6 Cara Budidaya Jahe Merah dalam Polybag dan Karung

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang Cara Budidaya Jahe Merah dalam Polybag dan Karung yang mungkin bisa kamu coba sebagai alternatif usaha mandiri di rumah.

karena dengan menggunakan menanam jahe merah dalam Karung dan Polybag, kamu dapat menghemat biaya dan lahan. Hingga produksi dapat berlimpah dan mudah di jual, bahkan dalam keadaan masih seperti bibit.

Apalagi kebutuhan masyarakat terhadap Jahe Merah, menjadi cukup tinggi mengingat angka Covid-19 yang sekarang mencapai angka ribuan orang yang terjangkit virus berbahaya tersebut.

Menurut Tribunnews, Jahe merah memiliki zat antioksidan yang tinggi dan bermanfaat sebagai zat pencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Menanam Jahe Merah dalam Karung dan Polybag ini susah – susah gampang tapi akan mudah jika kita memiliki semangat dan niat yang tinggi. Jadi tak usah menunggu lama, mari simak materinya.

6 Cara Budidaya Jahe Merah dalam Polybag dan Karung

Memilih Bibit yang Bagus

Cara budidaya jahe merah dalam polybag
sumber : Tokopedia.com

Sebelum menanam jahe merah, pastikan kamu sudah mempunyai bibit jahe merahnya. Kalau ada pilih bibit jahe merah yang memiliki tajuk yang sudah kering, kira-kira berumur 9-10 bulan, atau memiliki rimpang agak kehijauan karena sudah melewati masa dormansi (1-1,5 bulan).

Rimpang yang akan dijadikan sebagai bibit, sebaiknya dipotong-potong dengan pemotongan yang sudah steril atau bisa juga dipotes langsung dengan menyisakan 2-3 bakal mata tunas.

Tapi jika kamu tak ingin pusing mencari bibit jahe merah sendiri. kalian bisa kok mencarinya di toko online dan toko – toko pertanian di sekitar rumah kamu.

Baca juga : Cara menanam Bawang Merah.

Semai Jahe Merah dalam Kokopit (cocofeat)

Kokopit
Sumber : ladaza.com

Selanjutnya siapkan pula kokopit untuk persemaiannya, agar bibit jahe yang kamu tanam dapat tumbuh besar di polybag dan karung.

Kokopit sendiri merupakan media tanam yang memiliki daya serap air yang cukup tinggi dan dapat menyimpan air dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang ditampung dalam tanah.

Cara penyemaian Jahe dengan Kokopit cukup mudah, yaitu :

  • Basahi kokopit terlebih dahulu
  • kamu ratakan kokopit di keranjang persegi serbaguna.
  • ratakan dan bibit jahemerah di dalam kokopit.
  • Simpan bibit jahe merah yang ditanam menggunakan kokopit di tempat redup matahari selama 1,5 bulan.
  • Siram seminggu sekali.
  • Setelah 1,5 bulan kemudian pisahkan bibit jahe merah besar untuk dipindahkan ke media tanam.

Membuat Media Tanam yang Layak

images 12 min
Sumber : didiopay.wordpress.com

Untuk wadah jahe merah ini kita akan menggunakan Polybag atau Karung. Jika kalian memilih menggunakan karung, di rekomendasikan untuk memakai karung beras karena memiliki daya resap air tinggi, tapi kalian tetap bisa menggunakan karung goni atau karung tepung.

Isi karung dan Polybag tersebut dengan media tanam berisi pasir, tanah dan pupuk organik dengan komposisi 1:1:1 yang di campur rata. Kamu dapat menggunakan pupuk kandang yang di fermentasikan, ini berguna agar lebih mudah diserap oleh tanaman, karena kebutuhan unsur hara tanaman jahe merah.

Buat sedikit lubang dan masukkan bibit jahe yang sudah disemai. Jika memakai karung cukup besar, kami bisa menanam 1-2 bibit tapi beri jarak 3 – 5 cm.

Kemudian padatkan kembali media tanam untuk menopang tanaman jahe yang sudah tumbuh. Lakukan proses penumbuhan selama 6 bulan. Hingga mulai muncul tunas. Tapi saat 6 bulan, jahe belum siap di panen.

Tapi di usia 6 bulan ini, kamu dapat membongkar dan membagi dan menanamnya hingga menjadi lebih banyak lagi.

Perawatan Jahe

Selama 6 bulan kamu dapat menyiram jahe setiap sore sekali, tapi jika musim panas dan cuaca sangat panas kamu dapat menyiramnya dua kali.

Setelah 2 Minggu, kamu sudah dapat memberikan pupuk. Jangan lupa untuk menyiangi tanaman jahe tiap dua minggu supaya terhindar dari rumput liar.

Panen setelah 8 -10 Bulan

Cara menanam Jahe Merah dalam karung
Sumber : apkpure.com

Dilansir tabloidsinar tani.com, kurang lebih sekitar 10 bulan. Tanaman jahe kita akan siap panen. Cirinya ketika daun dan batangnya sudah berubah menjadi kuning dan sudah mengering.

Jika kamu menanam jahe merah dalam Karung dan Polybag, Kamu tak perlu sudah payah untuk mencabut (karena dapat membuat tanaman jahe merah kamu rusak) tinggal memotong atau merobek kantung polybag dan karung yang sudah mulai lapuk.

Angkat rimpang jahe dengan hati-hati supaya tidak rusak, kemudian bersihkan dari tanah dan kotoran yang menempel dan jahe merah dapat kamu konsumsi atau di jual.

Baca juga : Cara menanam Anggrek.

Dan itulah sobat, cara budidaya jahe merah dalam polybag dan Karung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Dan sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya.

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com