6 Sebab Terjadinya Revolusi Industri dan Tahapannya

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 6 Sebab Terjadinya Revolusi Industri di Eropa dan merambat ke seluruh dunia. Revolusi Industri ini menjadi awal dari berkembang teknologi industri ke arah modern dan menglobalisasi.

Revolusi industri adalah masa transisi besar – besar yang terjadi di Inggris, Eropa dan sebagian wilayah dunia dimana terjadi perubahan dalam cara pembuatan barang-barang yang semula dikerjakan dengan tangan (tenaga manusia) kemudian digantikan dengan tenaga mesin.

Revolusi Industri dimulai di Inggris Raya pada abad ke-18, saat itu dan banyak inovasi teknologi dan arsitektur berasal dari Inggris, Lalu revolusi industri menyebar ke Eropa dan lalu keseluruhan dunia.

Peristiwa ini memicu perubahan besar-besaran di seluruh dunia, dan ternyata terdapat beberapa sebab Terjadinya Revolusi Industri apa sajakah itu, mari kita simak materinya bersama – sama.

6 Sebab Terjadinya Revolusi Industri dan 3 Tahapannya

Munculnya Kapitalisme

images 72
Adam Smith, bapak Kapitalisme

Muncul dan berkembangnya aliran Kapitalisme menjadi sebab dan komponen sentral dalam kebangkitan industrialisasi. Sejarawan menyebut bentuk kapitalisme yang umum selama Revolusi Industri adalah kapitalisme laissez-faire .

Kapitalisme laissez-faire atau Kapitalisme Pasar atau Pasar Bebas. Kapitalisme sendiri adalah sistem ekonomi yang didasarkan pada kepemilikan atas alat – alat produksi dan pengoperasian alat tersebut secara kepemilikan pribadi yang digunakan untuk mendapatkan keuntungan.

Sebelum kebangkitan Kapitalisme di Eropa, sistem ekonomi yang populer adalah merkantilisme. Merkantilisme adalah sistem ekonomi yang menyatukan dan meningkatkan kekayaan keuangan negara dengan pengaturan seluruh perdagangan dalam rangka mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Di bawah merkantilisme, kerajaan atau Raja memiliki kewenangan absolut untuk mengatur dan mengendalikan hampir semua aspek ekonomi dalam negara.

Namun, muncul pemikiran baru salah satunya dicetuskan oleh Adam Smith , yang mulai menentang merkantilisme demi sistem ekonomi dengan lebih banyak memberikan kebebasan bagi individu yaitu Kapitalisme.

Kapitalisme menyebabkan Revolusi Industri karena industrialisasi membutuhkan kerja dan investasi yang signifikan dari individu tanpa harus ada campur tangan dari pemerintah.

Misalnya, di Inggris, di mana awal terjadinya Revolusi Industri, para pengusaha menggunakan kekayaan mereka untuk membuat pabrik dan tambang yang memicu terjadinya proses industrialisasi.

Maraknya Praktek Imperialisme Eropa

Sebab Terjadinya Revolusi Industri
Sumber : theboar.org

Faktor lain yang menjadi sebab terjadinya Revolusi Industri adalah dampak Imperialisme Eropa di belahan dunia lain. Meskipun tidak bukan penyebab utama dimulainya Revolusi Industri, imperialisme menjadi pemantik tumbuh berkembangnya industrialisasi di Eropa.

Negara-negara Eropa yang kuat saat itu (Inggris, Prancis, Spanyol, Portugal, Jerman, Belgia, dll.) Memiliki negara – negara jajahan yang dapat memasok bahan – bahan mentah untuk menjadi bahan baku industri, seperti contohnya dilansir Historia.com tambang batubara di Kalimantan sudah Digunakan pemerintah kolonial Belanda untuk industri mereka di Eropa.

Contoh lainnya terdapat di segitiga Atlantik Triangle yang dijadikan tempat suplai sumber daya dari Amerika Utara dan Selatan untuk kawasan Eropa waktu itu.

Situasi politik yang Stabil.

Adanya Revolusi Glorius tahun 1688 yang mengharuskan raja bersumpah setia kepada Bill of Right sehingga raja harus tunduk kepada undang-undang dan hanya menarik pajak berdasarkan atas persejutuan parlemen.

Bill of Right adalah sebuah pakta atau perjanjian yang diberikan oleh negara untuk menjamin hak – hak asasi pribadi, bill of Right sendiri dibuat di Inggris pada tahun 1688 dan setelah itu diikuti oleh beberapa negara lainnya seperti Bill of Right Amerika Serikat yang dibuat pada 1789.

Munculnya Penemuan – Penemuan Baru

Mesin uap
Sumber : livescience.com

Kemakmuran Inggris akibat majunya pelayaran dan perdagangan sehingga dapat menyediakan modal yang besar untuk bidang usaha. Selain itu Pemerintah memberikan perlindungan hukum terhadap hasil-hasil penemuan baru (hak paten) sehingga mendorong kegiatan penelitian ilmiah.

Seperti dibuatnya lembaga ilmiah Royal Society for Improving Natural Knowledge untuk membantu perkembangan teknologi dan industri. Selain itu mulai muncul Beberapa penemuan yang meningkatkan produksi. seperti misalnya ditemukannya alat-alat pemintal, mesin tenun, mesin uap, dan sebagainya.

Mesin uap sendiri dianggap sebagai penemuan paling penting dalam industrialisasi, hingga penciptanya James Watt (1769) dianggap sebagai salah satu Bapak Revolusi Industri.

Karena Dari mesin uap ini dapat diciptakan berbagai peralatan besar, seperti lokomotif ciptaan Richard Trevethiek (1804) yang disempurnakan oleh George Stepenson menjadi kereta api penumpang. Lalu untuk kebutuhan perang dan militer dibuat Kapal perang yang digerakkan dengan mesin uap diciptakan oleh Robert Fulton (1814).

Penambangan Sumber Daya Besar – Besaran.

Alasan berikutnya yang menjadi alasan terjadinya Revolusi Industri adalah penambangan sumber daya seperti batu bara, yang penting bagi proses industrialisasi.

Dan Inggris tempat awal terjadinya Revolusi ini memiliki pasokan batu bara yang besar di negara itu. Selain batu bara, Inggris juga memiliki biji besi, timah, Wol dan kaolin. Di samping itu, mereka juga memiliki kiriman dari negara – negara jajahan.

Batubara adalah bahan yang diperlukan dalam proses industri karena saat itu bahan bakar yang banyak digunakan untuk mesin uap yang digunakan di kereta api, kapal dan semua jenis mesin lainnya menggunakan barubara.

Revolusi Agraria/ Pertanian

Penyebab terakhir dari Revolusi Industri adalah efek yang diciptakan oleh Revolusi Agraria atau Pertanian dimana terjadi peningkatan produksi pangan, yang merupakan hasil utama dari Revolusi Pertanian.

Revolusi Agraria adalah sebuah perubahan besar – besaran yang terjadi terhadap pertanian dengan adanya Teknik pertanian baru, penggunaan mesin dalam pertanian, dan peningkatan kepemilikan tanah milik pribadi.

Baca juga : Gubernur Jendral Belanda Daendels

3 Tahap Perkembangan Industri

Setelah kita mengetahui tentang sebab terjadinya Revolusi Industri ada baiknya kita juga mengetahui tentang Tahap Perkembangan Industri yang terjadi di Eropa.

Pada akhir abad Pertengahan kota-kota di Eropa berkembang sebagai pusat kerajinan dan perdagangan.

Kaum Borjuis yang merupakan warga berjiwa bebas menjadi tulang punggung perekonomian kota. Mereka bersaing secara bebas untuk kemajuan dalam perekonomian. Pertumbuhan kerajinan menjadi industri melalui beberapa tahapan, seperti berikut ini.

Tahap Domestic System

Tahap ini dapat disebut sebagai juga sebagai tahap dimulai banyak kerajinan rumah (home industri). Para pekerja bekerja di rumah masing-masing dengan alat yang mereka miliki sendiri.

Upah diperoleh berdasarkan jumlah barang yang dikerjakan. Dengan cara kerja yang demikian, majikan yang memiliki usaha hanya membayar tenaga kerja atas dasar prestasi atau hasil. majikan tidak direpotkan soal tempat tinggal, kerja dan gaji.

Tahap Manufactur

Sebuah manufactur (pabrik) dengan puluhan tenaga kerja didirikan dan biasanya berada di bagian belakang rumah majikan. Rumah bagian tengah untuk tempat tinggal dan bagian depan sebagai toko untuk menjual produknya.

Hubungan majikan dengan pekerja (buruh) lebih akrab karena tempat kerjanya jadi satu dan jumlah buruhnya masih sedikit. Barang-barang yang dibuat kadang-kadang juga masih berdasarkan pesanan.

Tahap Factory System

Tahap factory system atau sistem Pabrik adalah tahap yang sudah disebut sebagai industri yang menggunakan mesin. Biasanya dibuat di daerah industri yang telah ditentukan. Tempat biasanya hanya di gunakan untuk tempat kerja, sedangkan majikan tinggal di tempat lain.

Demikian juga toko tempat pemasaran hasil industri diadakah di tempat lain. Selain itu biasanya sudah memiliki pekerja (buruh) puluhan, bahkan ratusan. Barang-barang produksinya untuk dipasarkan secara bebas.

Baca juga : Fakta Revolusi Rusia

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com