6 Sumberdaya Wirausaha dan 3 Langkah Wirausaha

Halo sobat, kali ini kita akan membahas tentang 6 Sumberdaya Wirausaha yang juga disebut sebagai 6 M dan 3 Langkah Wirausaha yang harus dilakukan saat melakukan kegiatan wirausaha.

Wirausaha adalah seseorang yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi (J.B Say “1803”)

Sebuah Rancangan wirausaha yang baik dapat terwujud melalui dukungan ketersediaan sumber daya manusia, material, peralatan, cara kerja, pasar, dan pendanaan dan juga harus mengetahui 3 langkah sukses dalam melakukan sebuah usaha.

Jadi apa sih 6M Wirausaha itu dan apakah langkah Wirausaha ? mari kita simak materinya bersama sama.

6M Sumberdaya Wirausaha

Nah dalam Wirausaha, Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M, yakni Man (manusia), Money (uang), Material (bahan), Machine (peralatan), Method (cara kerja), dan Market (pasar).

Man (Manusia)

Sumberdaya wirausaha
Sumber : Freepik.com

Man (manusia) atau SDM (Sumber Daya Manusia), adalah personel atau orang-orang yang terlibat dalam wirausaha tersebut. Biasanya dalam sebuah Usaha yang diperlukan dari Manusia itu adalah Man Power (tenaga manusia) atau Mind Power (daya pikir) ataupun keduanya secara bersamaan.

Salah satu faktor keberhasilan wirausaha adalah keberhasilan mengelola sumber daya manusia yang terlibat dalam setiap proses yang terjadi dalam usaha. Pengelolaan sumber daya manusia juga termasuk pengelolaan ide-ide inovatif yang dapat bermanfaat, baik untuk perkembangan produk dan maupun usaha secara umum.

Pemikiran jauh manusia lebih berharga daripada tenaga fisik. Karena Sebagian kegiatan sudah dapat digantikan dengan mesin dan robot. Hingga diperlukan pemikiran yang kreatif dan inovatif untuk menjadi penggerak dari perekonomian saat ini.

Money

images 63 min
Sumber : Wikipedia.com

Money dapat dipahami sebagai dana yang menjadi modal usaha, perputaran uang melalui pengeluaran dan pemasukan yang terjadi dalam usaha tersebut. Kemampuan pengelolaan uang termasuk kemampuan mengelola keuntungan yang diperoleh untuk pengembangan usaha agar menjadi lebih besar.

Money ini bisa berupa Modal, Pinjaman, keuntungan, pinjaman atau lain sebagainya yang menggunakan Sumber daya finansial.

Mesin

Mesin memiliki peranan penting dalam sebuah usaha apalagi dalam sebuah proses produksi setelah terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya mesin uap sehingga banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan penggunaan mesin dan robot diperlukan untuk sebuah pekerjaan yang lebih efektif dan efisien.

Penggunaan teknologi yang tepat guna dapat mempercepat tingkat produksi kita. Selain itu juga dapat memberikan kita hasil produk yang konsisten kualitasnya.

Meski begitu Mesin tak bisa begitu saja menggantikan Tenaga Manusia, karena Mesin juga memerlukan ahli – ahli yang memonitor kelancaran produksi hingga dapat digunakan dalam wirausaha.

Material

Material adalah bahan baku yang dapat kita gunakan dalam sebuah proses produksi untuk dijadikan sebuah produk yang dapat dijual. Hingga diperlukan proses pemilihan material yang tepat guna hingga tidak mengakibatkan kerugian.

Sebagai seorang wirausahawan yang baik kami mesti mengetahui cara Pemilihan material yang baik serta pengolahannya hingga dapat menjaga kualitas dan konsistensi barang produksi kamu.

Terutama apabila kamu membuat produksi pengolahan material setengah menjadi barang jadi. Tentu saja diperlukan sebuah quality control untuk memilih material harus dilakukan dengan sangat seksama.

Method

Method atau Metode adalah cara yang kamu ketahui dalam mengolah, memasarkan dan menjual sebuah produk. Entah itu resep, teknik kerajinan ataupun berbagai cara kreatif untuk menciptakan sebuah hasil yang tentu saja menguntungkan bagi kamu.

Semua hal harus dilakukan secara terorganisir dan rapi. Mau itu urusan keuangan ataupun masalah administratif. Dengan metode yang tepat bisa memudahkan kamu dalam menjalankan usaha.

Market

Market adalah pasar sasaran dari produk yang dihasilkan oleh suatu usaha. Pengetahuan tentang pasar sasaran menjadi salah satu kunci penting untuk keberhasilkan suatu usaha.

Wirausaha dikembangkan berdasarkan pada kebutuhan dan keinginan pasar, sehingga peluang produk diserap pasar akan lebih besar. Riset tentang pasar bertujuan pula untuk mengenali pesaing yang ada di pasar tersebut.

Posisi suatu usaha terhadap pesaingnya harus diketahui oleh para wirausahawan agar dapat memenangkan persaingan di pasar. Persaingan yang terjadi dapat mempengaruhi rancangan produk yang akan dibuat serta keputusan penetapan harga jual sebuah produk.

Contohnya jika dipasaran harga tahu itu 2000 rupiah, jika produk kamu sama mau tidak mau kamu harus menjual di harga yang sama. Maka dari itu perlu sebuah riset yang membuat produk kamu unggul dari produk lain di pasaran agar bisa dijual lebih mahal.

3 Langkah Wirausaha

Penataan sumber daya manusia termasuk dalam tahapan awal, yaitu persiapan organisasi. Kegiatan wirausaha dapat dibagi menjadi tiga tahapan wirausaha yaitu :

Tahap Persiapan organisasi dan Perencanaan produksi.

Tahapan pertama adalah persiapan organisasi dan perencanaan produksi. Tahapan pertama ini disebut juga tahapan Research and Development atau dikenal dengan R & D.

Pada kegiatan wirausaha dan proses produksi, akan dilakukan pembagian peran dan tanggung jawab. Kompetensi, kerja sama, dan tanggung jawab dari masing-masing anggota organisasi menjadi kunci dari keberhasilan kegiatan wirausaha.

Kegiatan ini terdiri atas pembentukan organisasi dan penetapan tugas dan tanggung jawab, dilanjutkan dengan perencanaan produksi.

Perencanaan produksi harus diawali dengan riset pasar, pengembangan desain, dan penetapan produk yang akan dijual. Perencanan produksi meliputi perolehan bahan baku, persiapan bahan dan alat, serta penghitungan biaya produksi.

Tahap Pertama Wirausaha berupa :

  • Pembentukan Organisasi dan Pembagian Tugas
  • Menetapkan target dan Strategi
  • Membuat Jadwal Kegiatan
  • Menetapkan biaya Produksi dan harga jual sebuah produk.

Tahap Produksi dan penjualan.

Tahap kedua adalah produksi hingga penjualan. Tahapan ini disebut juga dengan Production and Distribution.

Seorang wirausahawan dapat melakukan berbagai produksi mulai dari kerajinan, makanan dan peternakan untuk kebutuhan pasar dengan target produksi sesuai perencanaan, pertimbangan kapasitas produksi, dan target penjualan.

Pada tahap ini dilakukan pula distribusi produk dan pemasaran yang sesuai dengan rencana yang kita buat didalam tahap perencanaan. Kita juga harus melakukan quality control atau QC hingga kita dapat menjual produk yang terbaik.

Pengemasan yang baik juga dapat mempengaruhi bagaimana konsumen melihat produk kita dipasaran hingga dapat menambah daya tarik.

Terakhir membuat promosi sesuai target pasar, penjualan dan distribusi.

Tahap Kedua Wirausaha Berupa :

  • Proses Produksi
  • Melaksanakan quality Control (QC)
  • Proses pengemasan
  • Proses promosi, penjualan dan Distribusi

Tahap Evaluasi

Tahapan ketiga adalah evaluasi dari seluruh kegiatan wirausaha yang telah dilakukan. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui kekurangan dan melakukan perencanaan perbaikan, agar wirausaha dapat berkembang menjadi lebih baik. Proses evaluasi dapat menggunakan metode analisis SWOT.

Analisis SWOT adalah

Analisis SWOT adalah Proses analisis yang yaitu dengan cara menguraikan kekuatan (Strenght), kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman dari luar (Treats) dari produk kerajinan yang telah dibuat, proses produksi, proses pemasaran dan distribusi, serta pasar sasaran.

Tahap Ketiga Wirausaha Berupa :

  • Evaluasi Penjualan dan Keuangan
  • Penyusunan laporan evaluasi

Baca juga : Pasar adalah.

Dan itulah pembahasan materi 6 Sumberdaya Wirausaha dan 3 Langkah Wirausaha kawan semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com