6 Jenis Ketam dalam Seni Kriya

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 6 Jenis Ketam dalam Seni Kriya. Seperti kita ketahui bersama bahwa Seni Kriya adalah sebuah karya seni rupa yang menggunakan kemampuan atau keahlian tangan atau kita sebut sebagai kerajinan tangan.

Dan dalam proses pembuatan karya seni rupa hingga menghasilkan karya yang estetis khususnya yang berkaitan dengan seni pahatan, diperlukan alat – alat khusus seperti pahat, gergaji tangan atau mesin ataupun alat ketam.

Pengertian Alat Ketam Adalah.

Ketam adalah
Sumber : dreamstime.com

Ketam adalah sebuah alat perkakas yang digunakan untuk menghaluskan, meratakan dan membentuk potongan-potongan kayu atau bisa juga disebut sebagai serutan kayu. Hingga beberapa orang seniman rupa atau perupa memerlukan alat ini untuk dapat menghasilkan kerajinan tangan.

2 Macam Ketam atau Serutan Kayu

ketam atau Serutan Kayu sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu: ketam badan kayu dan ketam badan logam. Ketam badan kayu adalah ketam tradisional yang sudah sejak dahulu dipakai oleh tukang kayu di pedesaan.

Badan ketam berbentuk segiempat dan terbuat dari kayu pilihan. Alas ketam dibuat rata dan halus karena berfungsi sebagai penuntun mata ketam agar dalam proses penyayatan merata dan konstan.

Ketam badan logam adalah ketam modern dengan ukuran terstandar, karena badan ketam dibuat dengan cara dicetak tuang.

Baca juga : Jenis Pahat Ukir

6 Jenis Ketam dalam Seni Kriya.

Terdapat beberapa jenis ketam yang sering kali digunakan sebagai alat dalam seni kriya seperti 6 jenis berikut ini :

Ketam Jack (Jack Plane)

Jenis Ketam Jack Jack plane
sumber : ubuy.co.id

Ketam Jack (Jack Plane) adalah ketam logam yang digunakan untuk berbagai macam keperluan hal ini berasal dari kata Jack All Trade (semua bisa).

Ketam Jack atau Jack Plane biasanya digunakan untuk menghilangkan goresan-goresan yang ditinggalkan pada permukaan kayu oleh gergaji, untuk memberikan ukuran yang diinginkan bagi sang perupa, untuk meratakan permukaan kayu dan juga dapat digunakan untuk segala macam pengerutan lainnya. Panjang rumah dari ketam Jack ini sekitar 400 mm dan lebar ketam adalah 50 mm atau lebih

Ketam Trying (Trying Plane)/ Jointer plane

Ketam Trying Trying Plane
Sumber : hntgordon.com

Trying plane digunakan bila kayu yang akan di ketam atau diserut berukuran besar dan memerlukan kecermatan yang tinggi. khususnya jika sisi-sisi yang panjang harus disambungkan.

Mata ketam diasah lurus kecuali sudut-sudutnya sedikit dibulatkan agar tidak menancap ke dalam kayu. Untuk menjamin kecermatan, mata ketam harus selalu distel halus agar mengeluarkan tatal-tatal tipis.

Ketam Pelicin (Smoothing plane)

Smoothing plane
Sumber : Tokopedia.com

Jenis ketam ini biasanya digunakan untuk menghilangkan setiap ketidakrataan dengan jalan mengeluarkan tatal-tatal tipis dari permukaan.

Ketam pelicin dapat merapikan permukaan-permukaan kayu yang akan diamplas, cat, dan sebagainya. Panjang rumah ketam adalah 230 mm dan lebar mata ketam 50 mm atau lebih.

Ketam Sponing.

Ketam ini digunakan untuk membuat sponing – s poning pada tepi kayu. Ketam ini dilengkapi alat pengatur kedalaman dan alat pengatur ukuran lebar sponing.

Ketam sponing dilengkapi sepucuk tali di bagian depan, sehingga taji dapat menyayat serat – serat kayu sebelum diketam oleh mata ketam. Hal ini untuk menyiapkan sebuah tepi yang rapi bagi sponing, khususnya di ujung jaringan serat. Mata ketam dapat digeser kedepan sehingga sponing-sponing buntu dapat dibuat pula.

Block Plane.

images 21 min
sumber : ubuy.co.id

Block Plane digunakan untuk benda kerja berukuran kecil dan halus yang memerlukan pengerjaan sangat teliti. Seperti halnya ketam pundak, mata ketamnya dipasang dengan sudut kecil sekali dan lereng tepi potongnya menghadap ke atas. Dengan demikian jenis ketam ini sangat sesuai untuk menangani ujung-ujung jaringan serat.

Ketam Berhidung Cembung.

Ketam ini merupakan sebuah ketam kecil atau mesin serut kayu kecil yang memiliki panjang 75 mm hingga 100 mm. Mata ketam dipasang dekat dengan ujung depan rumah ketam. Hal ini memungkinkan ia mencapai setiap pelosok alur memanjang dan alur buntu.

Baca juga : 3 Jenis Mikrofon.

Dan itulah kawan Pembahasan materi menarik tentang 6 Jenis Ketam atau Mesin Serut semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

       
           

Penulis di ilmusaku.com dan Seorang Pemimpi

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

Maaf. Tolong Matikan Adsblok untuk keberlangsungan hidup Kami. 

Terima Kasih atas Kerjasamanya.

ilmusaku.com

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock