IlmusakuHalo Sobat, disaat Pandemi Covid-19 ini, kita sering sekali melihat dan mendengar berita di televisi ataupun media online, mengenai orang yang mengalami gangguan paru – paru.

Apalagi Covid-19 sendiri memang dikenal karena menyerang organ – organ pernapasan khususnya Paru – paru kita. Jadi kita harus menjaga paru paru kita.

Menjaga paru paru

Covid – 19 penyebab ‘Happy Hipoksia’

Belakangan ini pula terjadi banyak sekali berita yang beredar mengenai orang – orang yang mengalami gejala ‘Happy Hipoksia’ atau Hipomeksia saat mereka terkena Covid-19.

Hipoksia sendiri adalah penurunan fungsi paru – paru dikarenakan gejala penyakit Covid-19. Seram bukan? Untuk itu kita di tuntut untuk menjaga kesehatan paru – paru kita.

Tapi tenang serahkan pada kami, karena untuk kamu kami sudah merangkumkan cara untuk menjaga kesehatan paru – paru kamu.

Menjaga Paru paru dari Gangguan Covid 19


1. Kurangi konsumsi Rokok Anda

Yang pertama adalah dengan mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan buruk merokok. Kebiasaan menghisap asap rokok dapat meningkatkan resiko gangguan Paru – paru.

Meski sulit sih, apalagi merokok sudah dianggap sebagai budaya. Tapi mengingat Gejala Pandemi yang berbahaya mending kamu kurang – kurangi deh kebiasaan kamu merokok.

Karena Asap Rokok memiliki zat timbal dan zat kimia berbahaya yang jika dibiarkan menggumpal di paru – paru kita dapat mengakibatkan kerusakan yang parah.

Bisa jadi paru – paru kamu akan berubah menghitam karena asap Rokok.

2. Hindari diri dari Polusi dan Debu yang berlebih

Menghirup Polusi dan Debu yang berlebihan dapat membuat kerusakan terjadi pada fungsi paru – paru kita. Karena efek timbal dan zat berbahaya yang di kandungnya.

Bahkan asap dari Perokok untuk perokok pasif ( Polusi) yang dapat meningkatkan Resiko kanker Paru-paru dan TBC.

Jadi selalu gunakan Masker saat keluar rumah.

3. Hindari Alkohol

Selanjutnya adalah mencoba mengurangi atau menghindari kebiasaan meminum atau mengkonsumsi alkohol.

Sadar ataupun tidak, alkohol yang kamu minum sangat berbahaya bagi tubuhmu. Dari sebotol minuman beralkohol jika kamu meminumnya berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan paru-paru.

Karena banyak minum alkohol fungsi paru-paru kamu akan terganggu. Oleh karena itu sebaiknya kamu mencoba menghindari atau jika kamu seorang peminum, mulai lah berubah dan cobalah menghilangkan kebiasaan meminum alkohol.

Memperbanyak minum air putih, jus-jus segar, ataupun susu dapat menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan paru-paru.

4. Olahraga Ringan Rutin

Banyak orang di saat Pandemi Covid-19, mungkin jarang sekali berolahraga. Padahal bagi seseorang yang aktif dalam berolahraga kinerja jantung dan paru-paru akan semakin meningkat dan dapat membuat Paru – Paru semakin Sehat.

Dengan melakukan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup, kinerja jantung akan meningkatkan suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

Tapi jangan mentang – mentang harus berolahraga kamu malah berlebihan, dan malah membuat tubuhmu sakit. Lebih baik berolahraga sebentar tapi teratur, tidak perlu dilakukan terlalu lama. Cukup 10-20 menit setiap harinya untuk meningkatkan kinerja paru-paru dan jantungmu.

5. Menerapkan Pola Makan Sehat

Perpaduan makanan bergizi dan meminum susu murni dipercaya oleh banyak orang dan dokter ampuh untuk membersihkan paru-paru dan menambahkan kesehatan paru – paru.

Makanan seperti keju, ikan, kacang-kacangan, dan daging merah merupakan bahan bagus untuk menu makanan sehari-hari Kamu.

Hindari makanan yang menimbulkan atau memperparah penyakit paru-paru, seperti makanan yang terlalu manis dan mengandung klorin tinggi.

Kesimpulannya menjaga paru paru itu sangatlah penting di saat Pandemi Covid-19 ini. Selain itu, kita juga harus menjaga kesehatan diri kita. Terutama Paru – paru agar kita dapat hidup sehat dan terhindar dari semua penyakit.

Jangan lupa hidup bersih, berolahraga dan jangan lupa untuk menerapkan anjuran pemerintah yaitu 3 M.

  • Menjaga jarak.
  • Mencuci tangan dengan sabun.
  • Memakai masker.

Jika kamu mau mengikuti protokol kesehatan dan mengikuti semua tips diatas di jamin deh kamu tak perlu khawatir jika paru paru kamu bermasalah. Karena kamu sendiri telah menjaganya dengan baik.

Dan itulah kawan materi menjaga paru paru. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat kamu aplikasikan di kehidupan normal.

Sampai jumpa di materi menarik lainnya. hanya di Ilmusaku.com.

Andika Pratama
Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Enable Notifications    OK No thanks