7 Cara Cepat Mengingat Nama Orang yang Kita Temui

Halo sobat kali ini kita akan membahas tentang 7 Cara cepat mengingat nama orang yang baru kita temui dan agar kita tidak canggung saat berkomunikasi, hingga mungkin dengan cara – cara ini kamu jadi lebih populer dari sebelumnya.

Karena First impression adalah kunci dan ketika kamu dapat mengingat nama orang dengan cepat mungkin kamu dapat meninggalkan kesan mendalam pada orang lain dan juga mengurangi rasa bersalah ketika kamu tiba-tiba bertemu lagi di suatu acara ataupun di jalan.

Dengan cara dibawah ini, dijamin deh kamu tak perlu lagi malu ataupun merasa bersalah saat lupa nama orang lagi.

7 Cara Cepat Mengingat Nama Orang yang baru kita temui

Percaya Diri dalam Mengingat Sesuatu

Sumber : freepik.com

Mungkin tips paling basic dalam cara cepat mengingat nama orang lain yang baru kita temui. Karena jika kita sendiri tidak mempercayai kemampuan otak kita dalam mengingat sesuatu, secara tidak sadar mempengaruhi daya ingat kita.

Karena jika kita merasa tidak memiliki kemampuan mengingat orang lain, itu secara tidak sadar juga memberitahukan pada otak bahwa orang yang kita temui itu bukanlah hal yang penting untuk diingat.

Dan otak cenderung melupakan sesuatu yang dianggap sebagai hal yang tidak penting. Jadi untuk dapat mengingat sesuatu dengan mudah (termasuk nama) kamu hanya memaksa otak kamu merasa jika nama orang tersebut itu adalah hal yang penting, Mudah bukan?

Baca juga : Menjaga rasa Percaya diri

Fokus pada Orang yang Kamu ajak bicara.

Menurut Dr. Gary Small, ahli syaraf dari UCLA dilansir dari cnbc.com, jika kita ingin mengingat seseorang dengan baik, kita harus fokus terhadap pembicaraan orang itu dan Luangkan waktu kamu untuk memperhatikan.

Karena jika kamu tidak memperhatikan informasi yang sudah ada di kepalamu terbuang dalam bagian belakang lemari ingatan yang tentu saja sangat sulit untuk dicari.

Jadi kemungkinan kamu sulit mengingat nama orang adalah karena kamu tidak memperhatikan secara seksama saat orang itu menyebutkan namanya. Jadi tetap fokus dan jadi pendengar yang baik.

Ulang Nama yang Kamu Dengar

Tips selanjutnya dalam cara cepat mengingat nama orang adalah dengan cara mengulang nama lawan bicara kamu. Contohnya adalah kita kamu mendapatkan nama seseorang, jangan hanya mengangguk dan melanjutkan percakapan.

Cobalah untuk mengulang nama dalam percakapan kamu. Misalnya, orang itu menyebutkan namanya sebagai, Rio, Maka kamu harus mengajukan pertanyaan dengan nama Rio itu di akhir, “Sudah berapa lama kamu bekerja, Rio?”

Gunakan sesekali di percakapan kamu, meski jangan terlalu banyak agar pembicaraan kamu tidak membosankan. Ketika akan berpisah jangan lupa untuk menyebut namanya lagi sambil merekam wajahnya di memori kamu.

Berikan Tanda dengan Nama

Maksudnya, kamu mesti mengaitkan nama orang tersebut dengan sesuatu yang mengingatkan pasa orang tersebut. Sebut saja, kamu memiliki 3 teman bernama Aura. Tentu akan sulit untuk mengingat jika hanya dengan nama saja.

Jadi Kamu hanya perlu mengaitkan nama Aura dengan sesuatu yang menjadi ciri khas orang tersebut. Seperti Aura, Anak Band karena dia sering ikut Drum Band, Aura Gold karena dia jualan emas dan Aura Skema Ponzi karena dia penipu yang pakai Skema Ponzi.

Dengan memberikan Tanda dan Koneksi pada Seseorang kamu akan lebih mudah mengingat seseorang itu.

Baca juga : Skema Ponzi adalah

Tulis Ulang Nama

Jika Menurut kamu masih sangat sulit untuk mengingat nama saja. Jangan lupa untuk menulis kembali nama orang yang kamu baru temui itu di tambah dengan ciri – ciri orang tersebut.

Dengan menuliskan di dalam buku, atau handphone kamu. Kamu dapat dengan mudah membaca kembali dan juga akan membantu proses mengingat dalam memori kamu.

Jangan Takut Untuk Kembali Bertanya

Kadang ketika kita bertemu seseorang mungkin sangat canggung untuk bertanya lagi nama seseorang, apalagi jika kita sudah mengobrol dengan asyik dan cukup lama.

Tapi tidak ada salahnya loh, untuk bertanya lagi nama orang tersebut sebelum kamu mengakhiri pembicaraan dan jangan malu untuk kembali bertanya. Kamu dapat memulainya dengan sanjungan biar tidak malu misalnya. ” Kamu orangnya asyik loh, tapi maaf saya lupa nama kamu tadi ?”

Baca juga : Cara berbicara di depan umum.

Dan itulah kawan cara cepat mengingat nama orang. Sampai jumpa di Pembahasan materi menarik lainnya hanya di ilmusaku.com

About Andika Pratama

Founder dari ilmusaku.com

Exit mobile version