6 Jenis Pisau Seset Kulit dalam Seni Kriya

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 5 Jenis Pisau Seset Kulit dalam Seni Kriya, dalam pembuatan karya seni Kriya yang memerlukan teknik dan kemampuan tangan yang mempuni diperlukan peralatan – peralatan yang bagus.

Termasuk dalam memproduksi produk-produk yang berbahan dari kulit seperti sepatu, tas, gendang dan lain sebagainya diperlukan jenis pisau Seset Kulit yang berbeda. Alat yang digunakan mempengaruhi hasil potongan yang benar.

Penyesetan (skiving) adalah

Penyesetan (skiving) adalah urutan proses produksi pembuatan seni Kriya dengan kulit terutama dalam proses produksi. Biasanya proses penyesetan ini dilakukan untuk mengurangi ketebalan bahan kulit dan pembentukan ataupun untuk merapihkan.

Oleh sebab penyesetan dilakukan hati-hati agar mendapatkan ketebalan ataupun bentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. Kaitannya dengan seluruh proses produksi dalam kriya kulit, pekerjaan menyeset dilakukan untuk mengurangi ketebalan ataupun merapikannya.

Penyesetan pada umumnya dilakukan pada permukaan kulit sebelah dalam. Sedangkan untuk tujuan mengurangi ketebalan kulit dapat diatasi dengan pemilihan ketebalan kulit yang sesuai dengan kebutuhan atau dilakukan pembelahan (splitting)

Jenis Sesetan :

Terdapat 4 Jenis Sesetan dalam kriya kulit yaitu :

  • Sesetan Miring, dalam Sesetan miring pisau harus benar-benar miring, untuk mencapai kemiringan yang tepat bagi pemula lebih baik bagian yang akan diseset digaris terlebih dahulu sesuaikan dengan konstruksi yang direncanakan, tapi bagi yang sudah terbiasa tidak perlu digaris, bisa langsung diseset
  • Sesetan datar, dalam Sesetan ini pisau waktu menyeset harus benar-benar miring, untuk mencapai kemiringan yang tepat bagi pemula lebih baik bagian yang akan diseset digaris terlebih dahulu sesuaikan dengan konstruksi yang direncanakan, tapi bagi yang sudah terbiasa tidak perlu digaris, bisa langsung diseset
  • Sesetan alur/cekung, dalam penyesetan ada yang berbentuk huruf V dan ada yang berbentuk huruf U, penyesetan ini diperlukan ketrampilan posisi pisau menyesuaikan dengan bentuk sesetan dalam konstruksi.
  • Sesetan datar, Penyesetan datar untuk menghilangkan bagian dalam kulit, agar kulit menjadi tipis serta ketebalannya merata, posisi pisau harus dalam posisi tertidur supaya capaian bentuk datar yang sesuai dengan desain.

Baca juga : Jenis Pisau Pahat

6 Jenis Pisau Seset Kulit dalam Seni Kriya.

Terdapat dua cara dalam Proses Penyesetan, yaitu penyesetan manual dengan tangan biasanya menggunakan pisau seset atau penyesetan menggunakan mesin. Dan terdapat 5 Jenis Pisau Seset Kulit yang dapat digunakan untuk Seset manual dan 1 Mesin untuk Seset modern.

Pisau Seset Biasa (reguler skiving knife).

sumber : Tokopedia.com

Pisau seset biasa adalah pisau seset tradisional yang biasa digunakan oleh perajin kulit. pisau memiliki ciri sisi bagian tajam miring antara 30 sampai 45 derajat dari kepala pisau. Sisi miring ini harus lurus karena fungsi utama untuk sesetan datar dan rata, apabila mata tidak lurus akan relatif sulit digunakan pada saat penyesetan rata apalagi pada proses mengasah tidak menggunakan batu asah yang benar-benar datar dan rata.

Cara penggunaan pisau ini didorong sambil ditekan dalam gerakan menggaris. Untuk mendapatkan hasil sesetan yang rata lebih baik digunakan landasan yang rata, landasan tersebut bisa berupa kaca yang tebal atau batu pualam yang sudah dipoles (marmer).

Pisau X-Acto (Pisau Seset Modern)

Sumber : wish.com

Pisau X-Acto (pisau dengan mata yang dapat diganti). Bentuk pisau ini hampir menyerupai cutter yang umum kita kenal, yaitu terdiri dari gagang dan mata pisau yang dapat dibongkar pasang, hanya bentuk mata pisaunya yang beragam.

Mata pisau dibedakan berdasarkan berbagai macam pengesahannya, yang tersedia dalam beragam ukuran. Pengguaan alat ini dengan cara didorong, beri tanda garis pada alur yang akan diseset pada permukaan kulit.

Pisau Seset Berbentuk Pahat.

Pisau seset ini memiliki bentuk seperti pisau pahat. Fungsi pisau seset ini untuk membuat alur atau celah untuk menyembunyikan benang jahit atau untuk mempermudah pada saat melipat kulit.

Safety beveler atau skife.

Sumber : tokopedia.com

Safety beveler atau skife menggunakan silet yang bisa dibongkar pasang. Permukaan mata pisau melengkung karena rangka mata pisau dibentuk melengkung. Lengkungan ini berfungsi untuk mengatur kedalaman sesetan.

Skife dirancang agar dapat digunakan dengan tangan atau dengan tangan kiri, cara penggunaanya hampir sama dengan mengupas buah-buahan yang ditarik kearah tubuh. Bentuk irisannya melengkung sehingga area hasil penyesetannya menyerupai rangkaian telur bukan permukaan.

Pisau Seset berbentuk ketam.

Sumber: shopee.com

Pisau seset berbentuk ketam, seperti namanya Pisau Seset ini memiliki bentuk seperti alat ketam atau Serutan Kayu. Disamping itu alur hasil sesetan lebih lebar. Bentuk alat ini dirancang sedemikian rupa agar pengoprasian dapat dilakukan dengan cara didorong oleh pangkal telapak tangan.

leather skiving machine.

Sumber : alibaba.com

leather skiving machine adalah sebuah mesin Seset modern yang digunakan untuk produksi massal pembuatan produk – produk kulit. Berbeda dengan pisau Seset biasa, mesin ini secara otomatis (entah menggunakan tuas atau menggunakan listrik) untuk menyeset bagian bahan kulit yang tidak diperlukan,

Baca juga : Jenis alat Ketam kayu.

Dan itulah kawan Pembahasan materi tentang 5 Jenis Pisau seset kulit semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version