khawlah binti Azwar Al-Kindi

Khawlah binti al Azwar
Perangko dari Jordan tentang Khawlah binti Azwar Al-Kindi (sumber : thrfridaytimes.com)

Khawlah binti Azwar Al-Kindi adalah salah satu Prajurit wanita muslimah paling hebat dalam sejarah Islam. Dia bahkan digambarkan sebagai salah satu pejuang wanita terhebat dalam sejarah Islam dan pernah dibandingkan dengan Jenderal Khalid Bin Walid oleh lawan – lawannya di medan perang dan bahkan dikenal sebagai “Perempuan Pedang Allah SWT”

Beliau dikenal sebagai perempuan pemberani yang mahir mengendarai dalam kuda dan strategi militer dan keahlian juga memiliki keahlian memanah. Bersama Khalid bin Walid, beliau berperang melawan pasukan Romawi dan menaklukan Syria dan Palestina.

Sebelumnya beliau dikenal sebagai seorang perawat, tapi Ketika saudara laki-lakinya ditawan oleh tentara Bizantium (Romawi Timur), beliau mengenakan pakaian pria dan kemudian bergabung dengan tentara Muslim yang memerangi pasukan Bizantium.

Saking dihormatinya beliau sampai sekarang, kamu dapat menemukan nama beliau menjadi nama jalan dan sekolah di beberapa negara timur tengah.

Baca juga : Fakta Kesultanan Aceh Darussalam

Nusayba binti Kaab al-Ansariyya

Nusayba binti Kaab al-Ansariyya adalah Prajurit muslimah yang menjadi salah satu wanita yang pertama masuk Islam dan juga dikenal sebagai perisai Rasulullah SAW dan menemani beliau berperang melawan Bani Quraisy.

Jasa beliau yang paling diingat, adalah menjadi bagian dalam Pertempuran Uhud (625), di mana dia mengambil pedang dan perisai dan ikut berperang bersama anak – anaknya melawan Kaum Quraisy.

Beliau dikenal sebagai perisai Rasulullah, karena melindungi Melindungi beliau saat berbagai tombak dan panah mengarah kepada Rasulullah.

Dikatakan bahwa setelah dia menderita banyak luka, dia jatuh pingsan dan tapi setelah siuman pertanyaan pertama yang dia tanyakan ketika dia bangun adalah “apakah Nabi Muhammad SAW selamat?” ini bukti kesetiaannya pada Agama yang dianutnya.

Sayyida AlHurra

images 26 min
Sumber : wikimedia

Sayyida AlHurra adalah Ratu dari Kerajaan Granada, Spanyol. Keluarganya pindah ke Maroko setelah jatuhnya kekaisaran Granada pada 1492 setelah serangan dari Kaisar Spanyol.

Lalu Dia bersama dengan suami pertamanya membangun kota Tetouan di Maroko Utara, yang kemudian harus dia urus sendirian setelah kematian suaminya pada tahun 1515.

Dia menguasai sebagian besar laut Mediterania Barat dengan armada lautnya, hingga membuat orang – orang menjulukinya sebagai Bajak Laut dari Maroko. Dimana dia memimpin sendiri penyerangan kepada kapal-kapal perang Spanyol dan Portugis.

Saat Raja Maroko ingin meminangnya, dia memberikan sarat agar Sang Raja datang dan menikahinya di kota Tetouan. Sang Raja pun Menurut. Ini pertama kalinya dalam sejarah Maroko seorang Raja tidak menikah di Ibukota kerajaan. Hingga dia berkuasa sampai 30 tahun.

Tapi sayang setelah 30 tahun berkuasa, dia harus digulingkan oleh menantu laki-lakinya sendiri. Lalu sosoknya seperti hilang di telan bumi dan seakan lenyap dari sejarah.

Cut Nyak Dien

cut nyak dien
Foto Masa Pilu Cut Nyak Dien (sumber : kompas.com)

Cut Nyak Dhien lahir dalam keluarga bangsawan Muslim di Aceh Besar dan lalu dikemudian hari menikah dengan Teuku Cek Ibrahim Lamnga, putra keluarga bangsawan juga.

Tapi kehidupan mereka berubah saat Perang Aceh pecah dan Belanda menghabisi suami pertamanya Teuku Cek Ibrahim Lamnga. Dari situlah dia berjanji untuk menuntut balas kepada Penjajah Belanda.

Beberapa waktu setelah kematian suaminya, seorang pahlawan Aceh Teuku Umar melamarnya. meski awalnya menolak akhirnya mereka pun menikah hingga dikaruniai seorang putri bernama Cut Gambang. Tapi meski sudah melahirkan beliau masih bertekad untuk tetap berada di medan perang.

Teuku Umar tewas dalam pertempuran ketika Belanda melancarkan serangan mendadak terhadapnya di Meulaboh pada tahun 1899. Setelah kematian suaminya Cut Nyak Dien tetap berjuang secara gerilya bersama pasukan kecil sampai kekalahannya pada tahun 1901.

Sampai sekarang Cut Nyak Dien dan Suaminya Tengku Umar telah ditetapkan sebagai pahlawan Nasional. Selain Cut Nyak Dien di Aceh sendiri masih ada prajurit wanita muslimah gagah lainnya yaitu Cut Meutia.

Baca juga : Ilmuwan wanita terhebat dalam sejarah.

Dan itulah kawan 5 Prajurit Wanita Muslimah Hebat yang berhasil kami rangkum untuk kamu. Semoga menjadi inspirasi bahwa wanita itu istimewa dan dapat menjadi apapun yang dia inginkan.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock