ilmu saku – Halo semua, Pandemi Covid-19 yang belakangan ini terjadi pada umat manusia telah mengakibatkan banyak sekali Korban jiwa. Tapi ternyata tidak hanya sekali Pandemi menyerang dunia. Ada beberapa Pandemi paling buruk dalam sejarah dunia yang lebih berbahaya dari Covid-19.

Dan kami telah merangkumnya untuk anda.

Pandemi Paling Buruk dalam sejarah Dunia :

Pandemi Flu (1889 – 1890)

Pandemi paling buruk dalam sejarah dunia
Sumber : Shutterstock.
  • Korban jiwa : 1 juta jiwa
  • Penyebab. : Kolera

Di abad modern ini Flu mungkin tidak dianggap sebagai penyakit berbahaya iya kawan. Tapi tahukah kamu jika dunia pernah merasakan betapa bahayanya wabah flu itu.

Di mulai di St Petersburg, Rusia pada tahun 1889, hanya butuh waktu 5 Minggu bagi virus Flu untuk menyebar ke seluruh dunia.

Tercatat hampir 1 juta orang menjadi korban keganasan Pandemi Flu ini. Hingga dianggap sebagai salah satu Pandemi paling buruk dalam sejarah dunia.

FLU Spanyol (1918)

FLU Spanyol
Sumber : wikipedia.com
  • Korban Jiwa : 20 – 50 Juta jiwa
  • Penyebab. : Influenza

Diantara tahun 1918 sampai 1920, dunia digegerkan oleh sebuah wabah penyakit berbahaya.

Influenza atau sering di sebut flu spanyol menginfeksi hampir 500 juta jiwa di seluruh dunia atau hampir sepertiga penduduk dunia waktu itu. Lebih besar ratusan kali lipat dari serangan virus Covid-19 yang menyerang dunia, saat ini.

Hingga, Hampir 25 juta jiwa (yang tercatat) kehilangan nyawa karena salah satu Pandemi paling berbahaya dalam sejarah dunia ini.

Seperti Covid-19, wabah influenza awalnya hanya menyerang orang tua, tapi lama – lama virus menyebar dan mulai menyerang orang yang sehat juga.

Meski begitu setelah beberapa abad dan penemuan obat dan vaksin yang tepat. influenza saat ini menjadi penyakit biasa yang tidak terlalu berbahaya.

HIV Aids (1981 – Sampai Sekarang)

HIV Aids
Sumber : grid.id
  • Korban. : 35 juta jiwa
  • Penyebab : virus HIV

AIDS pertama kali dilaporkan secara klinis pada 5 Juni 1981 di Amerika Serikat. Tapi pada akhir tahun 1982, penyakit ini telah merenggut 618 jiwa hanya pada tahun itu saja. Setelah itu virus ini mulai menyebar ke seluruh dunia.

Virus HIV ini menyerang sistem imun/kekebalan korban hingga korban dapat terserang oleh penyakit lainnya. Penyebaran virus ini sebenarnya sangat spesifik karena menyebar karena pertukaran cairan tubuh atau hubungan badan. Makanya virus ini menjadi menggila pada tahun 80+an karena berkembangnya pergaulan bebas, obat – obatan dan budaya klub malam saat itu.

Virus ini pertama di temukan di tubuh monyet, tapi berkembang dan bermutasi hingga menyerang manusia. sampai sekarang saja telah membuat 40 juta orang harus hidup dalam bayang – bayang kematian dan mengakibatkan 35 juta jiwa kehilangan nyawanya.

Kabar gembirnya tahun 2020 lalu, tercatat ada dua orang yang dinyatakan sembuh total dari virus HIV ini meski identitas mereka masih dirahasiakan.

The Black Death (1346 – 1353)

The Black Death
Sumber : history.com
  • Korban : 75 – 200 juta jiwa
  • Penyebab. : Virus Pes Bubo

Pada tahun 1346 menjadi awal dari tahun paling menyedihkan dalam sejarah Eropa. Pada tahun itu Eropa yang masih berada dalam jaman ‘kegelapan‘. Harus mendapatkan serangan dari virus berbahaya yang hampir membunuh setengah penduduk Eropa saat itu.

Penyakit ini berawal dari bakteri dan virus Pes Bubo yang berasal dari benua asia. penyakit “kematian hitam” ini menyebar ke Eropa dan Afrika melalui tikus dan kutu rambut yang terbawa oleh para penjelajah dan pedagang.

Tercatat hampir 300 juta jiwa terjangkit virus ini dan hampir 200 juta melayang karena virus mengerikan ini.

Wabah Justinian (541 – 542)

  • Korban : 25 juta jiwa
  • Penyebab : virus Pes Bubo
Wabah Justinian
Sumber: wikipedia

Sebelum peristiwa “Black Death”, Kerajaan Byzantium pernah juga mendapatkan serangan pandemik berbahaya dari Virus Pes.

Meski di sebut Pandemi Justinian (Raja Byzantium) Pandemi ini menewaskan hampir 25 juta jiwa di seluruh dunia,

Dan itulah Pandemi paling buruk dalam sejarah dunia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari Covid-19 dengan cara 3M yaitu :

  • Menjaga jarak dengan orang lain
  • Mencuci tangan dengan sabun.
  • Memakai masker.

Jadi kita dapat terhindar dari bayang – bayang Pandemi Covid-19. tetap optimis, kita akan bisa terbebas dari Pandemi Covid-19 ini seperti Pandemi – pandemi sebelumnya.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks