7 Bunga Paling Beracun di Dunia

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 7 bunga paling beracun di dunia. Meski kita mengenal jika bunga adalah sesuatu hal yang indah dari sebuah tanaman, tapi tak selamanya bunga yang indah baik untuk kita, kadang kita akan menemukan bunga yang berbahaya bagi kesehatan kita.

Bunga adalah sebuah sistem reproduksi yang ditemukan pada tanaman angiospermae. Biasanya bunga berfungsi untuk memfasilitasi reproduksi, memfasilitasi proses penyilangan yang dihasilkan dari penyerbukan silang ataupun penyerbukan sendiri.

Nah, dari berbagai macam bunga yang ada di dunia ini, ternyata terdapat beberapa bunga paling beracun di dunia yang cukup membahayakan bagi kesehatan tubuh kita dan kami telah merangkumnya untuk kamu.

7 Bunga Paling Beracun di Dunia.

Lily of the valley

Lily of the valley
sumber : eskipaper.com

Lily of the valley (Convallaria majalis) adalah sebuah bunga beraroma manis yang hidup di kawasan Utara beriklim sejuk di wilayah Asia dan Eropa. Bunga ini seperti namanya banyak hidup di bukit – bukit yang curam.

Meski beraroma manis, dan juga nampak sangat manis tapi kenyataannya bunga ini tidak terlalu manis. Mengkonsumsi senyawa beracunnya – yang disebut cardiac glycosides dapat membawa kamu langsung ke rumah sakit dengan gejala pusing, mual, diare dan ruam jika tidak diobati bisa mengakibatkan kematian.

Meski beracun Bunga ini juga dapat dipergunakan sebagai bahan untuk medis seperti dilansir oleh sciencedirect.com, Bunga yang mirip lonceng ini menjadi populer karena muncul dalam serial televisi Breaking Bad.

Water Hemlock

water hemlock
Sumber : wildernessawareness.org

Water Hemlock (Cicuta maculata) dianggap sebagai salah satu bunga paling beracun di Zona Beriklim Utara menurut dinas kehutanan Amerika Serikat (fs.fed.us) Bunga beracun berwarna putih kecil ini sering muncul di kebun sebagai sering dikira rumput liar hingga jarang diketahui oleh orang awam.

Toksin atau racun dari Water hemlock ini memiliki bau seperti wortel dan dapat menyerang sistem saraf hingga dapat menyebabkan kerusakan serius pada hewan dan manusia yang tidak sengaja menelannya.

Baca juga : Serangga Paling Berbahaya di Dunia.

Dracunculus Vulgaris (Stink Lily)

dranculus
sumber : garden.org

Dracunculus Vulgaris adalah bunga endemik yang bisa kamu temukan di daerah Balkan dan beberapa tempat di Yunani sampai Anatolia di Turki. Bunga ini dikenal juga dengan sebutan Stink Lily, Voodoo Lily ataupun Snake Lily.

Seperti namanya, Bunga Beracun Stink Lily ini memiliki aroma seperti bangkai busuk. (Ini diperlukan untuk menjadi perangkap lalat) karena lalat yang akan melakukan penyerbukan.

Seluruh bagian dari Bunga ini sangat beracun, bahkan hanya menyentuhnya saja dapat menyebabkan iritasi yang cukup serius, apalagi jika kita tidak sengaja menelannya.

Angel’s Trumpet (Bunga Kecubung)

images 17 min
Sumber : bhg.com

Angel’s Trumpet (Brugmansia spp.) atau kita menyebutnya sebagai bunga kecubung. mungkin terdengar seperti nama yang indah untuk bunga beracun tapi bunga yang terlihat indah ini memiliki toksin atau racun yang tak main – main.

Karena setiap bagian dari bunga Angel’s Trumpet atau bunga kecubung sangat beracun, mulai dari daun, bunga, biji dan akar. Semua mengandung alkaloid beracun seperti skopolamin, atropin dan hyoscyamine, yang banyak disintesis menjadi senyawa obat modern.

Gejala yang terjadi jika kita tak sengaja memakan bunga ini adalah kelemahan otot, pupil melebar dan mulut kering, serta denyut nadi cepat, demam dan efek halusinasi.

Tapi tentu saja, meski tanaman kecubung ini beracun tanaman ini juga banyak dibudidayakan untuk menjadi tanaman obat. Tapi jangan sampai di salah gunakan untuk mabuk – mabukan karena memiliki efek halusinasi yang kuat dan jadi mabuk kecubung. Kamu gak mau kan tiba – tiba berada di atas genting karena tak sengaja memakan bunga dan tanaman ini.

Rhododendron

Bunga paling beracun di dunia
Sumber : findmylostdog.uk

Rhododendron atau di Indonesia disebut sebagai bunga Kadudampit merupakan tanaman berbunga yang tumbuh di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Meski terlihat indah, bunga ini ternyata sangat beracun dan nama racunnya adalah grayanotoxins yang berguna untuk melindungi bunga dari ancaman hewan. jika kamu tanpa sengaja menelan bunga, batang, atau daun dapat menyebabkan sakit perut, kesulitan bernapas, kelumpuhan, koma, dan bahkan kematian.

Baca juga : cara merawat bunga anggrek di rumah.

Larkspur

images 22 min
Sumber : insteading.com

Larkspur (Delphinium spp) Bunga yang berasal dari bumi belahan utara seperti Eropa Barat ini menyebar ke wilayah Mediterania Timur sampai ke Asia Tengah dan bahkan di pegunungan tinggi di Afrika.

Sebenarnya Bunga Lakspur ini adalah jenis tanaman hias yang sering kita temukan di berbagai toko tanaman hias. Meski indah dan bagus tanaman ini juga cukup berbahaya jika tidak sengaja tertelan oleh hewan peliharaan kita.

Karena menurut departemen agrikultur Amerika serikat (ars.usda.gov) seluruh bagian dari daun, bunga dan batang dari tanaman Lakspur memiliki toksin yang berbahaya untuk hewan.

Meski tidak terlalu berbahaya untuk manusia, Lakspur ini dapat menyebabkan alergi dan gatal pada kulit yang memiliki alergi.

Deadly Nightshade (Belladonna)

images 23 min
sumber : equisearch.com

Deadly Nightshade atau memiliki nama latin Atropa belladonna ini adalah salah satu bunga paling berbahaya dan beracun bagi manusia. Meski memiliki penampilan indah yang menipu dengan bunga berwarna ungu dan memiliki buah berry, tapi bunga ini memiliki senjata andalan.

Senjata andalan mereka adalah buah berry yang terlihat hitam bulat dan sangat terlihat enak untuk dimakan. Tapi jangan salah jika anak kecil berumur dibawah 15 tahun memakan dua hingga empat buah beri anak itu tidak akan tertolong.

Dan hanya butuh sepuluh hingga dua puluh buah berry untuk dapat membunuh orang dewasa. Tak hanya itu, memakan daunnya saja dapat menyebabkan kita mengalami halusinasi.

Deadly Nightshade ini memiliki racun yang bernama atropin. Nama atropin sendiri berasal dari mitologi Yunani yaitu Atropa, dimana mahluk Mitologi Yunani tersebut bertugas untuk memotong benang kehidupan.

Baca juga : Parasit Paling Berbahaya di Dunia.

Dan itulah kawan Pembahasan materi kita tentang 7 bunga paling beracun di dunia, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya. Jangan lupa untuk share di media sosial pada teman-teman kalian informasi menarik ini.

Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com